Resolusi 2017: Investasi Bodong Vs Investasi Yang Benar - Lembu Tambun

Nge-Blog Film, Karakter & Motivasi

Hot

Post Top Ad

Tuesday, December 6, 2016

Resolusi 2017: Investasi Bodong Vs Investasi Yang Benar



Setiap rabu pagi, gw senang banget dengerin radio Smart Fm (95,9 FM) pukul 7 pagi saat berkendara, karena selalu membahas soal finansial, khususnya membangun keuangan pribadi dan keluarga. Kebetulan banget pagi ini dibahas soal investasi bodong kurang lebih selama 1 jam. Saya cuplik beberapa intisari nya saja yah.

Muhammad Teguh dan Eko Pratomo, selaku pakar keuangan memberikan masukan kepada semua orang yang awam dengan investasi: "Kalau kita tidak paham investasi, jangan ikut nyemplung. kalau anda tidak paham, jangan sembarangan ikut."


Apa ciri-ciri investasi yang sesungguhnya:
1. Pengelolanya harus diawasi oleh OJK.
2. Jika ingin investasi, pahami dulu, pelajari dulu, ikuti dulu baru terjun kesana. karena tidak ada satupun investasi yang tidak ada resikonya.
3. Investasi bodong sebenarnya tidak diniatkan dari awal oleh pemiliknya, namun karena tidak membatasi para investor
4. Jika ada investasi yang memberikan keuntungan yang tinggi dan pasti, jangan mudah percaya.
5. Jika ingin investasi, anda harus jernihkan dahulu tujuan anda ingin berinvestasi, jangan sekadar ingin untung besar. Itu justru membahayakan anda.
Yang paling aman dan bisa memberikan janji hanya produk Bank yakni Giro, Tabungan dan Deposito. Sedangkan kalau investasi pasti tetap akan ada resikonya.

Tips mudah untuk berinvestasi dari mereka:
1. Kenali tujuan anda berinvestasi.
2. Kenali resikonya dari investasi tersebut, masuk akal atau tidak.
3. Cek dahulu ke OJK
4. Buat portofolio pendapatan anda.
 
Bapak Muhammad dan Eko Pratomo memberikan rekomendasi website OJK untuk mengetahui perusahaan mana saja yang diawasi oleh OJK dan yang tidak terdaftar di OJK. Yuk simak disini: http://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/AlertPortal/Home 
Otoritas Jasa Keuangan, Jakarta, 18 Agustus 2016. Otoritas Jasa Keuangan meluncurkan Investor Alert Portal (IAP) atau portal website berisi perusahaan investasi keuangan yang tidak terdaftar di OJK sebagai respon atas pertanyaan dari masyarakat terhadap legalitas entitas yang menawarkan investasi.  IAP bisa diakses melalui minisite sikapiuangmu.ojk.go.id.
 
Muhammad Teguh dan Eko Pratomo, Smart Financial, Smart FM, 95,9 FM, setiap hari Rabu, pukul 7-8 pagi. (Pendiri Sekolah Keuangan Online).
flyer-sekolah-finansial

No comments:

Post Top Ad