Tugas CB 02 PC1

Tugas CB 02 PC1

Nama : Mega Janadi
Kelas : 02PC1

Spiritual Aspect Of Work
1. Apa artinya 'Kerja Sebagai Ibadah'?

- Menurut saya, arti dari 'Kerja Sebagai Ibadah' adalah suatu kegiatan, dimana kita menunjukkan apresiasi kita terhadap ciptaan Tuhan. Dengan bekerja, kita sudah turut menjaga, memelihara, dan melestarikan, serta tidak membuang-buang waktu dan energi yang diberikan oleh Tuhan dengan sia-sia.

2. Jelaskan nilai-nilai yang perlu dijunjung tinggi dalam bekerja?

 - Dalam bekerja, kita harus menjunjung tinggi nilai-nilai moral, seperti kejujuran, kerapian, tanggung jawab, keadilan, kebenaran, keharmonisan, kebaikan, kedamaian, dan nilai-nilai estetika lainnya dalam pribadi seorang pekerja yang baik.

3. Jelaskan 3 godaan duniawi!

 - Terdapat tiga godaan duniawi yang dapat menghancurkan etos kerja, antara lain harta (korupsi), seks (pelecehan seksual), dan tahta (penyalahgunaan kekuasaan).

4. The Wahid Institute bilang makin banyak kekerasan antar agama. Kenapa sih kasus konflik antar beragama makin banyak?

 - Karena tidak berkembangnya spiritualitas dalam diri manusia. Manusia sekarang lebih banyak mementingkan dan mengagungkan agamanya sendiri, dan menjelek-jelekkan agama lain. Padahal semua agama mengajarkan hal-hal yang baik tanpa unsur kekerasan. Tetapi, karena ego manusia yang ingin menjadi seorang pemimpin yang memiliki banyak pengikut (dalam hal ini termasuk godaan tahta), maka mereka pun melakukan kekerasan antar agama untuk menunjukkan agama siapa yang paling hebat sekaligus mengajak orang-orang untuk takut dan akhirnya masuk ke dalam agama mereka, serta memberantas orang-orang yang menentang tindakan mereka. Manusia-manusia seperti ini, sudah tidak ada spiritualisme dalam dirinya sehingga dia cuma menjalani dan menelan mentah-mentah apa yang dipelajarinya dari agamanya tersebut. 

P.S Mohon konfirmasinya kalau sudah diterima ya pak. Terima kasih :)

Post a Comment

0 Comments