OBROLAN SANTAI: APLIKASI KEKINIAN DIMASA COVID! - jurnal|lembu

WWW.LEMBUTAMBUN.COM

Post Top Ad

PERESMIAN KEBIJAKAN BANTUAN KUOTA DATA INTERNET TAHUN 2020

OBROLAN SANTAI: APLIKASI KEKINIAN DIMASA COVID!

4 April 2020. Sebagai bentuk kepedulian bersama akibat dampak dari covid-19 ini, mari kita tidak berdiam diri. banyak yang beraktivitas dari rumah #Workfromhome dan banyak juga yang belajar dari rumah #studyfromhome. Saya merasa kasihan kepada anak-anak Indonesia SD yang akhirnya kecanduan mengakses internet maupun gadget mereka tanpa tahu aplikasi apa yang sebenarnya bisa membantu mereka? Lalu tugas apa yang akan kita buat? Caranya bagaimana?
1.Saya ajak teman-teman untuk menulis buku bersama buat masyarakat.
2.Tugas ini tetap akan saya masukkan sebagai nilai tambah serta kehadiran anda dalam pertemuan di forum binusmaya ini.
3.Apa tugasnya? Carilah aplikasi game atau aplikasi apps handphone apapun yang anda suka dan yang mendidik untuk dimainkan? (Tidak boleh website yah) tidak harus game juga. Banyak ratusan aplikasi di google playstore: Jika anda punya saudara yang lebih kecil, coba perhatikan hapenya, dia memiliki hape apa?
Lalu, silahkan download, coba mainkan, dan kasih reviewnya.

Aplikasi Kahoot!
Review: Kahoot! merupakan aplikasi pembelajaran berbasis game yang kerap digunakan di sekolah maupun lembaga pendidikan lainnya. Kahoot! berisikan kuis pilihan ganda yang telah dibuat oleh pengguna (biasanya guru atau dosen) di mana siswa atau mahasiswa harus menjawab dengan batas waktu tertentu. Hasil kuis menunjukkan ranking siswa atau mahasiswa berdasarkan level pemahaman mereka dengan materi yang sedang dipelajari. Aplikasi ini menyediakan 41 bahasa asing dengan tujuan mempermudah pengguna di seluruh dunia.
Kahoot! pertama kali didirikan pada tahun 2012 oleh Morten Versvik, Johan Brand, dan Jamie Brooker yang sedang dalam proyek bersama dengan Universitas Teknologi dan Sains Norwegia (NTNU). Mereka bertiga akhirnya bekerja sama dengan Profesor Alf Inge Wang dan pengusaha Norwegia Åsmund Furuseth. Alhasil, Kahoot! secara resmi diluncurkan untuk umum pada bulan September tahun 2013.

Kahoot! memiliki beberapa manfaat bagi pengguna, berikut adalah tiga di antaranya:
• Memperkuat keterlibatan pelajar dengan materi yang sedang dipelajari
Belajar menggunakan papan tulis dan hanya mendengarkan guru atau dosen berbicara dapat menjadi sangat membosankan. Proses pembelajaran dengan kedua cara tersebut juga bersifat kaku. Akibatnya, minat pelajar untuk menggeluti materi ataupun mengerjakan latihan soal jadi berkurang. Dengan Kahoot!, pelajar dapat mengalami proses belajar mengajar yang lebih santai dan menyenangkan.
• Alat ukur pemahaman pelajar dengan materi yang sedang dipelajari
Pengajar memiliki setidaknya belasan sampai puluhan murid dalam satu kelas. Maka dari itu, tidak mungkin pengajar tahu persis sampai mana pelajar paham dengan materi yang sedang pelajari. Kahoot! adalah solusinya. Pengajar dapat melihat langsung nama pelajar yang berakhir mendapatkan peringkat awal, pertengahan, sampai akhir pada akhir kuis. Hal tersebut juga dapat dijakan evaluasi pembelajaran antara pengajar dan pelajar tentang materi apa saja yang sudah cukup maupun belum dimengerti.
• Tantangan bagi pelajar untuk berpikir secara cepat dan tepat
Kahoot! memiliki pilihan batas waktu yang dapat diakses dan dipilih oleh pembuat kuis. Time limit tersebut dimulai dari 240 detik, 120 detik, 90 detik, 60 detik, 30 detik, 20 detik, 10 detik sampai 5 detik. Biasanya, pengajar hanya menyediakan 20 detik bagi pelajar untuk menjawab soal-soal yang ada. Oleh karena itu, pelajar mau tidak mau harus berpikir secara cepat. Tidak hanya tentang kecepatan pelajar dalam menjawab, ketepatan jawaban yang dipilih juga dibutuhkan dalam Kahoot!. Maka dari itu, pelajar butuh berhati-hati dan teliti saat memainkan video game ini.
Link Kahoot! di Play Store: https://play.google.com/store/apps/details?id=no.mobitroll.kahoot.android
Faradilla Fildzha Nadhifah
2301961222

SAHAM TELKOM


Indonesia GDP Annual Growth Rate

METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF

WORKSHOP PENGGUNAAN MENDELEY & PKM 2020

Post Top Ad