Sumber Uang dari Survei Online (Part 1) - jurnal|lembu

WWW.LEMBUTAMBUN.COM

Post Top Ad

TAHAP #1 JADI INVESTOR SAHAM

Sumber Uang dari Survei Online (Part 1)

Kemajuan teknologi digital memicu berbagai kalangan industri baik perusahaan besar maupun perusahaan rintisan (startup) berlomba-lomba mengadaptasi teknologi digital di Indonesia. Penggunaan teknologi digital merupakan langkah “jemput bola” dalam menarik lebih banyak konsumen dari pengguna internet. Hal ini dikarenakan adanya fenomena penggunaan telepon selular pintar yang semakin intensif bagi sebagian kalangan masyarakat. Sebagai contoh Perusahaan Jasa Survei ternama Nielsen.com. Selain melakukan korespondensi langsung, mereka juga memanfaatkan teknologi digital untuk mendapatkan data informasi kuantitatif dari para responden secara lebih efisien baik melalui smartphone, tablet maupun komputer. Sampel responden diambil dari para pengguna internet yang bersedia berpartisipasi dalam survei online.    

Tidak banyak orang tahu bahwa ada perusahaan jasa survei lainnya baik berskala internasional maupun rintisan lokal (startup) yang melakukan korespondensi “jemput bola” serupa dengan survei online berbayar di Indonesia. Tahap pertama, para responden yang berniat ikut serta harus mendaftarkan diri dengan identitas asli di website perusahaan. Tahap kedua, para responden akan diberi kabar melalui email jika memenuhi kriteria perusahaan. Tahap ketiga, mereka diminta untuk menyampaikan pendapat mereka dan diberikan sejumlah poin. Pada jumlah poin tertentu, para responden berhak untuk menukarkannya menjadi voucher belanja maupun uang tunai dollar melalui Paypal.

Perusahaan survei online ini seharusnya mendapatkan publikasi di Indonesia. Publikasi tentang kehadiran perusahaan survei online ini memiliki dua dampak bagi kalangan masyarakat pengguna internet;
Pertama, sebuah langkah positif bagi para pengguna internet di Indonesia utntuk membantu mengurangi gaya hidup konsumerisme dan meningkatkan gaya hidup produktif dalam menuai pundi-pundi rejeki di dunia maya. Kedua, sebagai langkah positif dalam mendukung pemerintah untuk berinternet secara sehat dan efisien, sehingga internet sungguh digunakan secara semestinya, khususnya oleh generasi muda.




PENELITIAN TERHADAP SURVEI ONLINE BERBAYAR
Banyak informasi mengenai perusahaan survei online berbayar yang dapat kita temukan di dunia maya. Namun, tidak semua dapat diakses oleh para pengguna internet di Indonesia. Dalam kurun satu bulan, saya meneliti berbagai survei online berbayar di dunia maya. Salah satu data penelitian saya berasal dari www.surveypolice.com. Website ini cukup komprehensif dalam memberikan informasi kepada para pengguna internet tentang survei online berbayar sesuai dengan negara masing-masing. Saya mendapati 73 perusahaan jasa survei online berbayar. Namun, saya berkesimpulan bahwa terdapat 10 survei online berbayar yang cocok bagi para pengguna internet Indonesia. Saya menyusunnya berdasarkan intensitas perusahaan memberikan survei online berbayar kepada para partisipan.

ID.AIPSURVEYS.COM. Perusahaan ini bernama AIP Corporation dan berpusat di Tokyo, Jepang. Didirikan pada tanggal 18 Juni 1997. Setiap servei online yang diberikan memiliki variasi poin sekitar 5 hingga 250. Para partisipan dapat menukarkan poin tersebut jika sudah mencapai angka minimum 1000 poin untuk ditukarkan menjadi voucher belanja di Carrefour ataupun voucher makan di Pizza Hut. Perusahaan ini mensyaratkan para partisipan untuk selalu melakukan pembaruan data. 

ID.VIEWFRUIT.COM. Daftar Disini!!! Survei online berbayar ini dioperasikan oleh Perusahaan Paneland Market Research & Consulting di China. Paneland mengumpulkan data online dari berbagai negara asia seperti  China, Taiwan, Indonesia, Thailand, Philippines, Vietnam, India, Japan, South Korea, Hong Kong, Singapore, Malaysia. Poin yang harus dicapai para partisipan minimum 1500 poin dan hanya dapat ditukar dengan uang dollar senilai $3. Uang yang terkumpul tentu tidak bisa langsung di transfer ke rekening para partisipan. Mereka harus memiliki akun paypal di dunia maya untuk mencairkan uang mereka. 


ID.TOLUNA.COM. Survei online ini berasal dari Amerika bernama Toluna Group yang baru saja merayakan ulang tahunnya ke 15. Toluna memiliki jaringan yang luad di Eropa. Toluna tidak sekedar mengajarkan para partisipan untuk mengisi survei online saja, melainkan mempertemukan para partisipan untuk berkomunikasi. Mereka dapat saling memberikan jajak pendapat,memberikan masukan serta komentar sesuai negara masing-masing. Toluna memberikan imbalan berupa program undian, gifties, Voucher belanja minimum 25000 poin atau uang tunai minimum 10.000 poin melalui paypal. Pengiriman voucher sendiri biasanya sekitar 14 hari kerja ketempat tujuan anda. 

ID.ANN-KATE.COM.(Sudah tutup thn 2015)!!! Sudah diganti dengan SurveyOn.com Survey online ini berasal dari Tokyo, Jepang dengan nama Marketing Applications, Inc. Setiap survei bernilai 1-100 poin dan para partisipan dapat menukarkan minimal 150 poin, sedangkan penukaran poin menjadi dollar (melalui paypal) harus mencapai 200 poin. Keuntungannya: nilai poin dapat juga ditukarkan untuk pembelian pulsa lokal.

GLOBALTESTMARKET.COM. Survei online ini didirikan pada bulan Agustus 1999 dan disponsori GMI (Global Market Insite, Inc.). Perusahaan jasa ini ingin membantu menemukan solusi secara global bagi berbagai perusahaan yang melaksanakan atau melakukan riset konsumen lewat Internet. Para partisipan harus memiliki minimal 1000 MarketPoint yang dapat dicairkan sebesar USD 50 melalui paypal. Sudah tidak ada referensi untuk mengajak teman lagi!

ID.IPANELONLINE.COM. Survei online ini disponsori oleh ipanel Online Market Research di China sejak tahun 2004. Untuk di Indonesia sendiri jumlah anggotanya telah mencapai 200.000 lebih. Semua poin ditukarkan dalam bentuk uang rupiah dengan minimal penukaran 50.000 poin.  

THEPANELSTATION.COM. Survei online ini disponsori oleh Perusahaan Borderless Access Panels Pvt.Ltd di India. Survei online ini banyak memiliki para partisipan asal Indonesia. Untuk melakukan penukaran poin, para partisipan harus memiliki minimal 3000 poin untuk dapat dibelanjakan hanya di Rakuten.co.id.

NUSARESEARCH.COM. Daftar disini! Nusaresearch sudah memperbaharui wajahnya. Survei online ini disponsori oleh Perusahaan W&S Holdings Market Research di Okayama, Jepang. Perusahaan ini berfokus menghimpun para partisipan di daerah Asia Tenggara. Perusahaan ini memiliki kantor di Thailand, Jakarta dan Vietnam. Poin yang dapat ditukarkan minimal 400 poin dan hadiah dapat berupa pulsa, e-wallet, maupun voucher belanja. 

AP.YOUGOV.COM. Daftar Disini! Perusahaan penelitian pasar ini didirikan di Inggris pada Mei tahun 2000. Menurut wikipedia, perusahaan ini beroperasi di Eropa, Amerika Utara, Timur tengah dan Asia Pasifik. Mulai April 2005, YouGov menjadi perusahaan publik yang terdaftar di London Stock Exchange. Para partisipan dapat menukarkan poin minimum 5000 poin seharga $25 Singapore Dollar.   

KATAANDA.COM. Perusahaan survei online ini dimiliki oleh Konsultan MarkPlus.Inc di Jakarta. Masih aktif hingga sekarang. Kita tidak hanya diberikan pertanyaan survei online saja, melainkan kita diberikan kesempatan untuk merekomendasikan pertanyaan-pertanyaan baru. Kamu bisa mengundang teman-teman lainnya untuk ikut serta dan anda akan mendapatkan 50 poin. Ajak teman harus dengan email khusus.

Ok, sampai pada kesimpulan akhir nih. Berikut adalah daftar perusahaan survei online yang dapat kamu ikuti. Tapi saya rekomendasikan beberapa yang sangat menguntungkan untuk kamu!

#dukung_internet_sehat

Petrus Hepi Witono, Blogger.

Indonesia GDP Annual Growth Rate

METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF

WORKSHOP PENGGUNAAN MENDELEY & PKM 2020

Post Top Ad