TEKNOLOGI DAN NASIONALISME - jurnal|lembu

#Gilainvest #Gilanonton

Post Top Ad

TEKNOLOGI DAN NASIONALISME


Pengertian nasionalisme adalah suatu sikap dan pemahaman atau ideologi dari masyarakat suatu bangsa untuk mencintai dan setia kepada bangsa dan negaranya.  Nasionalisme merupakan bagian terpenting dari konsep bernegara untuk menumbuhkan semangat rasa cinta tanah air.

Di era globalisasi ini teknologi berkembang semakin pesat dan akan semakin berkembang secara terus menerus dengan seiringnya waktu. Teknologi juga telah menjadi kebutuhan dan menjadi peranan penting bagi kehidupan manusia. Teknologi bisa dikaitkan dengan nasionalisme menurut perkembangannya. Nasionalisme di Indonesia semakin menurun dari waktu ke waktu, hal ini berbanding terbalik dengan teknologi yang selalu berkembang dan berkembang. Secara sepintas memang terlihat tidak ada kaitannya antara teknologi dan nasionalisme, tetapi sebenarnya nasionalisme ini sangat bergantung kepada teknologi. Teknologi memang memiliki dampak positif dan negative bagi nasionalisme.

Berikut contoh dampak positif teknologi terhadap nasionalisme Indonesia:
1.      Dapat mempermudah pendistribusian karya-karya anak bangsa seperti music, film, fashion, maupun furniture ke negara tetangga maupun negara-negara beda benua yang mana akan memperkuat identitas negara serta membuat negara semakin dikenal oleh dunia.
2.      Dengan adanya kemajuan teknologi mempermudah untuk mengakses ilmu pengetahuan dan dapat meningkatkan pola piker masyarakat yang kritis.
3.      Dapat meningkatkan sikap etos kerja yang tinggi dan disiplin dari negara maju yang harus kita tiru demi kemajuan identitas bangsa Indonesia.
4.      Kita juga dapat melestarikan budaya kita melalui social media.

Berikut contoh dampak positif transportasi terhadap nasionalisme
1.      Kendaraan pribadi dan umum yang semakin canggih
2.      Kenyamanan berkendara meningkat
3.      Biaya untuk transportasi semakin murah
4.      Menyingkat waktu karena untuk mencapai tujuan semakin cepat.



2201866970 - JENNY MARIA SIJABAT



2201863773 - CHAKALICA WIDYADIPRAJA
2201867153 - MAULI BITAMA PUTRI
2201866586 - NADINE NAMARATASYA

   


Post Top Ad