Interaksi AntarBudaya - jurnal|lembu

#Gilafilm #Gilainvestasi

Search My Blog?

Post Top Ad

Interaksi AntarBudaya

PEMBERITAHUAN: Mohon bantuannya untuk memeriksa Binusmaya anda dan jangan lupa untuk memberikan penilaian bagi dosen tercinta anda ini... (^^) Saya dapat informasi data-data nama siapa saja yang belum input questioner...ditunggu segera yah...



Program feature dokumenter yang tidak hanya menampilkan keindahan alam Indonesia tetapi juga keunikan kehidupan berbudayanya. Program ini menampilkan penduduk asli daerah tersebut sebagai narator sekaligus pembawa cerita. "Karena ketertutupanya, saya belum tahu apakah Suku Badui mengakui budayanya sebagai bagian dari Indonesia ataukah memisahkan diri?






Budaya Indonesia serta Interaksinya: “Tak ada kebudayaan yang selamat tanpa dipengaruhi oleh budaya yang lain” Apa bedanya Budaya (Culture) dengan kebiasaan (Habitus)? Keduanya sama-sama mengandung tindakan dan perilaku, namun yang membedakan: Habitus bisa dirubah menjadi lebih baik, Culture cenderung menetap namun beradaptasi dengan waktu. Habitus masih bisa ditolerir. Contoh:Kebiasaan rajin mengerjakan tugas, karena bosan - ingin bersantai dahulu. Culture tidak bisa ditolerir. Contoh Bali yang mencoba mempertahankan secara kuat budaya Nyepi, Suku Badui di Kanekes, Banten yang mempertahankan budaya aturan hukum Badui Dalam. Habitus adalah perilaku yang dilakukan terus-menerus tanpa mengindahkan penilaian baik atau buruknya. Culture adalah perilaku yang berubah menjadi sebuah simbol dan memiliki nilai atau filosofi tertentu. Budaya --> Bahasa Sansekerta --> Budhayah --> akal/budi. “Budaya diasumsikan sebagai akumulasi sistem nilai yang diyakini dan dihayati dalam tindakan praksis hidup manusia.” KONSEP E.B.Tylor: Kebudayaan: seluruh kompleksitas yang mencakup pengetahuan,kepercayaan, kesenian,moral, hukum, adat istiadat yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat. Clifford Geertz: Kebudayaan:pola-pola arti yang mewujud dalam simbol yang diwariskan, dikomunikasikan, dan dilestarikan. Koentjoroningrat (1990): Ada 3 Wujud kebudayaan manusia: Wujud kebudayaan sebagai hasil dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma dan peraturan. Wujud kebudayaan sebagai hasil dari tindakan berpola manusia dalam masyarakat. Wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia. Fungsi Kebudayaan: Perlindungan terhadap alam Mengatur hubungan manusia dalam keterikatan Sebagai wadah pengungkapan perasaan; contoh tari-tarian, lompat batu, tari adat. Menentukan harkat dan martabat manusia Manusia bertemu dengan manusia lainnya. Manusia berkomunikasi dengan tanda, lambang atau simbol. Untuk bisa berkomunikasi, manusia harus bertransendensi. Keahlian Manusia: manusia punya kemampuan bertransendensi untuk bergerak keluar dari dirinya kepada orang lain. Hal ini yang disebut Empati. 8 Gejala Disorientasi Nilai Budaya di Indonesia karena pengaruh budaya luar (Diktat hal 109).

Google: Insight Brand 2018

Post Top Ad