Investasi Saham: 1 lot dari 100 lembar jadi 20 lembar? - jurnal|lembu

#Gilafilm #Gilainvestasi

Search My Blog?

Post Top Ad

Investasi Saham: 1 lot dari 100 lembar jadi 20 lembar?



"Mau tanya ke pak Eko dan Pak Ardho, saya dengar ada rencana pasar modal akan merubah aturan baru 1 lotnya bukan 100 lembar lagi, tapi kalau yidak salah jadi 20 lembar yah, katanya biar investor kecil juga bisa investasi saham, namun saya gak tahu dampak apa yg terjadi jika lot nya direndahkan seperti itu. Makasih."

Pak Eko, Konsultan Keuangan: Tks Mas Hepi. Investasi adalah topik yg sangat menarik, dan saham adalah salah satu instrumen yg permy dipelajari. Khususunya sbg instrumen /alat mencapai tujuan kehidupan jangka panjang. Ini yang belum banyak dibahas. Istilah yg lebih popular malahan "main" saham, bukan investasi saham. Mengapa demikian? Kerena masih banyak yg memanfaatkan saham seperti "komoditas" yg diperjualbelikan dalan jangka pendek (harian, mingguan, bulanan misalanya), memanfaatkan fluktiasi harga yang terjadi. Salahkah? Tentu tidak, kerena sebagaiimana hidup, berinvestasi saham bisa memlilih, apak orientasi nya jangia pendek (jual-beli), atau jangka panjang, memiliki perushaan dan ikut meniknati pertunbuhan perusahaan rsb dlm jangka panjang. Masing-2 cara berinvesrasi memerlukan pengetahuan dan strategi yang berbeda.
Berinvetasi di saham jika dilakukan sendiri, paling tdk memerlukan :
- pengetahuan utk memilih saham-2 apa yg layak untk dibeli
- sumber informasi ttg kondisi perusahaan, harha saham, kondisi pasar dan informasi kondisi ekonomi yg terkait.
- waktu utk memonitor
- dana yang relatif besar.
Nah bagi pemula, berinvestasi di saham sevara langsung bsia merepotkan, namun investor pemula bisa berinvestasi tidak secara langsung, namun melalui reksa dana, yang dikelola oleh manajer invetasi. Jadi kita mempercayakan pengelolaan invetasi kita kpd Manajer investasi.


Pak Teguh, Konsultan Keuangan: Betul, ada wacana tsb, tentu dampaknya investor ritel bisa beli saham2 "mahal"... slama ini banyak investor pemula yg hanya mampu membeli saham yg harganya cocok dg kantong mereka... jika lot diturunkan, maka mereka bisa beli saham2 mahal yg papan atas tentunya...


Berbagi informasi: saya sedang pelajari satu website untuk berinvestasi di pasar modal luar negri sebagai investor, sejauh yang saya tahu dari berbagai pembahasan di Youtube, buat orang Indonesia yang ingin berinvestasi di pasar modal luar negri adalah Drive Wealth https://drivewealth.com/ , namun website ini masih saya pelajari.

Perusahaan sekuritas bisa dilihat di yuknabungsaham.idx.co.id. Lengkap!

Post Top Ad