Mengenal 4 mesin marketing dalam dunia online

Mengenal 4 mesin marketing dalam dunia online

#CerdasFinansial
Topik SEO, SEM, SMM, SMO seringkali dibicarakan, namun tidak banyak orang mengetahui definisi maupun cara pengerjaannya. Nah, LembuTambun akan mengulas keempat topik ini sebagai "mesin" marketing yang efektif dalam dunia online.


SEO
Google mendefinisikan (Search Engine Optimization) SEO sebagai berikut:
“Meningkatkan pengunjung sebuah website dari mesin pencari” – Online marketing vocabulary, Learn with Google. Terlihat seperti definisi yang sangat sederhana bukan! Tetapi mari kita jelaskan lebih lanjut tentang hal ini. Pada dasarnya, itu adalah proses meningkatkan visibilitas situs Anda untuk audiens online Anda melalui mesin pencari. Dengan kata lain, metode optimasi yang membantu meningkatkan kemampuan website Anda untuk dicatatkan pada halaman pertama atau kedua dari hasil pencarian organik.

Dalam bahasa yang sederhana, Anda ingin membuat konten yang unik, segar dan berkualitas untuk pengunjung website Anda dan kemudian Anda ingin membangun link berkualitas dari situs yang relevan ke konten yang spesifik yang telah Anda buat. Tentu saja, SEO melibatkan banyak pekerjaan dan ada banyak buku yang membahas tentang hal tersebut, tetapi jika Anda tetap berpegang pada aturan dasar penulisan konten dan link building berkualitas, maka Anda mengambil langkah yang tepat untuk meningkatkan pengunjung website Anda pada hasil pencarian organik.


SEM
Kadang-kadang Anda mendengar orang-orang menggunakan istilah SEO dan SEM secara bergantian dan meskipun kedua istilah ini mungkin pernah memiliki asal & makna yang sangat dekat, tetapi sekarang ini mereka berbeda satu sama lain. Mari kita lihat bagaimana Google mendefinisikan SEM (Search Engine Marketing)

Penggunaan iklan online pada halaman hasil mesin pencari untuk membantu pengunjung menemukan website Anda. SEM sering menggunakan sistem pay-per-click (PPC), dimana si pengiklan hanya akan dikenakan biaya ketika seseorang mengklik iklan mereka (juga disebut sebagai cost-per-click, atau CPC).” – Online marketing vocabulary, Learn with Google.

Seperti yang kita lihat, SEM melibatkan iklan berbayar seperti Adwords, iklan Bing, Yahoo dan metode lain dari iklan online. Proses ini melibatkan pembuatan kampanye dan pengukuran hasil kampaye. Anda menetapkan anggaran dan berharap akan cepat mengembalikan investasi. Ini juga merupakan cara tercepat agar website Anda muncul di halaman pertama hasil mesin pencari. Hasil ini muncul sebagai iklan yang disponsori di bagian atas atau samping hasil pencarian organik.


SMO
Jadi sekarang kita mengetahui apa itu SEO dan SEM, tapi apakah itu SMO? SMO singkatan Social Media Optimization.
“Sosial Media Optimization meningkatkan visibilitas profil social media Anda, aktivitas jejaring sosial Anda dan konten Anda yang dipublikasikan sehingga mudah ditemukan oleh orang yang mencari informasi yang berhubungan dengan konten Anda. Sosial Media Optimization membantu mengarahkan lalu lintas ke situs Web atau blog, membuat lebih mudah bagi orang lain untuk berbagi dengan lingkaran teman mereka, membangun komunitas di sekitar brand Anda dan membantu mesin pencari mengindeks profil social media Anda, aktifitas sosial dan posting blog menjadi lebih mudah” – anonim.

Intinya adalah, Anda harus membangun profil online melalui jaringan media sosial sehingga Anda dapat berbagi konten yang Anda buat di website atau blog Anda. Selain itu, Anda dapat  menambahkan tombol share social media untuk memungkinkan orang lain untuk dengan mudah berbagi konten Anda.

SMM
Mirip dengan SEM, SMM singkatan Social Media Marketing. Dan seperti yang Anda bisa tebak,  itu melibatkan iklan berbayar melalui jaringan media sosial. Jika Anda sudah familiar dengan iklan Facebook, maka itu merupakan SMM. Ini adalah proses menggunakan iklan berbayar untuk memperluas jangkauan pelanggan Anda dan meningkatkan eksposur merek Anda.

Sumber tulisan:
  1. http://www.mindreachconsulting.co.id/apa-itu-seo-sem-smm-smo/
  2. https://searchengineland.com/guide/what-is-seo
  3. https://en.wikipedia.org/wiki/Search_engine_optimization

Post a Comment

0 Comments