NILAI NILAI PANCASILA DAN KARAKTER WARGA NEGARA

NILAI NILAI PANCASILA DAN KARAKTER WARGA NEGARA

Deskripsikan secara detail tentang nilai-nilai Pancasila sebagai dasar pembentukan karakter warga negara?


Di Indonesia Seperti yang kita Ketahui adalah Landasan Dasar atau Ideologinya Yaitu Pancasila.

Masyarakat Indonesia Dengan Religius  Atau keberagaman Beragama Seperti dari arti Pancasila ini sangat lah dalam Di mana Karater ini Dibentuk berdasarkan Sila Pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa , Dimana semua masyarakat nya mengakui ada Nya Tuhan walaupun dengan keyakinan yang berbeda-beda.

Dalam Sila kedua Adalah Kemanusiaan Yang Adil dan beradab , Dimana  semua masyarakat harus menjunjung tinggi keadilan dan menghargai sesama.

Sila Ketiga Yaitu Persatuaan Indonesia dimana keberagaman baik suku , ras , Agama , kita Semua Aadalah Orang Indonesia yang wajib bersikap toleransi.

Sila Ke Empat yaitu Kerakyatan yang di Pimpin Oleh hikmat permusyawaratan perwakilan Dimana Setiap masyarakat harus menjujung tinggi nilai dari Musyawarah dan Kebebasan Demokrasi 

Sila kelima Yaitu keadilan Sosial bagi Seluruh rakyat Indonesia Dimana Keadilan ini sama Dimata tuhan untuk Semua masyarakat indonesia , Makna dari Keadilan Sosial pun harus saling menghargai Status Sosial tidak boleh mempunyai sikap Pamer yang akan Mencederai kita sebagai makhluk sosial. 

Pembentukan karakter warga dalam memaknai Nilai-nilai pancasila ini sangat penting , Dimana Kita Sebagai Manusia akan bisa Menghargai kebebasan dalam segala hal yang tentunya dalam norma-norma etika pancasila, Sehingga tidak akan ada perselisihan dalam kehidupan kita bersosial.

Post a Comment

0 Comments