BUDAYA DAN KEBUDAYAAN

BUDAYA DAN KEBUDAYAAN

Question: Sebutkan 3 sumber pendidikan karakter dan jelaskan peran masing-masing sumber tersebut dalam membentuk karakter?

Answer

1. Keluarga : Keluarga sebagai lingkaran terdekat adalah sumber terdalam yang akan membentuk karakter bagi anak, anak akan mencontoh figur dari keluarga sehingga sebagai orangtua kita harus selalu mencontohkan yang baik dan bukan hanya dengan ucapan tetapi juga dengan tindakan

2. Sektor Pendidikan : Lingkungan pendidikan juga menjadi faktor yang kuat dalam membentu karakter anak, selain menambah ilmu pengetahuan, pendidikan juga diharapkan menjadi faktor sukses dalam pembentukan karakter anak, lingkungan sekolah dari Guru-Guru, teman sekelas akan menjadi contoh bagi anak dalam menentukan langkah yang diambil.

3. Sosial Masyarakat : Selain kedua faktor diatas, faktor yang tidak kalah penting adalah sosial masyarakat. untuk anak anak yang bermasalah dengan keluarganya akan mencari sosok baru diluar yang mana itu adalah lingkungan pertemanan dan bermasyarakat. jadi sangat penting untuk orangtua tahu dengan siapa anak bergaul karena hal tersebut akan memperngaruhi dalam pembentukan karakter anak.

 

Question:

Cara Anda mengaplikasikan nilai-nilai HAM dalam kehidupan masyarakat dengan banyaknya pelanggaran HAM yang terjadi!

Answer

pengaplikasian nilai-nilai HAM yang paling dekat adalah dengan menghargai hak hak istri sebagai individu, memberikan kebebasan berpendapat dan selalu mencari solusi dengan diskusi dari setiap permasalahan rumahtangga.

ketika kita sama sama sedang disulut emosi saya akan lebih memilih rehat sejenak dan tidak memaksakan untuk terus berdiskusi karena diskusi dengan emosi tidak akan membuahkan hasil bahkan bisa berujung pada KDRT.

 

Question: Sebutkan nilai-nilai Pancasila sila ke-1 yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan dan dampaknya bagi kehidupan jika nilai-nilai tersebut diterapkan?

Answer

Nilai "Ketuhanan" tidak lepas dari nilai nilai Agama atau kepercayaan, adanya pahala dan dosa sebagai konsekuensi semua perilaku kita akan membuat manusia menjadi lebih berhati-hati dalam bertindak dan saling menghargai satu sama lain. jika nilai ini diterapkan maka angka kriminalitas akan berkurang dan tentunya kehidupan bermasyarakat akan lebih harmonis karena saya yakin semua agama atau kepercayaan selalu mengajarkan yang baik, hanya kita manusia yang kadang memiliki keterbatasan dalam interpretasi nilai-nilai tersebut hingga mengakibatkan sikap eksklusif dan fanatisme yang berlebih.

 

Question:

Perbedaan yang sangat jelas di Indonesia menunjukkan bahwa kita sangat Multikultur. Apa yang perlu kita lakukan untuk menerima perbedaan tersebut tanpa harus melanggar berbagai macam hal yang terjadi?

Answer

Pemahaman akan multikultural harus ditanamkan sejak dini baik dari sisi pendidikan formal melalui sekolah sekolah maupun pendidikan terdekat yaitu keluarga. orangtua harus mengajarkan bahwa perbedaan itu adalah sebuah anugerah yang akan mewarnai kehidupan kita bermasyarakat dan sebagai individu kita harus saling menerima dan saling menghormati akan perbedaan tersebut.

 

Question: Bagaimanakah implementasi Pancasila dalam pembuatan kebijakan negara? Jelaskan!

Answer

implementasi pancasila dalam pembuatan kebijakan negara terdiri dari beberapa bidang diantaranya  :

1. Bidang Politik : dengan dibuatnya berbagai pasal yang mengatur kebijakan negara terhadap kehidupan politik

- Pasal 26 Ayat 1 yang mengatur tentang orang yang menjadi Warga Negara Indonesia

- Pasal 27 Ayat 1 yang memberikan pernyataan terhadap kedudukan warga negara yang berada didalam hukum dan juga pemerintahan tanpa adanya pengecualian

2. Bidang Ekonomi : dibuat pasal yang mengatur kebijakan negara terhadap kehidupan ekonomi

- Pasal 27 Ayat 1 yang berbunyi "Tiap-Tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupanyang layak"

- Pasal 33 ayat 1 yang berbunyi "disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan"

- Pasal 34 ayat 1 yang berbunyi "Fakir Miskin dan anak-anak terlantar diperihara oleh negara"

3. Bidang Sosial & Budaya : Dibuatnya pasal yang mengatur kebijakan negara terhadap kehidupan sosial budaya.

- Pasal 31 ayat 1 yang berbunyi "Setiap warga negara berhak untuk mendapatkan pendidikan"

- Pasal 32 ayat 2 yang berbunyi "Negara memajukan kebudayaan nasional indonesia ditengah peradaban dunia"

4. Bidang HanKam : Dibuatnya pasal yang mengatur kebijakan negara terhadap Hankam.

- Pasal 27 Ayat 3 "Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara"

 

 

Question: Jabarkan apa yang dimaksud dengan budaya dan kebudayaan! Jabarkan pengertian dan manfaat interaksi antarbudaya!

Budaya adalah suatu cara hidup yang dianut oleh sekelompok manusia yang telah berkembang dan diturunkan secara turun temurun dari generasi ke generasi, kebudayaan merupakan hasil budi atau keseluruhan perilaku manusia sebagai hasil yang diperoleh manusia dari proses belajar dan segalanya yang tersusun dalam kehidupan masyarakat.

Manfaat adanya interaksi budaya adalah bisa membentuk budaya baru yang menjadi gabungan dari budaya budaya lain yang disesuaikan dengan kearifan lokal pada masing masing daerah.

  Heri S. 

Post a Comment

0 Comments