KASUS: GAJI PAS-PASAN DAN MENJADI TULANG PUNGGUNG KELUARGA.

Met siang Pak. Saya Tina (Bukan Nama sebenarnya). Saya mo menanyakan jg soal Reksadana yg bagus menurut bapak yg mana..?? Sejujurnya saya mo investasi tp tdk mampu Krn gaji saja cuma 2,5jt. Usia saya 42 tahun.


Dengan rincian. Insurance totalnya 1.220.000 (ini 5 insurance)
Unt org tua hanya bisa ksh 500.000. Unt Ade 500.000. Pulsa ortu 100.000. Pulsa pribadi hampir 200.000 (Krn kegiatan rohani semua memakai online).


Itu saja saya g bisa nabung dan belum unt makan dan keperluan lainnya pak. Kira2 kl boleh saya tau. Saya harus bagaimana pak..?? 

Krn g ada yg bisa saya kurangi/hapus dr pengeluarannya. Mksh pak. 

Makanya itu pa. saya bingung krn pengeluaran itu g bisa saya  kurangi.

saya sekarang cuma bisa jualan kecil2an tapi tetap Pak Saya butuh modal. 

jd msh gali lobang tutup lobang dulu saya mikir ikut insurance karna di keluarga saya dah ga ada yg di harapkan pak jd kl ada apa2 sama saya setidaknya dgn insurance bisa lah untuk bantu saya ikut insurance krn terpaksa manulife, axa ada 3 pak daichi panin iya. 

Saya tulang punggung keluarga. Saya belum menikah.

Gimana caranya saya bisa dapat tambahannya pak. 

maksud saya misalnya ikut apa gitu untuk investasi?

Jawaban: 

Terlebih mbak Tina, sadari dahulu bahwa anda sedang berhadapan sebagai generasi Sandwich: Bahwa anda membiayai hidup orang tua dan adik. Jadi anda berada dalam situasi terjepit sebagai tulang punggung keluarga. Saya memahami situasi anda karena saya pernah berada dalam keadaan yang sama. Apalagi Mbak Tina juga sudah usia 42 tahun. Seandainya kita boleh memutar kembali ke belakang, Mbak Tina pasti bisa berinvestasi. 

Pendapat pribadi saya demikian: Situasi Mbak Tina saat ini tidak akan mungkin bisa berinvestasi karena kondisi keuangannya Minus. Apalagi karena berada dalam situasi kecemasan, semua uangnya diinvestasikan untuk kesehatan dengan harapan bahwa nantinya akan di cover semua. Jika sungguh merasakan hal insecure tersebut, maka Mbak Tina wajib menaikkan pemasukan (dan kalau bisa jangan hanya anda saja yang berjuang untuk mendapatkan pemasukan). 

Opsi pertama, tips dari saya untuk menaikkan pemasukan ialah kenali potensi anda dahulu (temubakat.com), kenali peluang-peluang anda, dan anda wajib kerja lebih keras dan musti mendapatkan support dari adik. 

Temubakat.com bisa membantu membuka wawasan Mbak Tina untuk mengurangi kecemasan diri serta menemukan peluang-peluang baru.

Peluang selalu ada: Survei online dengan hape, pekerjaan online, jadi wanita gojek, buka usaha di tokopedia atau shopee, kerja apapun yang penting menghasilkan...

Ketika ada rejeki, langsung investasikan pada reksadana pasar uang melalui indopremier saja dan sudah dipilihkan, karena biayanya murah hanya Rp 100.000,- 

Opsi kedua dari saya, diantara investasi asuransi tersebut apakah ada yang bisa dikorbankan dan dialihkan menggunakan BPJS kesehatan atau menggunakan Kita Bisa Saling Jaga? Hal ini kiranya bisa membantu Mbak Tina untuk menyisakan dana untuk berinvestasi pada reksadana pasar uang.

Tips dari saya: Jangan memaksakan sesuatu melebihi kemampuan kita. investasikan dana secara tepat.   

Semoga membantu.

 



 



Post a Comment

0 Comments