Mengenal Bpk Choiril Maksum, Dosen Pemasaran - jurnal|lembu

WWW.LEMBUTAMBUN.COM

Post Top Ad

Mengenal Bpk Choiril Maksum, Dosen Pemasaran




TEMPO Interaktif
, Jakarta: Kepala Badan Pusat Statistik Soedarti Surbakti akan diganti oleh Choiril Maksum. "Presiden Megawati telah menunjuk kepala BPS yang baru. Saya sudah memasuki masa pensiun, malah sudah lewat. Seharusnya pensiun pada usia 60 tahun, saya sekarang sudah 62 tahun," kata Soedarti, di kantornya, Kamis (1/7).

Pelantikan secara resmi akan berlangsung Jumat(2/7), dipimpin langsung oleh Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional. Soedarti menyatakan, ia masih akan bekerja di BPS untuk beberapa tahun mendatang meski sudah tidak aktif lagi menjadi Kepala BPS. "Saya akan menjadi peneliti saja," ujarnya.

Choiril Maksum, yang menggantikan Soedarti, sebelumnya merupakan Direktur Statistik Pertanian BPS, jabatan setingkat eselon II. Lulusan Akademi Ilmu Statistik tahun 1973 ini merintis karir dari awal sebagai staf Bagian Statistik Pertanian BPS. Pria kelahiran Purwokerto, 10 Maret 1946 ini menyelesaikan S2 (M.Sc) Biostatistics di University of Michigan, USA tahun 1982. Sekembalinya ke Indonesia, ia langsung menjabat Kepala Sub Bagian Statistik Tanaman Pangan hingga 1985.

Setelah itu, ia kembali ke Amerika mengambil master statistik di VPI&SU Virginia yang diselesaikan bapak satu anak ini tahun 1986. Gelar Ph.D Statistics diperolehnya tahun 1990 di Oklahoma State University yang membuat ia menjadi doktor statistik satu-satunya di BPS. Tahun itu ia menjadi Kepala Bagian Pengembangan Metoda, dua tahun kemudian, tepatnya 1992, ia menjadi Kepala bagian Statistik Palawija dan Hortikultura, dan 1995 menjadi Kepala Bagian Statistik Padi. Sejak 1998 ia menjadi Direktur Statistik Pertanian hingga besok menggantikan Soedarti menjadi Kepala BPS.

Indonesia GDP Annual Growth Rate

Post Top Ad