KEPEMIMPINAN DEMOKRASI

KEPEMIMPINAN DEMOKRASI

Kepemimpinan demokrasi sangat relevan dalam suatu masyarakat yang menghargai hak-hak sipil dan politik warga negara. Indonesia adalah negara demokratis. Kepemimpinan demokrasi seperti apakah yang relevan dalam konteks keberagaman Indonesia?

Pemimpin adalah orang yang memiliki power untuk mempengaruhi pihak lain / anggotanya untuk berkolaborasi / bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama. Pemimpin demokratis adalah pemimpin yang mendengarkan aspirasi para anggotanya.

Menurut saya kepemimpinan demokrasi pancasila adalah yang paling cocok diterapkan di Indonesia. Sebab, Indonesia memiliki keberagaman agama di dalamnya, diantaranya adalah Islam, Kristen, Katolik, Budha, Hindu, Konghucu, dan agama kedaerahan lainnya yang tidak terdaftar secara resmi. Dan kepemimpinan demokrasi Pancasila mampu menampung semua perbedaan yang ada.

Sila ke-1 Pancasila yang berbunyi "Ketuhanan yang Maha Esa" artinya merujuk pada siapapun berhak memeluk agama sesuai keyakinannya dan melakukan ibadah dengan tenang tanpa gangguan dari pihak lain. Jadi, semua warga negara merasa aman dan dilindungi oleh negaranya. Selain itu, Pancasila juga menjunjung moralitas sesama manusia dalam sila ke-2 dan keadilan yang sama bagi warganya tanpa memandang status dan suku yang tertulis dalam sila ke-5 Pancasila.Jadi, bisa disimpulkan bahwa kepemimpinan demokratis Pancasila sangat ideal bagi Indonesia.

Post a Comment

0 Comments