Lecturer Gathering: BINUS - jurnal|lembu

#Gilafilm #Gilainvestasi

Search This Blog

Post Top Ad

Lecturer Gathering: BINUS

LECTURER GATHERING
KAMPUS BINUS ANGGREK
30 Agustus 2013


Arahan Rektor Baru 2013-2018
Prof. Dr.Ir.Harjanto Prabowo, MM
  1. Kampus Binus menerima 106 Dosen Baru.
  2. Target BINUS kedepan: 2 dari 3 lulusan BINUS harus bisa menjadi entrepreneur atau berkarya di Global Company. Tahun 2013 ke depan Binus sekarang berfokus pada "Acceleration to Achievement". Berjuang membuat percepatan pada pencapaian visi dan misi to World Class University 2020. Salah satunya lagi gencar dilakukan Global Class, pertukaran mahasiswa untuk saling belajar kebudayaan dan pendidikan masing-masing tempat. Sebab hal ini menjadi tuntutan dimasa depan dalam menghadapi ASEAN untuk pasar tunggal bersama dalam liberalisasi perdagangan serta tenaga kerja terdidik. Semua harus dipersiapkan dengan baik.
  3. Rektor menekankan para pendidik melihat "pendidikan untuk kehidupan yang lebih baik" dan bukan sekadar mengajar. Para pendidik bukan pekerja di pabrik, ungkap Rektor. Setiap dosen diharapkan belajar untuk memberikan kedewasaan cara berfikir, memberi nilai, mengevaluasi kepada para mahasiswa. Tidak sekadar menghukum, tidak boleh masuk kelas, dan lain-lain. Para pendidik harus memberikan pengertian serta alasannya. Contoh yang disampaikan:"Biarlah anak saya tidak perlu belajar matematika tapi mengerti antri pada saat naik lift." Latih para mahasiswa untuk melatih cara berfikir mereka serta mengambil keputusan. Ciptakan kualitas leadership. Bahkan rektor membuat ultimatum bahwa jika ada anak hasil keluaran BINUS ketahuan korupsi maka harus dicabut ijazahnya.
  4. Rektor meminta agar para dosen bisa tertib disiplin, tepat waktu karena para pendidik adalah contoh bagi para mahasiswanya. Kedua, penyerahan nilai diharapkan tepat waktu. Para dosen adalah contoh.Maka cara berfikir kita, sikap kita, akan ditiru.
  5. Para wakil rektor juga menyampaikan agar para pendidik melatih para mahasiswa untuk memberanikan diri presentasi maupun bekerjasama didalam kelompok (softskill). Kedua, para mahasiswa hendaknya jangan dilecehkan, mohon dihargai secara pribadi. Ketiga, para dosen yang memiliki pengalaman diluar negri hendaknya membagikan pengalaman tersebut kepada mahasiswa secara proaktif untuk mengubah pola pikir secara global.
  6. Syarat Kelulusan Utama Para mahasiswa akan diukur melalui:
    1. Para mahasiswa tidak hanya punya nilai akademis saja, melainkan memiliki student activity transcript melalui kegiatan terjuan dilapangan.
    2. Lulus mata kuliah.
    3. Kegiatan kepedulian sosial.

sumber artikel dibawah ini: Kompas.com 
JAKARTA, KOMPAS.com - Prof Harjanto Prabowo kembali dipercaya menjadi Rektor Universitas Bina Nusantara (Binus University) untuk peride jabatan 2013-2018. Harjanto menetapkan visi kepemimpinannya dengan percepatan menuju target dan tujuan yang berfokus pada daya saing lulusan, kuantitas dan kualitas tenaga pengajar Binus University. 

Pada sambutan pelantikannya, Kamis (29/8/2013), Harjanto mengungkapkan bahwa melanjutkan kembali tongkat estafet kepemimpinan Binus University di tangannya akan menjadi motivasi dan semangat untuk lebih percaya diri melakukan percepatan untuk mencapai visi Binus 20/20. Segala yang telah dikerjakan dan dicapai para pemimpin Binus University selama lebih 30 tahun akan menjadi modal penting untuk tujuan tersebut. 

"Sebagai pijakan kuat untuk membawa komunitas Binus (Binusian), baik mahasiswa, tenaga pengajar, serta staf untuk melanjutkan visi Binus 20/20. Saya percaya, semua keberhasilan Binus sampai saat ini karena kerjasama semua pihak," ujar Harjanto kepada Kompas.com. 

"Hal lain lebih penting, tentu saja, agar semua Binusian memiliki mindset, motivasi dan semangat bersama untuk bekerja lebih keras demi mencapai visi itu," tambahnya. 

Sampai saat ini, beberapa pencapaian telah diraih Binus pada kepemimpinan Prof Harjanto, di antaranya implementasi aplikasi SAP, pendirian Binus Square-Hall of Residence, pembentukan National University Network Indonesia (NUNI), pembangunan Binus University Alam Sutera 2014, dan banyak lagi. 

"Dengan capaian ini, pada saatnya nanti Binus tidak hanya akan mencapai visinya menjadi world class university, tapi betul-betul bisa memberikan kontribusi bermanfaat, baik secara nasional maupun global. Itu harapan saya," ujarnya.

Matakuliah CB: Pemberitahuan oleh Pak Anton
  1. Tgl 5 September semua para dosen harus ikut pertemuan bersama.
  2. Tgl 9 September akan diadakan pelatihan bagi para dosen yang mendapat tugas mengajar professional Development dengan mengikuti Global Learning System. Mulai sekitar jam 9.00
  3. Tgl 14 dan 16 September akan diadakan sosialisasi pembelajara pelatihan Self Development.sekitar jam 10.00
  4. Tgl 23 September perkiraan kegiatan mengajar dimulai.
  5. Rencana kedepan: akan diberikan pelatihan Seven Habit dan dimasukkan sebagai materi mengajar.


Sumber:


Terima kasih,
Petrus Hepi Witono

Post Top Ad