NILAI NILAI LUHUR PANCASILA

NILAI NILAI LUHUR PANCASILA

Dalam membangun karakter warga negara Indonesia, Pancasila dijadikan acuan dasar dalam pelaksanaannya. Hal ini dikarenakan pancasila merupakan ideologi sekaligus cita-cita bangsa Indonesia. Dalam pancasila terdapat nilai-nilai luhur yang jika diterapkan dalam karakter warga negara maka dapat tercipta negara yang makmur dan sejahtera.

1. Nilai Ketuhanan

Setiap agama pasti mengajarkan kebajikan dan kasih sayang kepada sesama. Jika nilai ketuhanan atau nilai agama diterapkan dengan sempurna oleh setiap individu maka kedamaian dan ketentraman akan selalu terlaksana. Karakter ini diimplementasikan dengan ketaatan dalam beribadah, rukun dalam beragama dan saling menghargai kepercayaan masing-masing.

2. Nilai Kemanusiaan

Selain berketuhanan, warga negara juga diharapkan untuk memiliki jiwa berperikemanusiaan. Nilai kemanusiaan merupakan hal yang penting dimana nilai ini menekankan untuk saling menghargai dan menghormati harkat dan martabat sesama manusia. Tidak ada pembedaan tentang keadilan apapun kelebihan yang dimiliki individu. Karakter yang diharapkan adalah menciptakan manusia yang berperilaku adil dan beradab kepada sesama.

3. Nilai Persatuan

Nilai persatuan mendorong warga negara untuk memiliki karakter saling memahami sesama, saling membantu sesama, dan saling menjaga sesama. Persatuan dapat terwujud jika warga negara berhasil menyingkirkan kesalahpahaman dalam setiap perbedaan. Karakter ini dapat terwujud jika warga negara dapat berjalan beriringan walaupun ditengah lingkungan yang memiliki banyak perbedaan.

4. Nilai Permusyawarahan

Keputusan bersama yang berujung kepada kegagalan lebih baik daripada keputusan sendiri yang berhasil. Hal ini dikarenakan keputusan bersama menjadi tanggung jawab bersama, jadi setiap orang punya perasaan untuk memiliki. Dengan begitu setiap warga negara akan menyampingkan kepentingan pribadi atau golongan dan mengedepankan keputusan bersama.

5. Nilai Keadilan Sosial

Sebagai warga negara kita harus memiliki karakter yang berlaku adil kepada siapapun dan apapun latar belakang seseorang. Kita tidak boleh membeda-bedakan seseorang hanya karena ia datang dari kelas sosial tertentu.

 

Salah satu nilai pancasila sila pertama adalah ketuhanan yang maha esa, dimana masyarakat Indonesia diwajibkan menganut agama yang dipercayai masing-masing. Keberagaman agama ini yang menjadi nilai dari bangsa Indonesia. Namun dalam perbedaan dalam menganut agama di Indonesia masyarakat sangat minim akan ada yang namanya konflik agama. Dikarenakan masyarakat sangat menjunjung tinggi nilai toleransi yang ada dalam pancasila.

Dalam upaya toleransi masyarakat beragama sendiri tiap-tiap daerah memiliki caranya masing-masing. Di Bali yang mayoritas penduduk disana agama hindu memiliki hari raya sendiri yang disebut Galungan dan Kuningan. Tiap perayaan hari keagamaan tersebut masyarakat Bali akan diliburkan bersama dan fokus beribadah bagi yang menjalaninya.

Di Malang pembangunan masjid dan gereja katedral dekat alun-alun kota Malang dibangun bersebelahan. Sudah lebih dari 20 tahun masyarakat muslim dan kristen beribadah disana tidak pernah terjadi kerusuhan ataupun konflik saat beribadah.

Adapun strategi yang dibangun dalam nilai keagamaan diantara lain, ikut serta membantu masyarakat beragama lain dalam kegiatan keagamaan. Contohnya membantu memberikan makanan berbuka puasa pada masyarakat muslim, tidak mengganggu umat beragama dalam menjalankan ibadahnya.

Dengan adanya kesadaran antar umat beragama dan nilai toleransi yang tinggi maka kerukunan akan tercipta di lingkungan tersebut. Dan akan menjadi masyarakat yang menjunjung tinggi nilai pancasila.

 

Post a Comment

0 Comments