Trik Mahasiswa S2 (teladan) yang lagi ngerjain tesis

1. Anda kudu tahu kapan masa pengerjaan tesis dimulai dan berakhir. Kalo gak tahu ini berarti fatal banget!!! Tentukan tema dan jangan yang susah-susah dan kalau bisa dekat dengan responden yang bakal kita wawancarai.
2. Setiap sabtu kudu rajin ke kampus. kadang mentang-mentang udah gak ada kuliah lagi, males ke kampus.ini yang nyebabkan tesis gak kelar.
3. Rajin share sama yang buat tesis keuangan. Bagi-bagi info.
4. Rajin konsultasi dengan dosen biar makin terampil soalnya beberapa teman ada yang ngak pernah konsultasi dan tidak dikenal dosen, tiba-tiba nongol membabi buta dosen agar diloloskan. fiuh! dont try this at home...kita kudu minta nomornya dosen, emailnya dosen, facebooknya dosen bahkan sampai twitternya dosen agar makin mudah dihubungi...
5. Saat ngolah data usahakan jangan pake bayar orang untuk ngolah. mending usaha sndiri biar kitanya pinter, soalnya ada beberapa teman keuangan pake bantuan orang lain malah hancur dan gak yakin atas hasilnya.
6. Perhatikan dan amati apa yang dimau dosen kita. ada yang kadang banyak maunya.
sukses untukmu. dan selamat bekerja yah. jangan sungkan untuk tanya-tanya hal teknis lainnya.
7. Rajin browsing-browsing Jurnal agar mudah dapat inspirasi. kalo inspirasi gak muncul, jangan sungkan berdoa sama Tuhan.
8. Bagi anda yang punya keluarga, jangan lupa untuk membagi cinta anda secara merata : pekerjaan, kuliah dan anak-istri.
9. Setiap dosen memiliki tuntutan yang berbeda-beda, jadi ikuti saja maunya dosen. it's much better.
10. Jangan lupa selalu membawa lampiran kertas kuning untuk tanda tangan dosen, sebagai tanda bahwa memang ketemu ama dosennya. mohon selalu diinget sudah berapa kali kita ketemu dosen. Banyak dosen yang tak inget kita udah ketemu berapa kali.
11. Kalo ketemu dosen kudu rapi, penting nieh! artinya kita menghargai dosen.
12. Kalo ngerjain tesis di perpustakaan kampus biasanya pasti ngantuk...nah! penting nieh untuk bawa cemilan kecil dan air minum. Suasana dinginnya perpustakaan seringkali bikin laper mulu. jangan ragu untuk "Bawa payung sebelum hujan!"
13. Siapin printer sendiri dirumah atau manfaatin fotokopian dikantor pastinya! karena akan banyak revisi sana-sini...gue aja revisi bisa sampe 6 kali.
14. Seorang mahasiswa S2 teladan biasanya memiliki perlengkapan sebagai berikut didalam tasnya: kartu perpustakaan, bulpen, air minum, snack, laptop, charger laptop, hape, charger BB, bulpen, fotocopian jurnal, dan contoh-contoh tesis.
15. Seorang Mahasiswa S2 teladan kudu bisa ngatur waktu. pokoknya diatur deh!
16. Kalo kita sambil bekerja dikantor, kadang kita harus ambil cuti dalam keadaan mendesak.
17. Ketika pinjem tesis kakak kelas dan pengen contoh (tapi tidak plagiat yah!), sebaiknya difoto saja untuk menghemat waktu. Ketika sudah dirumah tinggal lihat foto itu deh! Diperpustakaan kita bisa pakai untuk nyari jurnal sebanyak-banyaknya yang diperlukan. Nah kan! kita jadi ngak banyak buang-buang waktu.
18. Jangan terlalu kelamaan di kampus, karena efek ngantuk bisa terjadi saat perjalanan pulang kerumah (artinya jangan pulang kemalaman dari kampus, kecuali ngekost disekitar kampus)...gue sendiri kadang tertidur di motor, masuk gang, nyaris nabrak mobil, nabrak orang sudah pernah!, diketawain orang juga sudah! Dont try this at home yah...beruntunglah anda yang memiliki sopir.
19. Kalau ada tugas keluar kota...jangan bawa tuh tesis! gak bakal konsen dah...bawaannya yang ada malah tidur...
20. Seorang mahasiswa S2 teladan yang ekstrim biasanya ngelakuin gini: demi tesis, dia resign dari tempat kerjanya dan fokus saja setiap hari dirumah dengan tesis. kadang cuek dengan kerjaan dirumah.
Peringatan: Trik-trik diatas yang dilakukan secara berlebihan (baca: alay lebay) dapat menyebabkan kecapean dan kelupaan, anemia untuk sementara waktu. Woles
Salam cinta seluas angkasa,
Petrus Hepi Witono
E-mail \\ hepi@periplus.co.id
Phone \\ 081905082435
Blog \\ www.lembutambun.blogspot.com
Our Bookshop www.PERIPLUS.com

Post a Comment

0 Comments