SPIRITUALITAS KESEIMBANGAN ALAM (Session 5) - jurnal|lembu

Post Top Ad

KISAH TEMAN TENTANG SAHAM TELKOM!

SPIRITUALITAS KESEIMBANGAN ALAM (Session 5)



Silabus Singkat Pertemuan V
Kata Kunci: Lumpur Lapindo,bumi, keseimbangan Alam, Power of Giving, Power of Receiving, Api, Tanah, Air, Bumi, Global Warming.

Sejak jaman purba, alam menyediakan "kehidupan" bagi manusia untuk makan, minum, beradaptasi, bertahan hidup, dan berevolusi. Sadar atau tidak sadar, manusia menjalani semua pengalaman ini. Dengan demikian, manusia tidak bisa mengatakan bahwa dirinya berkuasa atas alam. Kebebasan manusia untuk menguasai dibatasi oleh kebebasan alam untuk memberikan kehidupan bagi manusia. Pada jaman sekarang, manusia pun tetap membutuhkan keterlibatan alam: Emas, Perak, Besi, Kayu, Air Terjun, Angin, Udara. Semua unsur-unsur alam terpakai. Saat ini kondisi alam di indonesia menjadi sorotan penting, seperti: penambangan emas di Freeport, ledakan dan gempa dari gunung Merapi, masalah Asap di Riau. Apa yang bisa kita lakukan?
***
Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 seorang pengajar lingkungan hidup. Tanggal ini bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan Bumi utara) dan musim gugur di belahan Bumi selatan. PBB sendiri merayakan hari Bumi pada 20 Maret sebuah tradisi yang dicanangkan aktivis perdamaian John McConnell pada tahun 1969, adalah hari dimana matahari tepat di atas khatulistiwa yang sering disebut Ekuinoks Maret. Kini hari bumi diperingati di lebih dari 175 negara dan dikoordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network).  (Sumber: Wikipedia)
***
Hari Lingkungan Hidup Sedunia ditetapkan dalam sidang umum PBB tahun 1972 untuk menandai pembukaan Konferensi Lingkungan Hidup di Stockholm. Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 5 Juni untuk meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan untuk mengambil tindakan lingkungan yang positif. Hari Lingkungan Hidup se-Dunia merupakan instrumen penting yang digunakan PBB untuk meningkatkan kesadaran tentang lingkungan dan mendorong perhatian dan tindakan politik di tingkat dunia. Sebagai milik seluruh masyarakat, hari peringatan ini memberi kesempatan kepada semua orang untuk menjadi bagian aksi global dalam menyuarakan proteksi terhadap planet bumi, pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan serta gaya hidup yang ramah lingkungan. Hari itu adalah hari di mana Konferensi PBB tentang Lingkungan Hidup Manusia dimulai. Konferensi PBB tentang Lingkungan Hidup Manusia adalah pada tanggal 5-16 Juni 1972 yang didirikan oleh Majelis Umum PBB pada tahun 1972. (Sumber: Wikipedia).

Apa yang bisa kita Lakukan?
1.        Dalam Filosofi Spiritual Klasik Cina, keseimbangan antara Api-Air-Tanah-Udara harus seimbang, kalau tidak, bumi bisa Chaos. Menjaga keseimbangan Alam Juga berarti sama saja menjadi keseimbangan Tubuh: Yin dan Yang, Positif dan Negatif. Jadi manusia terkoneksi dengan alam.
2.        Fakta bahwa manusia terikat oleh alam. Udara, gravitasi, Asap, Bencana Alam. Jadi, manusia, tidak pernah bisa terlepas dari Alam. Kebebasan manusia berhadapan pula dengan kebebasan alam. Alam juga punya mekanisme kehidupan. Manusia perlu menjaga keseimbangan alam.
3.        Beberapa cara sederhana menghargai Alam: tidak buang sampah sembarang, buat lingkungan hidup, buat lubang kompos, peringati "Mematikan Lampu Selama 1 Jam", merubah gaya hidup, mengurangi penggunaan plastik.

Rekomendasi : Saya Ajak Anda Utk berpartisipasi Ikut EARTH HOUR Besok di link berikut:
1.        website resmi http://www.earthhour.org/join-the-hour
2.        ikut di instagram dan masukkan foto anda http://instagram.com/p/mCdS9mFewy/

Kisi-Kisi Ujian:
1.        Apa konsep dari Eco-Filosofi? Hal. 69.
2.        Apa visi Eco-spiritual? Hal. 73.
3.        Tuliskan secara singkat 5 buah-buah yang tercipta dari rasa kepedulian manusia pada lingkungan hidup? Hal. 75.
4.        Apa yang dimaksud dengan dimensi etika dan estetika dari Lingkungan Alam? hal 75.

Terima kasih,
Salam Hangat.

 

PENDIDIKAN PANCASILA

FILM | MOVIES | CONJURING

Post Top Ad