- jurnal|lembu

WWW.LEMBUTAMBUN.COM

Post Top Ad

TAHAP #1 JADI INVESTOR SAHAM

PETUNJUK TERKAIT PELAKSANAAN TUGAS PEMBELAJARAN CB DI LUAR KELAS UNTUK CB: PROFESSIONAL DEVELOPMENT.

 

Graduate Competensi  khusus yang ingin dicapai adalah mahasiswa mampu:

       Mengembangkan kemampuan profesional etis, berani memasukkan pertimbangan-pertimbangan etis untuk setiap keputusan dan tindakan yang diambil.

       Secara singkat: Mampu mengembangkan kemampuan profesional etis diri sendiri.

       Character utama yang ingin dibangun adalah INTEGRITAS DIRI (yang di dalamnya tercakup: Kepedulian, Kejujuran, Berdaya Juang, Disiplin, dan Kerja sama).

 

Kemungkinan aktivitas yang bisa dipilih terkait pendalaman materi di luar kelas (dilakukan secara berkelompok):

1.       Melakukan kunjungan ke perusahaan untuk  mencari tahu banyak informasi terkait penerapan Etika Profesi, atau berdiskusi terkait kegiatan yang biasa dijalankan dalam suatu organisasi profesi, atau mencari tahu lebih banyak tentang praktek pelaksanaan CSR oleh perusahaan (bisa pilih salah satu atau lebih)

       Hasil yang didapat dari kunjungan ini dikaji dengan melihat hubungannya dengan materi CB: Professional Development yang sedang dipelajari

       Hasil kerja kelompok dipresentasikan, lengkap dengan data (perusahaan yang dikunjungi, siapa yang ditemui, kapan, dimana, foto, video, hasil analisa/refleksi kelompok dari kegiatan ini).

2.       Berpartisipasi dalam program CSR perusahaan.

·         Mencari perusahaan yang sedang merencanakan pelaksanaan kegiatan CSR, dan menawarkan diri/kelompok untuk ambil bagian (waktu, tenaga, pikiran) dalam kegiatan yang dilakukan (sesuai bidang kemampuan dan SDM yang dimiliki oleh mahasiswa)

·         Semua proses dari awal keikutsertaan ini (lengkap dengan data, foto, video, dan hasil refleksi) dirangkum menjadi satu sajian presentasi yang bagus. Hasilnya dipresentasikan di kelas

 

3.       Melakukan inisiatif terkait pemberantasan korupsi, narkoba, aids, atau pengembangan sikap positif masyarakat terhadap orang-orang disable, dll (bisa pilih satu atau lebih) dengan cara seperti: buat poster, adakan seminar/penyuluhan/kampanye (bisa dengan penggunan blog/media sosial) mengenalkan lebih jauh tentang dampak perilaku koruptif dan penggunaan narkoba serta pencegahannya, menyampaikan pesan pengembangan sikap positip terhadap orang-orang yang menyandang disabilitas, dsb (bisa pilih salah satu).

       Mencari kemungkinan dimana kegiatan ini bisa dilakukan, bisa bekerjasama dengan pihak lain (Pemerintah, lembaga swasta)

       Semua proses dari awal keikutsertaan ini (lengkap dengan data, foto, video, dan hasil refleksi) dirangkum menjadi satu sajian presentasi yang bagus. Hasilnya dipresentasikan di kelas

        

4.       Studi Kasus: Mahasiswa membuat paper (minimal 15 halaman, spasi 1, font 12, time new roman, tidak plagiat, berikan sumbernya, dan ada contoh realnya) berupa laporan hasil pendalaman tentang kasus-kasus NYATA pelanggaran etika bisnis di Indonesia dan/atau di luar negeri serta  bagaimana kasus-kasus ini berakhir.

·         Kasus-kasus NYATA itu sering muncul di surat kabar, majalah, atau TV (seperti acara kontroversi) dan bahkan di pengadilan (penipuan merek dagang dan kualitas dagang dsb)

·         Pendalaman kasus-kasus ini perlu sampai mencari fakta, foto, mungkin video, data berita, narasumber dan data di lapangan (termasuk mengapa itu terjadi, dampak dari kejadian itu, tindakan penyelesaian yang telah dilakukan, atau akhir dari peristiwa itu).

·         Mahasiswa menyampaikan tentang mereka belajar apa dari studi kasus ini, termasuk mengemukakan apa yang bisa atau sebaiknya dilakukan (antisipasi) agar kasus semacam ini tidak terjadi. Semua hasil kerja ini dipresentasikan di kelas.

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan terkait pelaksanaan kegiatan ini!!!

       Satu kelas dibagi dalam 6 kelompok. Ketua kelas harus melaporkannya ke dosen siapa saja kelompoknya, dan apa yang akan dikerjakan oleh kelompok tersebut. Silahkan anda komunikasikan dengan melalui email saya smilesad2003@gmail.com. Minggu depan harus sudah ada kelompoknya dan lapor segera ke ketua kelas. Sebelum melaksanakan tugas, mahasiswa perlu membuat proposal terlebih dahulu dan membicarakannya dengan dosen di kelas. Kenapa anda memilih itu? Apa persiapan kelompok anda? Setelah dosen setuju barulah kegiatan itu boleh dilakukan.

       Untuk setiap pelaksanaan kegiatan selalu pakai seragam resmi (jaket almamater).

       Perlu mempersiapkan diri dengan baik, menjaga sikap dan perilaku, menjaga nama baik lembaga, dan dapat menyampaikan kesan dan pesan positif tentang Binus ke masyarakat yang lebih luas.

       Surat pengantar dari Binus (CBDC) dapat disediakan bila diperlukan.

       Laporan dari pelaksanaan kegiatan ini harus disampaikan dalam bentuk presentasi kelompok di kelas tanggal

       Seluruh Tugas laporan CSR harus sudah lengkap Presentasi dan penyerahan hasil kerja kelompok perlu disertai dengan dokumentasi  yang lengkap (teks presentasi  dalam bentuk ppt, foto, video) dan diserahkan dalam bentuk soft copy  (dalam satu DVD) atau dikirim via email ke dosen.

 

Saya yakin masih ada informasi yang kurang jelas. Jangan sungkan menghubungi saya melalui email smilesad2003@gmail.com maupun hape saya 081905082435 agar semua yang kelompok kerjakan jelas dan tuntas!


--
PETRUS HEPI WITONO 
Website - PERIPLUS.com 

Indonesia GDP Annual Growth Rate

METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF

WORKSHOP PENGGUNAAN MENDELEY & PKM 2020

Post Top Ad