Tugas _02PC1

Tugas _02PC1

Nama : Ferina Wahyu Handayani, Agatha Ratih Christianti, Irviyani
Kelas : 02PC1
 
 
1.     Apa artinya kerja sebagai ibadah?
- Karena bekerja sebagai panggilan spiritual yang memerlukan kesadaran akan  seberapa baik atau mempunyai kondisi kita saat ini, Bertolak dari kesadaraan ini, kita terus menerus bekerja untk memperbaiki kondisi tersebut sebagai panggilan spiritual yang kita miliki. Kerja dapat dikatakan ibadah karena dengan bekerja kita akan mendapatkan oenghasilan dari jasa dari keringat kita sendiri, dengan hasil tersebut kita juga dapat membuat orang tua dan keluarga maupun orang di sekitar kita yang menudukung kita bahagia. Degan bekerja orang juga tidak ;upa untuk berdoa kepada Tuhan, bermeditasi dan lain lain.
 
2.     Jelaskan makna pernyataan "Pengendalian Diri"?
- Usaha untuk menahan diri agar kita tidak terjatuh lagi ke dalam godaan godaan duniawi yang menyesatka.
 
3.     Uraikan bentuk bentuk kerja sama antar agama?
 
4.     Jelaskan nilai nilai yang perlu di junjung tinggi dalam bekerja?
- Nilai kejujuran, tanggung jawab, kesopanan, disiplin.
 
5.     Jelaskan 3 godaan duniawi?
-       Godaan Materi : Setiap manusia ingin maju dan berkembang secara material dalam hidup ini. Disadari atau tidak, nafsu untuk membeli barang merupakan kekuatan yang sudah mengipnotis bayak orang.
-       Godaan Kuasa : Hal ini merupakan sesuatu hal yang melekat erat dalam kata "kekuasaan" itu karena kekuasaan memberi peluang bagi seseorang atau kelompok untuk memaksakan kehendak bagi orang lain.
-       Godaan Seks : Daya tarik seks inilah maka hubungan antara pria dan wanita menjadi menarik. Namun pesona keindahan seks manusia ini anyak sekali di salahgunakan sehingga keindahan seks akhirnya tercemari. Seks sebagai keindaan yang tercemari tampak dalam berbagai tindakan yang rendah seperti seks bebas, pemerkosaan, pelecehan seks, selingkuh, perzinahan yang memanipulasi seksual lainnya yang merusak makna seks yang sejati sebagai hubungan intim antar manusia yang bersifat personal, sejati dan suci.
 
 
6.     Sebutkan langkah konkret dalam kerja sama antar umat beragama?
 
 
 
 
 
 
 
7.     Jelaskan arti spiritualitas dalam kerja?
- Spiritual kerja merupakan gagasan integrative yang menyatukan dimensi spiritual dan dimensi fisik manusia dalam satu kesatuan hubungan atau korelasi ideal tak terpisahkan untuk mengembangkan manusia menuju pribadi yang bekerja secara spiritual, pribadi yang berpaksis dalam kesadaran rohani untuk menciptakan harmoni di dalam diri.
 
8.     Sebutkan maksud otonomi dalam kerja?
 
9.     Menurut kelompok, kenapa masih ada kelompok yang tidak menerima kehadiran toleransi beragama? apakah dialog antar umat beragam amasih efektif?
-       Menurut kelompok kami karena setiap kelompok mempunyai pandangan dan pradigma yang berbeda terhadap agama lain, dan menganggap agamanyanya paling dominan, dengan demikian hal-hal seperti ini akan mengakibatkan konflik antaragama. Sebaiknya kita sesame umat manusia mempunyai pikiran kalau kita hendaknya menyadaro bahwa umat beragama dan agama-agama lain adalah rekan-rekan seperjalanan menuju Tuhan, dan menjaga moralitas hidup yang baik. Sebenarnya dialoq antar umat beragama masih sangat efektif jika para umat agama dapat saling bertoleransi dan menerima satu sama lain. 

Post a Comment

0 Comments