Max Havelaar. - jurnal|lembu

#Gilainvest #Gilanonton

Search My Blog?

Post Top Ad

Max Havelaar.

Sebelumnya saya ingin mengoreksi kesalahan saya kemarin bahwa kemunculan buku Max Havelaar benar di tahun 1860 oleh Eduard Douwes Dekker.  Atas kritik dari Pemerintah Belanda, Politik Etis -1901-1906 (Balas Budi) Van Deventer mulai diberlakukan sebagai penghargaan Belanda kepada rakyat Indonesia. Sebuah etika balas budi, bahwa orang Indonesia berhak pula untuk mendapatkan pendidikan dan balas budi yang sepadan dengan jerih payahnya. Pemberlakuan politik etis ini pula dibarengi dengan kehadiran perusahaan-perusahaan swasta Belanda. Namun, faktanya penerapan politik Etis masih dimanfaatkan oleh Pemerintah Belanda di Indonesia.

Dalam perjalanan, Praktek Politik Etisnya menuai kritik oleh Tiga Serangkai. 25 Desember 1912, berdirilah sebuah partai politik pertama di Indonesia. Partai ini adalah partai yang secara terang-terangan memiliki tujuan untuk mencapai kemerdekaan bagi Indonesia. Ini adalah salah satu perwujudan dari adanya rasa nasionalisme anak-anak bangsa untuk menuntun ke arah kemerdekaan dan juga menggerakan bangsa agar sadar untuk bersatu demi kemerdekaan. Partai inilah yang mengawali politik anak bangsa meski salah satu pendirinya adalah Dr Douwes Dekker. Partai ini adalah Indische Partij. Indiche Partij adalah partai politik pertama di Hindia Belanda. Didirikan oleh tiga serangkai, yaitu Dr Ernest Douwes Dekker (Setiabudi), Tjipto Mangunkusumo dan Suwardi Suryaningrat. Karena dianggap pemberontak, Pemerintah Belanda mengasingkan mereka.

Konsep CSR baru gencar di tahun 1960. CSR menjadi bentuk lain untuk membina relasi dengan Konsumennya dalam jangka panjang. Selain itu, dengan CSR, Perusahaan memiliki etika bisnis yang tidak hanya berhenti pada penjualan, tetapi memiliki rasa tanggung jawab kepada pelayanan masyarakat.

BERIKUT Sejarah CSR

https://sites.google.com/site/myrefresing82/corporate-social-responsibility-csr

http://ngenyiz.blogspot.com/2009/02/csr-sekilas-sejarah-dan-konsep.html

 

Kesimpulan singkat:

Dalam dunia profesi, sejak penjajahan Belanda hingga tumbuhnya perusahaan besar di Indonesia, nampak jelas adanya konsep Tanggung Jawab Sosial.

 

Sejarah Lengkap Tanam Paksa dan Penyimpangan Politik Etis (Versi Lengkap)

http://www.banjoemas.com/2012/04/tanam-paksa-dan-politik-etis.html

 

Buku Max Havelaar ingin diajukan kepada PBB sebagai Warisan Dunia UNESCO.

http://historia.co.id/?d=929

 

Skandal Hindia Belanda di tahun 1860

http://www.entoen.nu/maxhavelaar/id


--
PETRUS HEPI WITONO 
Website - PERIPLUS.com 

Post Top Ad