Pelajaran Karakter dari Kesuksesan Jack Ma, Sang Pendiri Alibaba.com - jurnal|lembu

#Gilainvest #Gilanonton

Search My Blog?

Post Top Ad

Pelajaran Karakter dari Kesuksesan Jack Ma, Sang Pendiri Alibaba.com

Pelajaran Karakter dari Kesuksesan Jack Ma, Sang Pendiri Alibaba.com
Petrus Hepi Witono (D5048)

Suatu ketika, Pimpinan tim eCommerce Periplus.com mendadak mengumpulkan kami di sebuah ruangan. Kalau mendadak seperti ini, manager kami biasanya sedang kesal karena jumlah omzet perbulan tidak mencapai target dan kami pun pasti ditegur.

Begitu kami masuk ruang pertemuan, Pimpinan memutarkan sebuah film pendek berjudul :”Jack Ma speech in South Korea: Stop Complaining, You Can Find Opportunities” dengan durasi kurang lebih 11 menit. Sehabis menonton, kami berdiskusi. Entah mengapa di hari itu, sesudah menonton film tersebut, semangat dan pola pikir saya jadi tercerahkan. Tidak disangka, omzet pun bertambah naik selama 2 bulan kedepan. Kemudian, saya mencoba menonton film pendek itu kembali dan mencoba menemukan inspirasi terdalam dari pesan Jack Ma tersebut:

  1. Karakter “Kerja Keras”. Jack Ma memperingatkan bahwa Generasi muda harus berani kerja keras. “I must Work Hard, to prove My Self”. Dia berasal dari keluarga sederhana, namun terus berusaha keras mencari cara untuk menemukan peluang. Bahkan dia menceritakan bahwa dia belajar bahasa inggris secara otodidak, tidak ada yang mengajarkan. Semuanya di peroleh dengan kerja keras. Walaupun sempat frustasi, dia tetap optimis melihat masa dengan penuh kerja keras.
  2. Ber-Karakter “Optimis”. Menurut Jack Ma, perbedaan mendasar pada orang sukses yang berbeda dengan orang biasanya ialah “Optimis” ke masa depan. Orang-orang sukses jarang komplain dan terus belajar mencari jalan keluar.  
  3. Karakter “Mau Belajar dari Orang Lain”. Belajar rendah hati untuk belajar dari orang lain. Dia mengaku beruntung mengenal banyak orang sukses. Maka, jangan pernah sungkan untuk mengenal orang-orang yang sudah sukses, baik berkenalan langsung maupun tidak langsung. Hal ini akan sangat membantu pribadi kita untuk berfikir lebih cerdas:”mengapa mereka bisa sukses, sedangkan saya tidak?”
Jack Ma memperlihatkan bahwa karakter bukanlah Bawaan Lahir dan Karakter biasanya terbentuk akibat situasi dimana seseorang berada. Menariknya, seorang Jack Ma mampu memperlihatkan bahwa tekanan situasi hidup tak pernah membuat dirinya putus asa karena kerja keras, optimis dan belajar dari pengalaman orang lain.

Post Top Ad