Tugas_02PC1 - jurnal|lembu

#Gilafilm #Gilainvestasi

Search My Blog?

Post Top Ad

Tugas_02PC1

Nama : Selig Halona Darmawi / Susanto
NIM : 1701316613 / 1701305736
 
1)   Apa artinya " Kerja sebagai ibadah" ?
Kerja sebagai ibadah menurut kami adalah ketika kita bekerja dengan sepenuh hati sesuai passion dan mendapatkan uang dari hasil kita sendiri maka kita akan merasa jauh lebih dewasa dan bertanggung jawab,ketika itulah kita juga bisa membantu keluarga ataupun teman-teman di lingkungan sekitar yang membutuhkan bantuan dalam bentuk uang,disinilah kita membant dengan tulus ikhlas dan semua yang kita lakukan dari awal akan menjadi pahala.
 
2)   Jelaskan makna pernyataan "Pengendalian diri"
Pengendalian diri berarti suatu usaha untuk menahan diri agar kita tidak terjatuh lagi ke dalam godaan-godaan duniawi yang menyesatkan.Mengendalikan diri juga berarti kita berusaha menekan dan mengatasi kecenderungan instingtif kita yang berpotensi merusakkan perkembangan diri kita menuju kebaikan sebagai makhluk spiritual.Mengendalikan diri mengandaikan adanya usaha secara kritis dan sadar untuk selalu mengantisipasi godaan-godaan agar kita tidak terjatuh ke dalam pengaruh jahat godaan-godaan yang merusakkan diri.Mengendalikan diri tentu kita tidak bermaksud menghilangkan secara tuntas nafsu-nafsu yang ada di dalam diri kita,pengendalian diri bisa memberikan suatu tindakan agar kita bisa menekan datangnya godaan-godaan.
 
3)   Jelaskan 3 godaan duniawi?
a.    Godaan Materi
Satu hal yang tidak bisa kita sangkali adanya yakni bahwa setiap manusia ingin maju dan berkembang secara material dalam hidup ini.Karena salah satu indicator kesejahteraan manusia contohnya berupa tanah,rumah,kendaraan,uang,dan lain-lain.Disadari atau tidak,nafsu untuk membeli barang merupakan kekuatan yang sudah seakan menghipnotis banyak orang.Jika tidak diwaspadai,maka lama kelamaan akan mepolusi bening spiritual dimensi jiwa manusia.
b.   Godaan Kuasa
Kebenaran historis ini terjadi sepanjang sejarah kekuasaan politik manusia di planet bumi ini.Memegang kuasa dan berkuasa atas orang lain adalah suatu kenikmatan ,sehingga banyak orang yang ingin memilikinya.
Perlu kita sadari bahwa kekuasaan itu tidak salah namun yang salah terletak pada orang yang menjalankan roda kekuasaan itu.
 
c.    Godaan Seks
Orang bisa menggunakan alat kelamin untuk menghasilkan rangsangan seksual demi kepuasan atau kesenangan badan.Namun pesona keindahan seks manusia ini banyak kali disalahgunakan sehingga keindahan seks akhirnya tercemari.Seks harus dihayati sebagai karunia Tuhan yang indah bagi manusia,dan karena itu harus diekspresikan secara sadar,etis,dan tanggung jawab agar tidak mendatangkan efek destruktif bagi diri sendiri maupun orang lain.
 
(Dibawah ini butuh pemikiran kritis anda)
1)   Menurut kelompok, kenapa masih ada kelompok yang tidak menerima kehadiran toleransi beragama? Apakah dialog antar agama masih efektif?
-       Karena pada hakikatnya semua orang pasti selalu ingin agama yang dianutnya paling ditinggikan dan dipuja-puja , maka dari itulah ketika agama lain lebih ditinggikan dan dipuja-puja daripada agama yang dianutnya maka akan timbul kecemburuan social yang membuat antar umat beragama saling menjelekkan dan menjatuhkan agama yang satu dengan yang lainnya.
-       Menurut kami dialog antar agama masih efektif , tergantung pada penganut agama ( individu ) dari agama tersebut , apakah mereka rasis atau tidak,karena pada dasarnya setiap agama tidak mengajarkan umatnya untuk saling bermusuhan walaupun berbeda agama, setiap agama pada umumnya mengajarkan cinta kasih antar sesama makhluk hidup di lingkungan.
 

Post Top Ad