Istilah Corporate Action - #EdukasiInvestasi - jurnal|lembu

#Gilafilm #Gilainvestasi

Search This Blog

Post Top Ad

Istilah Corporate Action - #EdukasiInvestasi

Aksi korporasi atau Corporate Action adalah berbagai aktivitas yang dilakukan perusahaan publik (emiten) yang beruhubungan dengan saham emiten maupun aktivitas perusahaan untuk tujuan meningkatkan kinerja di masa depan. Corporate action sebetulnya berlaku untuk semua perusahaan. Tidak terbatas pada perusahaan publik. Tetapi corporate action yang dilakukan emiten selalu menjadi informasi yang selalu ditunggu investor pasar modal sebab corporate action seringkali merupakan tindakan yang berdampak positif bagi peningkatan kinerja perusahaan.

Peningkatan kinerja emiten tentunya akan menaikkan kinerja saham di bursa. Para investor umumnya akan melakukan pembelian saham-saham yang akan melakukan aksi korporasi saat harga saham masih dinilai rendah. Ketika aksi korporasi sudah terjadi dan harga saham naik, maka investor tentu akan meraup capital gain yang besar pula.

Beberapa macam aksi korporasi yang biasa dilakukan oleh emiten, seperti pemecahan saham (stock split), penggabungan saham (reverse stock), pembagian dividen, divestasi (pelepasan), atau penambahan modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) yang lazim disebut dengan RIGHT ISSUE.

 Penjabaran detail tentang berbagai macam aksi korporasi bisa anda dapatkan informasi resminya dari KSEI [http://web.ksei.co.id/services/corporate_action_services]


Post Top Ad