Cara Cerdas Finansial untuk Seorang jomblo... - Lembu Tambun

Nge-Blog Film, Karakter & Motivasi

Hot

Post Top Ad

Thursday, April 27, 2017

Cara Cerdas Finansial untuk Seorang jomblo...

Pada suatu kesempatan di rabu pagi pukul 7, saya mendengar siaran radio Smart Financial di radio Smart FM yang menghadirkan pakar keuangan Bpk. Eko dan Bpk. Teguh. Mereka mengajarkan bagaimana seharusnya seorang pribadi atau keluarga menata keuangan mereka. Saya merangkum beberapa tips penting yang menurut saya perlu untuk dibagikan. Pernahkah diantara kita sebelumnya pernah mengalami kondisi seperti ini dan tips sederhana apa yang harus dilakukan:

1. Gaji yang diterima setiap bulan, ternyata cepat habis sebelum waktunya.
Hal ini biasanya terjadi karena seseorang tidak punya dasar dalam menata keuangan tidak pernah ada perencanaan keuangan. Maka buatlah perencanaan lebih awal sebelum menerima gaji. Buat pos-pos pembagian uang. Kurangi dahulu dengan pengeluaran rutin anda setiap bulannya, kemudian berikan kepada pos-pos lainnya. Catat dengan detail kebutuhan anda, tentukan mana yang penting, perlu dan berguna.

2. Kesulitan menyisihkan uang untuk di tabung setiap bulannya.
Hal ini memang menjadi tantangan tersendiri. Maka, disarankan 10 persen dari gaji atau pendapatan anda langsung dialokasikan untuk ditabung dan tidak boleh diganggu.

3. Kesulitan dalam merencanakan dan mengelola keuangan pribadi/keluarga secara sehat.
Tidak ada kata lain, harus dimulai dari sekarang. Kurangi pengeluaran yang tidak perlu dan keperluan gaya hidup tidak boleh lebih dari 20 persen gaji anda. Untuk keluarga muda, harus mulai untuk membicarakan keuangan bersama. Duduk bersama dan mencatat segala pengeluaran yang ada. Belajar hemat dan ditabung. Jika anda punya mimpi ingin mewujudkan sesuatu di masa depan, maka buatlah sebuah resolusi yang masuk akal untuk diwujudkan.

4. Berencana membeli rumah, liburan, atau ibadah namun bagaimana mempersiapkan dananya.
Tidak ada yang tidak mungkin. Rencanakan proritas anda. Apa mimpi anda: beli rumah, liburan atau mau melakukan perjalanan peribadahan. Tentunya dana tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Maka buatlah pos khusus untuk rencana masa depan anda ini. Atur keuangan anda selama 5-10 tahun untuk mencapai mimpi anda tersebut.  

5. Tagihan kartu kredit makin hari makin tidak terkendali.
Banyak orang salah persepsi bahwa kartu kredit adalah uang tambahan. Salah total. Kartu kredit sebenarnya adalah sarana pengganti sementara uang anda yang akan dikeluarkan nantinya. Maka, jika tidak diperlukan sebaiknya tidak perlu menggunakannya karena akan cenderung menciptakan gaya hidup yang salah. Hal tersebut justru bisa menciptakan utang yang besar dan menjadi beban untuk anda.
(Artikel Mini ke-8, 26 April 2017)

No comments:

Post Top Ad