Film LION: Kisah Anak India yang Hilang (A Long Way Home) - Lembu Tambun

Nge-Blog Film, Karakter & Motivasi

Hot

Post Top Ad

Sunday, February 26, 2017

Film LION: Kisah Anak India yang Hilang (A Long Way Home)

Based on a true story. Gue nangis saat nonton film ini bareng istri. bukan karena bagusnya film ini dibuat, melainkan mengingatkan peristiwa kehidupan pribadi saya yang kurang lebih sama dengan Saroo/Sheru/Lion. Saroo berasal dari keluarga miskin dan selalu ingin menemani kakaknya untuk mencari nafkah. Hingga suatu kali suatu kali Saroo tertidur di sebuah kereta yang pergi jauh menuju Calcutta. Disana dia seorang diri. Tidak bisa bahasa Bengali hingga akhirnya dimasukkan ke dalam rumah penampungan anak. Suatu kemujuran, Saroo akan diadopsi oleh orang tua asal Australia dan diberikan penghidupan yang layak di Australia.   

Rupanya, Saroo masih dihantui oleh memori masa kecilnya terhadap Ibu dan Kakaknya, Guddu. Ketika dewasa, Saroo mulai mengalami krisis identitas. Dia ingin mencari kakak dan Ibunya yang tidak pernah diketahui berada dimana. Dia merasa stress. Dia pun merasa takut untuk mengutarakan hal ini kepada kedua orang tua asuhnya karena khawatir mereka tidak dicintai lagi. Saroo takut dia tidak akan mencintai orang tua asuhnya lagi. Tanpa henti, Saroo terus mencari tempat asal Ibu dan Kakaknya melalui bantuan Google Maps. Dia mencoba mengingat kembali kenangan masa kecilnya walaupun tidak mudah. Hingga akhirnya Walaaaaa! Ketemu...
Saroo akhirnya memberanikan diri untuk menyampaikan kepada Ibu asuhnya bahwa dirinya ingin bertemu dengan ibundanya di India. Momen pertemuan Saroo dan Ibunya sangat mengharukan sekali. 






Sebuah pertanyaan besar yang telah lama ada didalam dirinya kini telah terjawab.
Beberapa kesimpulan yang bisa ditarik:
  1. Jika anda anak adopsi jangan pernah takut untuk mengetahui orang tua asli anda saat dewasa.
  2. Cinta seorang anak yang diadopsi tidak akan pernah luntur kepada orang tua asuh mereka.
  3. Film kisah nyata ini bertujuan untuk memperingati banyaknya anak India yang hilang setiap tahunnya di India. Banyak simbol anak-anak ditampilkan disini.
  4. Google Maps itu bantu banget banyak orang!
  5. Saroo ternyata sering salah mengucapkan nama aslinya. Nama sebenarnya adalah "Sheru" yakni "Lion".


Nilai: 9

Lion (atau judul karya aslinya A Long Way Home) adalah film drama Australia-Amerika Serikat-Inggris yang disutradarai oleh Garth Davis dan dikarang oleh Luke Davies berdasarkan karya non-fiksi Saroo Brierley A Long Way Home. Film ini dibintangi oleh Dev PatelRooney Mara,David Wenham, dan Nicole Kidman.


No comments:

Post Top Ad