Bahan Belajar UTS Bab CB Spiritual Development - jurnal|lembu

Post Top Ad

Bahan Belajar UTS Bab CB Spiritual Development



Bah
Topic2.Religion and spiritualism (LO1)
1. Agama bukan spiritualitas, tapi Spiritualitas dapat dibangun dari Agama. Apa yang membedakan antara agama dan spiritualitas?
2. Ekstasi sebenarnya bukan obat terlarang. Dia menjadi sebutan istilah ekstase. Apa yang dimaksud dengan "ekstase"? hal. 31
3. Apa yang diajarkan oleh 3 tokoh tentang tipologi Pengalaman Puncak Keagamaan? hal, 29. tulis secara singkat.
4.Jelaskan tingkatan moral menurut Kohlberg? 3 level moralitas. hal. 25

Topic 3. Developing Personal Spirituality(LO1)
1. Apa manfaatnya jika kita memiliki spiritualitas pribadi? hal. 43
2. Apa yang dimaksud dengan "pribadi bermoral" dan "pribadi yang spiritual"? hal. 45
3. Apa makna spiritualitas pribadi dalam bahasa anda sendiri? hal 34

Topic 4. Concerning For Human Being(LO2)
1. Manusia memiliki kesadaran. kalau gitu, apa arti kesadaran?
2. Didalam kesadaran, manusia memiliki muatan konstruksi mental atau corak batin? coba sebutkan? hal. 55
3. Apa yang anda mengerti Kesadaran diri private self Consciousness dan public self-consciousness

Topic 5 Concerning fot the Environmental(LO2)
1. Apa yang dimaksud dengan eko-spiritualisme? hal 69, dibgn tengah
2. Apa yang menjadi penyebab utama krisis lingkungan alam? hal.68
3.sebutkan 4 cara secara singkat dalam mengembangkan kepedulian pada alam disekitar anda? pakai contoh real yah? hal.73

Topic 6. Forgiving to Bring Peace(LO2)
"Memaafkan seseorang memang tidak mudah. Tapi kita pada akhirnya bisa memaafkan seseorang karena cara sudut pandang kita yang berubah dalam melihat pengalaman masa lalu tersebut." hal 89, Stephen Covey
1. Apa yang dibutuhkan dalam diri kita untuk bisa memaafkan orang? hal. 89
2.Apa yang dilakukan tokoh Count Witte dan Nelson Mandela dalam kontek materi ini? hal. 91
3. Apa yang dimaksud:sikap Memaafkan berasal dari Kesadaran Otak Manusia?hal. 77
4.apa yang dimaksud: sikap memaafkan belajar dari pengalaman pribadi?(contoh Hirosima-Nagasaki, Nazi) hal. 79
5. Apa yang dimaksud: sikap memaafkan merupakan tuntutan Iman?.Cinta kasih, hal. 83

Topic 7. Being Loyal to the Truth(LO2)
"Ketika menampuk suatu kekuasan atau jabatan tertentu, seseorang akan disumpah untuk berjanji hidup benar, harus menjalankan kebenaran. orang yang cenderung setia pada kebenaran biasanya takut akan hukum, takut berbuat salah karena memang perbuatan tersebut akan berakibat buruk."
1.Dari mana manusia tahu Kebenaran? hal. 101
2.Apa arti kebenaran menurut Sains dan Agama? hal 94.
3.Kebenaran Agama didapat dari mana?
4.Kebenaran Sains didapat dari mana?
5.Semua agama mengajarkan kebenaran Universal. maksudnya apa yah? hal. 99
6. menurut anda: mengapa ada orang yang berani mati demi sebuah kebenaran? Mandela, Martin Luther King, atau seorang Ahok?
7. Apa bedanya: kebenaran subyektif, obyektif dan realitas? hal. 106











NOTULENSI PERTEMUAN 2

SOSIALISASI KUSTA KELAS 02PC1 & 02PAW
RUANG DOSEN KAMPUS ANGGREK LANTAI 2

TAKELINE (untuk poster&gantungan):
K.U.S.T.A = Kuharap Untuk Selalu Terima Aku
*takeline ini dapat digunakan sebagai tulisan yang dapat dipakai untuk poster dan gantungan yang akan dibuat.

PENGANTAR:
Pada tanggal 19 April, Sabtu lalu, saya mengundang para ketua kelompok dari kedua kelas untuk bertemu di ruang dosen lantai 2, Kampus Anggrek. Berikut yang hadir: Fredy (02PC1), Yobi Yusdita (02PC1), Kenni Sinatra (02PC1), Dicky Rendrahadi (02PAW), Dwiki Hermawan (02PAW), Yosua(02PAW),  Daniel Saldinata (02PAW), William Ryandinata(02PAW), (Stella & Viany (02PC1). Berikut yang tak dapat hadir: Nadia (02PC1), Hesty Juliani (02PAW), Anastasia Stefanni Halim (02PC1).  

Saya sengaja mempertemukan kedua kelas mahasiswa 02PC1 dan 02PAW agar mempermudah satu sama lain memberikan ide dan saran serta tanggal yang akan digunakan untuk sosialisasi penyakit kusta. Berikut hasil yang disepakati dalam rapat bersama (jika ada yang kurang dapat ditambahkan):
1.      Setiap ketua koordinator dan anggotanya memiliki tanggung jawab dalam timnya dan akan dinilai sebagai tugas praktek CB (akan diberitahukan dibagian bawah).
2.      Tim survey kelas mahasiswa 02PAW dibantu oleh Dwiki. Tujuan Sekolah yang dituju adalah SMK. Tim Survey kelas 02PC1 dibantu oleh Kenny dan Stefanni Halim. Tujuan sekolah Abdi Siswa.
3.      Setiap Mahasiswa baik kelas 02PC1 dan 02PAW dimintai keiklasannya untuk menyumbang Rp 50.000,- untuk peran serta anda dalam sosialisasi penyakit kusta ini. Peran serta anda ini akan didata oleh bendahara dari setiap kelas dan dilaporkan ke saya. Ini merupakan standar peran serta minimal para rekan mahasiswa. Dana ini akan digunakan untuk membiayai: Pembuatan poster dan gantungan khusus Peduli Kusta, bensin dan Snack. Mohon kerjasamanya. Anda sudah dapat membayarnya dari sekarang atau pada tanggal 10 Mei nanti.
4.      Kepastian jadwal kunjungan ke sekolah sedang dipersiapkan. Dwiki dan Stefanni Halim bersama timnya dari masing-masing kelas perlu memastikan sekali lagi kapan anak Kelas 1 SMA tidak libur. Menurut dugaan sementara, bulan akhir Juni 2014 para siswa kelas 1 SMA secara umum sudah libur/ujian. Perlu dikonfirmasi ulang. saya mendapatkan masukan pilihan kisaran tanggal yakni 19-24 Mei, 2-7 Juni, 9-14 Juni. Namun, dengan mempertimbangkan kepadatan acara setiap jurusan, waktu yang paling efektif berada dikisaran tgl 19-24 Mei 2014. Namun, saran dan masukan perubahan jadwal tetap diterima. Saya berharap ini bisa terlaksana dan kedua kelas tidak saling bentrok. Semuanya tergantung negosiasi dgn pihak sekolah, tapi saya sudah dapat kepastian segera sebelum tgl 30 April karena takut bertabrakan dgn jadwal saya keluar kota. Mohon kerjasamanya. Saya akan ulas dibawah nanti, apa saja yang perlu dipersiapkan tim koordinator survey.  
5.      Fredy dan Timnya DKV animasi selaku koordinator Desain akan menggarap poster dan desain gantungan bergambar. Kedua kelas akan memakai model yang sama. Namun biaya berasal dari kelas masing-masing.
6.      Rekan Mahasiswa yang memiliki mobil dan bersedia menjadi tumpangan harap melaporkan ke tim kelompok Bendahara & Transportasi untuk didata. Maka, mohon bantuan tim Transportasi mendata. Paling lambat tgl 10 Mei 2014, saat pertemuan dikelas, sudah ada kepastian.
7.      Tanggal 10 Mei 2014, saya berharap seluruh mahasiswa kelas 02PC1 dan 02PAW dapat hadir semua saat pelajaran dikelas, karena akan diadakan latihan presentasi singkat yang dipersiapkan oleh tim koordinator materi. (Tambahan: Mohon dipersiapkan. Saya akan meminta di tgl 10 mei itu secara spontan maju kedepan. Saya akan hitung sebagai nilai. Bahan boleh anda ambil dari film maupun membuat tulisan sendiri. Biaya fotocopi bisa dimintakan ke tim bendahara).
8.      Mohon bantuan semua rekan mahasiswa 02PC1 dan 02PAW mendukung rencana mulia kita ini.
9.      Setiap dari anda yang memiliki kamera boleh dibawa untuk dokumentasi. Nanti dipilihkan fotonya untuk dikirim ke koordinator dokumentasi untuk dibuat dikumpulkan ke saya.
10.  Semua kelompok sudah dibagi tugasnya masing-masing. Setiap kelompok akan dinilai oleh saya. Semuanya dapat dilihat dalam Excel. Jika ada yang kurang lengkap atau belum tercatat namanya mohon dikonfirmasikan ke saya.

  
Tugas Masing2 Koordinator yang harus diperhatikan:
(jika ada yang kurang mohon ditambahkan).

1.      Tim Survey.
a.      Bekerja sama mengurus surat perijinan. Membuat segera surat permohonan untuk ke sekolah.mohon kerjasamanya agar tidak jalan sendirian.
b.      Membuat kesepakatan dengan sekolah kapan akan hadir.
c.       Membuat jadwal acara dari awal keberangkatan hingga akhir kepulangan.
d.      Memastikan kapan tanggal para siswa Kelas 1 SMA dapat dikunjungi.
e.      Memastikan apakah acara sosialisasi akan diadakan di auditorium atau dikelas.
f.        Mengirimkan surat permohonan ke bu Intan selaku TFI untuk mendapatkan tanda tangan dan kop surat untuk diambil kemudian.
g.      Mendiskusikan dan memastikan waktu kedatangan ke sekolah dan waktu yang diberikan pihak sekolah untuk sosialisasi.
h.      Memastikan jumlah murid dan ruang kelas 1 SMA.

2.      Tim Dokumentasi.
a.      Mengumpulkan seluruh foto yang dapat mewakili seluruh acara ini, satu hari setelah acara. Foto digunakan sebagai laporan ke pada TFI dan akan dibuat buku. Serta sebagai penilaian tugas akhir.
b.      Bertugas membuat sedikit tulisan dan menata foto dalam microsoft word (diperkecil sizenya) secara beruntun dari awal hingga akhir acara. Untuk hal ini, harus dipilihkan koordinatornya.

3.      Tim Bendahara.
a.      Mengkoordinasi dan mencatat setiap para mahasiswa yang ikut menyumbang sebesar Rp 50.000,-. Mohon dicatat, bagi yang tidak menyumbang berarti tidak ikut peran serta dalam sosialisasi ini. Ini merupakan standar minimal penilaian tugas.
b.      Semua biaya pengeluaran keuangan dikoordinasi oleh ketua dan wakilnya.
c.       Mengkoordinasi pembiayaan bensin kendaraan, snack maupun pembelanjaan poster dan gantungan kunci.
d.      Memastikan tgl 10 Mei 2014, dana sosialisasi harus sudah terkumpul dari seluruh mahasiswa yang hadir. Mohon hal ini terus diumukan kepada rekan-rekan.

4.      Tim Materi.
a.      Fokus mempersiapkan materi. Materi bebas dipersiapkan dengan segala cara: bisa dengan games dulu, buat presentasi yg kreatif. Usahakan seluruh tim materi sekreatif mungkin. Tanggal 10 Mei nanti, saya akan minta tim materi untuk spontan memberikan materi didepan kelas. Rekan-rekan yang lain menyaksikan.
b.      Waktu yang biasa diberikan sekitar 1 Jam. Jika berkumpul di dalam kelas, maka satu kelas didampingi oleh 2 orang. Jika berkumpul di auditorium maka setiap tim materi hadir ditengah-tengah para siswa dan perwakilan dari tim materi maju kedepan membuat acara.
c.       Tim materi boleh mengusulkan keperluan permainan koran kepada pihak bendahara ataupun alat tulis lainnya seperti spidol. Sebaiknya, tim materi mempersiapkan pula spidol untuk jaga-jaga.

5.      Tim Desain
a.      Tim Desain bertanggung jawab penuh atas pembuatan poster dan souvenir gantungan unik. Seluruh tim harus saling bekerja sama.
b.      Tim Desain membuat desain yang menghadirkan lambang TFI dan Binus.
c.       Pada hari H nya, tim Desain bertugas menempel poster di majalah dinding sekolah dan membagikan souvenir gantungan kunci.

6.      Tim Transportasi
a.      Mengkoordinasi rekan-rekan mahasiswa yang dapat membawa kendaraan.
b.      Mengakomodasi keperluan isi bensin kendaraan.
c.       Mengkomunikasikan segala biaya keperluan dengan pihak bendahara.


Mohon dipelajari dan saya membutuhkan saran-kritik yang membangun.
Tanggal 10 Mei 2014, Tim Materi akan saya suruh maju kedepan untuk mempresentasikan secara spontan dan dinilai. Dan mohon membawa koran bekas yang banyak yah. Saya akan kasih satu games untuk pencerahan.
Saya berharap acara ini dapat terlaksana, khususnya kepastian tanggal acara sebelum 30 April 2014. Saran dan masukan mohon segera dilayangkan ke smilesad2003@gmail.com atau bbm, atau sms ke 081905082435.
Salam Cinta Seluas Angkasa.


 






PROGRAM REKRUT BATCH 2 DARI TELKOM!

PODCAST - DETIK FINANCE

Post Top Ad