Piramida Kemakmuran - jurnal|lembu

WWW.LEMBUTAMBUN.COM

PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

Post Top Ad

PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

McKinsey Survey: Indonesian consumer sentiment

Piramida Kemakmuran

    Bulan Februari ini biasanya beberapa perusahaan selalu menaikan gaji karyawanya. Namun Apakah kenaikan Gaji tersebut sebanding dengan kenaikan harga barang. Jika kita perhatikan setiap tahun kebutuhan kita selalu meningkat, sehingga kenaikan gaji tersebut hanya terasa di bulan pertama saja, selanjutnya sama saja dengan tahun kemarin, tengah bulan kita harus mulai mengencangkan ikat pinggang lagi. Lalu apa yang salah? Apa karena gaji kita yang terlalu kecil.....!!!!
    Ada beberapa hal yang menyebabkan hal tersebut, namun intinya adalah kukurang disiplinnya kita dalam mengelola kekuangan. Coba Perhatikan tabel berikut:
    Karena Rata-rata gaji kita adalah Lima Belas Koma ( Maksudnya tanggal 15 sudah koma ) maka kita harus memulai untuk disiplin dalam mengatur keuangan. Secara Teoritis adalah 50% dari pendapatan kita adalah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari (kebutuhan Jangka Pendek), 30%-nya kita gunakan sebagai dana cadangan (kebutuhan Jangka Menengah misalnya untuk biaya berobat, biaya rekreasi dll,  ) dan 20% Kita gunakan sebagai Simpanan ( kebutuhan Jangka Panjang misalnya untuk membeli kendaraan, membeli rumah dll.) 
    Nah, bagaimana jika saat ini penghasilan kita sudah terlanjur habis tiap tenggah Bulan dan kita harus pinjam sana-sini, atau harus menggunakan kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan kita.... Pertama-tama yang harus kita lakukan adalah membagi pengeluaran kita dalam beberapa POS, yaitu kebutuhan jangka pendek, kebutuhan Jangka Menengah, Kebutuhan Jangka Panjang. Jika sudah Lalu kita Hitung lagi apakah Prosentasenya sudah sesuai dengan Piramida di atas. Jika sudah sesuai sebenarnya kita sudah ada di jalan yang benar. Tinggal masalah waktu saja untuk mencapai kemakmuran.
Selamat mencoba, jika anda merasa kesulitan/kebingungan silahkan kirim e-mail ke yonobrahmantoro@gmail.com 
Best Regards,
Yono Brahmantoro

Post Top Ad

PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork