Tips Menjelang Ujian: Kenali 3 Tipe Mahasiswa - jurnal|lembu

#Gilafilm #Gilainvestasi

Search My Blog?

Post Top Ad

Tips Menjelang Ujian: Kenali 3 Tipe Mahasiswa

Hai Guys! Saya berikan "jurus-jurus" yang pernah saya lakukan waktu Studi S1 dan S2 ketika akan menghadapi ujian yang akan berlangsung. Seorang Dosen, Frans Magnis Suseno pernah mengajarkan kami tentang Metodologi Belajar sebagai salah satu matakuliah dulu. Didalamnya diajarkan banyak hal, lalu dalam perjalanan, saya mulai kembangkan! Semoga berguna untuk mahasiswa.Yang saya pernah pelajari ada 3 tipe mahasiswa dalam aktivitas kesehariannya:

Pertama, Kinestetic. Tipe mahasiswa ini suka menulis, tak pernah berhenti untuk menulis sesuatu, dan suka berimajinasi dengan kata-kata. Tipe ini mampu baru mampu mengerti ketika dia mulai dengan mencatat point-point penting. Tipe mahasiswa ini mengingatkan saya dengan Tokoh Magnis Suseno (budayawan) yang memang gemar mencatat point-point penting dalam kertas-kertas kecil. Saya dapat ilmu darinya. Apakah ini termasuk tipe anda? Jika ya, apa tipsnya menjelang ujian. Dua hari menjelang ujian, silahkan mencatat point-point penting dalam kertas kecil, dan bawa di saku anda. Ringkas point-point bahan ujian dalam kertas tersebut, dan bawa kemanapun, baca saat santai; saat di angkot, saat di kamar mandi, saat buang air besar, saat melamun, dan lebih mantebnya saat mulai mengantuk. Konon, membaca dan merenungkan saat mengantuk biasanya daya serapnya lebih tinggi! Saat menjelang ujian jangan belajar lagi, karena hal itu justru menimbulkan ketegangan. Sebaiknya diskusi antar teman! itu lebih membantu...Hihihi.
Point Penting:  Buat rangkuman, tulisan kecil-kecil dikertas, ambil pokok pikirannya yang dapat memancing memori anda kembali.


Kedua, Audio. Tipe mahasiswa ini lebih suka mendengarkan lagu, atau suara. Kadang kalau sedang belajar, lebih senang sambil mendengarkan lagu. Ada yang bilang, lagu dinyalakan, baru bisa masuk pelajarannya. Saya dukung! gunakan metode tersebut, semakin enjoy dan nikmati lagunya, anda gunakan imajinasi anda sambil membayangkan pelajaran tersebut. Saat anda menikmati lagu, saya yakin anda sangat relax. Gunakan kesempatan dan mood anda untuk belajar. Kalau perlu, anda buat rekaman di hape anda, maka ketika saat pagi hari ketika bangun, setengah sadarkan diri, anda dengar ringkasan yg anda buat dalam bentuk Audio. Lalu dengar saat perjalanan ke kampus, namun begitu di kampus menjelang ujian sebaiknya diskusi dengan teman-teman. Hal itu akan sangat membantu kita untuk berbagi pemikiran. Apakah anda tipe mahasiswa ini?

Ketiga, Visual. Tipe mahasiswa yang satu ini gemar sekali menonton, atau lebih suka pelajaran yang menggunakan power point atau gambar-gambar. Tipe mahasiswa ini lebih suka yang bernuansa kreatif: catatan menggunakan gambar. Kegemarannya nongkrong nonton film dibandingkan jalan-jalan! Demen Browsing atau buat desain dibandingkan nulis-nulis. Apakah anda tipe mahasiswa ini? Jika ya, anda perlu berkreasi.


YANG TIDAK DIHARAPKAN UNTUK DILAKUKAN:
1. Belajar kebut semalam. Hal ini bisa menyebabkan stress, badan panas dalam, dan mata menjadi merah!
2. Jangan mencontek, kudu percaya diri sejak awal!
3. Selalu gunakan bulpen hitam atau biru, jangan bulpen untuk mewarnai!
4.Saat belajar mohon Gadget di silent karena bisa menciptakan "Destruction" pada konsentrasi anda tanpa disadari.
5. Ingat: anda bukan menghafal. kalo menghafal biasanya cepat hilang! So, relax, tenang,cari waktu yang santai, belajarlah dalam suasana yang nyaman, yang enjoy buatmu. bisa sambil dengerin musik, bisa belajar pagi-pagi, bisa juga belajar di alam bebas. pokoknya harus relax dan tidak terlalu tegang.Kenali dan cari strateginya!



YANG DIHARAPKAN UNTUK DILAKUKAN:
1. Kenali diri anda: termasuk orang yang demen belajar mati-matian atau susah belajar. Jika susah belajar, atur waktu anda. Gunakan metode diatas, Usahakan 15 menit belajar tanpa ada gangguan, 5 menit istirahat (minum teh, gerak badan, ke wc, atau cari inspirasi, gunakan cara ini berulang-ulang). Simpel kan! saya ulang yah!!!: pertama, belajar 15 menit  tapi harus efektif, skimming baca cepat dulu seluruh tema, lalu ambil inti-intinya saja. Kedua, lakukan belajar anda saat-saat mengantuk. itu akan lebih efektif. Ketiga, Jika orang tua anda marah kepada anda karena sulit belajar dan dianggap malas, anggaplah sebagai dorongan!

2. Seorang Rektor Kampus Filsafat Driyarkara pernah bilang kepada saya: "Kreasi dulu, baru rekreasi". Artinya kita gunakan kesempatan kita dahulu untuk belajar, kemudian boleh rekreasi. Hal ini bertujuan untuk menegur saya memanfaatkan waktu seefisien mungkin.

3. Jika memungkinkan anda bisa belajar berkelompok, karena saya yakin ada mahasiswa yang punya kemampuan terbatas, namun akan semakin yakin ketika belajar bersama. Saling berbagi dan memberikan ide.

4. Jika siang hari mengantuk, silahkan tidur atau jalan-jalan sebentar, dan gunakan malam hari sebagai saat serius untuk belajar.

5. Jika suasana rumah ribut dan susah untuk belajar. Gak usah stress! Pasang weker. Mulai tidurlah sore hari hingga pukul 12 malam. begitu weker berbunyi anda bangun dan belajar hingga pagi. Ingat: jangan sampe ingin tidur lagi karena akan berakibat telat datang ujian.

6.Banyak cukup minum air. kalo saya sendiri selalu teh hangat tawar! kedua, jangan lupa selalu minum vitamin yah! bukan green sand atau bir-bir yang dianggap sebagai vitamin tubuh anda. Jangan pernah tubuh anda di push dengan Extra Joss semacamnya, bahaya, dapat timbul sakit jantung dan terus berdebar!!!

7. Jangan asal mencontek isi buku diktat kecuali jika memang harus berisikan rumus-rumus eksakta.

8. Eksplorasi dan Kembangkan Jawaban Anda! PAsang idealisme dalam diri anda bahwa :"SAYA YAKIN SAYA BISA DAN TIDAK MENCONTEK!" Tulis semboyan ini di kamar anda atau kamar mandi anda.

Salam Sukses dan Jangan Lupa Berdoa untuk menenangkan hati Anda!

Post Top Ad