Harapan Menjadi GOOGLE STUDENT AMBASSADOR yang membanggakan Binus University dan Indonesia.

Jennifer Laura, 02PAW

GOOGLE STUDENT AMBASSADOR SOUTH EAST ASIA – SUMMIT 2014. Dari ribuan mahasiswa yang mendaftar, pada tanggal 2 Mei 2014 terpilih 135 Google Student Ambassador South-East Asia 2014/2015, dan saya, Jennifer Laura dari Binus University  merupakan salah satu yang terpilih. Ada 8 negara, yaitu Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura. Thailand, Vietnam, Pakistan, dan Srilanka. Saya dan 41 GSA lainnya dari Indonesia mengikuti Summit (konferensi puncak) di Cebu, Filipina pada tanggal 29 Mei – 2 Juni 2014. Kami berangkat dari tanggal 28 Mei 2014 ke Singapura dan keesokan paginya, 29 Mei kami berangkat dari Singapura ke Cebu, Filipina.
 
Kami tinggal di Radisson Blu Hotel di Cebu, Filipina. Di sana kami mengikuti training dan dibagi menjadi beberapa kelompok. Saya adalah kelompok 2 bersama 16 teman saya dari Indonesia, Thailand, Filipina, Pakistan, dan Malaysia. Kelompok kami bernama Twoogle (dari Two dan Google). Kami mengikuti beberapa sesi dan dilatih, seperti: Keynote, Youtube, MapMaker, TopContributor, Event Simulation, Public Speaking, Presentation Skill, PhotoSession, Google Apps For Education, Google Search, dan lain-lain.
 
Semuanya dipresentasikan oleh pembicara-pembicara handal, berprestasi, dan kompeten dari Google. Kami juga dilatih untuk mengorganisir event dalam kelompok. Kami membuat konsep untuk 2 event dan kami mempresentasikannya di event simulation di depan 3 juri. Jadwal kami di sana padat dan saya hanya mempunyai beberapa jam untuk pergi ke tempat wisata di Cebu, Filipina, contohnya seperti SM, Mall yang terletak persis di samping Radisson Blu Hotel. Selain itu juga kami pergi ke situs kuno dan religius di tengah kota Cebu, serta ke pasar tradisional untuk berbelanja souvenir dan makanan khas Filipina.
 
Pada tanggal 1 Juni, yaitu malam terakhir di Cebu, Filipina, ada acara Cultural Night di mana setiap negara menampilkan kesenian khas. Kami dari Indonesia menarikan tarian kecak (untuk pria) dan tarian Yamko Rambe Yamko (untuk perempuan). Setelah Cultural Night berakhir, kami melompat ke kolam renang dan berenang pada tengah malam. Kami pulang ke Indonesia pada hari Senin, 2 Juni 2014 dan tiba di Jakarta pada pukul 23.00. Perjalannya cukup melelahkan karena kami berangkat ke bandara dari pukul 9 pagi dan tiba pada pukul 23.00, yang berarti lebih dari 12 jam.
Mengikuti GOOGLE STUDENT AMBASSADOR SOUTH EAST ASIA – SUMMIT 2014 merupakan pengalaman terbaik dan paling mengesankan yang pernah saya alami. Di sana saya belajar banyak hal, mendapatkan pengalaman internasional, dan menambah koneksi saya dengan puluhan teman-teman dari berbagai negara. Menjadi GSA merupakan pencapaian tertinggi saya selama 19 tahun ini dan saya berharap saya mampu menjadi GSA yang membanggakan Binus University dan Indonesia.

Post a Comment

0 Comments