Contoh Soal Pendidikan Karakter Kewarganegaraan 6 Juni 2021 - jurnal|lembu

Post Top Ad

Contoh Soal Pendidikan Karakter Kewarganegaraan 6 Juni 2021

1.Jelaskanlah kearifan lokal untuk menjujung tinggi harkat dan martabat manusia!

2.Jelaskanlah kelebihan dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika bagi kehidupan bangsa Indonesia! Dengan adanya semboyan Bhinneka Tunggal Ika, kita sebagai bangsa Indonesia yang terdiri atas suku, ras, agama, dan budaya yang berbeda-beda dapat saling bergotong-royong dalam membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk menghasilkan negara yang kaya akan persatuan, melawan permasalahan rasisme yang terjadi, menolong sesama tanpa melihat latar belakang budaya, serta saling menghargai adanya perbedaan didalam kehidupan bermasyarakat.

3.Jelaskanlah relevansi kepada kehidupan manusia dari ajaran bahwa Tuhan itu maha pengasih dan penyayang!

4.Jelaskan pelaksanaan demokrasi pada periode orde lama di Indonesia 

5.Apa yang dimaksud dengan Pancasila sebagai ideologi negara dan bagaimana implementasi ideologi Pancasila dalam pembuatan kebijakan negara dibidang, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, dan Pertahanan Keamanan di Indonesia?

6.Hak-Hak Asasi Manusia tidak bersifat mutlak (tak terbatas). Jelaskanlah hal-hal yang dapat membatasi hak-hak asasi manusia! Adanya kekerasan yang menyangkut primordial dilatar belakangi oleh agama, etnis, dan ras, dan banyaknya pengangguran merupakan hal-hal yang dapat membatasi hak-hak asasi manusia. Contoh kekerasan yang dilatar belakangi oleh agama, etnis, dan ras adalah saat di Amerika orang-orang berkulit putih menyerang hingga membunuh orang-orang Asia yang tinggal di Amerika karena dianggap sebagai penyebab adanya virus Coron, hal tersebut sangat melanggar hak asasi manusia karena melanggar hak untuk hidup dan hak untuk tidak diperlakukan semena-mena. Salah satu alasan mengapa banyak pengangguran karena masih ada yang tidak tamat sekolah sehingga membuat mereka kehilangan hak untuk mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak, maka pemerintah seharusnya mengajak dan mengayomi orang-orang yang menganggur untuk diberikan pelatihan kerja sesuai dengan kualifikasi yang diingkan sehingga mereka mendapatkan pekerjaan.

7.Demokasi Pancasila yang kita jalanin dapat menjadi contoh bagi negara lain dalam berdemokrasi. Apa yang dapat Anda lihat dari sistem demokrasi yang berlangsung di Indonesia saat ini! Berikan penjelasan Anda! Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi mengizinkan warga negara berpartisipasi—baik secara langsung atau melalui perwakilan—dalam perumusan, pengembangan, dan pembuatan hukum.

8.Melihat realita perilaku masyarakat Indonesia, menurut Anda apakah diperlukan pendidikan Karakter? Kepada siapa pendidikan tersebut ditujukan menurut Anda? Berikan pandangan Anda! Pendidikan karakter atau penguatan pendidikan karakter merupakan sebuah usaha dalam melakukan edukasi kepada seluruh lapisan masyarakat agar memiliki watak dan kepribadian yang lebih baik, bermoral, berakhlak, dan memiliki efek yang positif dalam bermasyarakat. pendidikan karakter sendiri memiliki fungsi untuk mengembangkan potensi seseorang agar menjadi pribadi yang mulia, bermoral, tanggung, berprilaku baik dan toleran. Pendidikan karakter sangat diperlukan banget dalam masyarakat kita yang majemuk dan multikultur. soalnya kita punya warisan budaya yang terus menerus diturunkan dari kedua orang kita. Pendidikan karakter berbicara soal pembentukan karakter agar bisa membantu setiap pribadi menemukan jati dirinya sendiri.

9. Apa perbedaan Monokulturalisme, Pluralisme, dan Multikulturalisme? 

10.Jelaskanlah pengertian hak-hak asasi manusia dan berikanlah 5 contoh hak-hak asasi manusia yang Anda ketahui!

11.Jelaskan tujuan sila kedua Kemanusiaan yang Adil dan Beradab!

12.Jelaskanlah kearifan lokal untuk menjujung tinggi harkat dan martabat manusia!

13.Indonesia dikenal sebagai bangsa dengan multi religious. Analisa pandangan anda mengenai makna dan bentuk dialog antara penganut agama dalam kaitannya dengan fenomena multi religus tersebut!

14.Bagaimanakah implementasi Pancasila dalam pembuatan kebijakan negara? Jelaskan!

15.Jabarkan apa yang dimaksud dengan budaya dan kebudayaan! Jabarkan pengertian dan manfaat interaksi antarbudaya! Budaya : merupakan cara hidup seseorang yang dimiliki bersama oleh sekelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Kebudayaan : bentuk hasil dari karya cipta dari manusia yang mencakup bidang hukum, agama dan keyakinan. Interaksi antarbudaya : meruapakan suatu kegiatan antara dua orang atau lebih dimana kebiasaan/ kesenian dan budaya yang menjadi hal utama. Manfaat interaksi budaya : menyatakan identitas diri, menambah pengetahuan akan budaya orang lain, meningkatkan hubungan dengan orang lain dan menjadi penghubung antar budaya

16.Masuknya berbagai macam budaya dari luar Indonesia sangat memengaruhi Budaya Bangsa. Apa yang perlu kita sikapi dengan banyaknya budaya luar yang masuk dan meminimalis pemahaman budaya Bangsa sendiri? Berikan penjelasan Anda!  

17.Apa makna Keadilan Sosial? Tidak ada perbedaan hukum terhadap orang kaya dengan orang yang tidak mampu. Pemerintah tidak bisa pilih-pilih dalam membantu masyarakat. Dimana pun, kapan pun, dan siapa pun jika kita membutuhkan bantuan dari pemerintah atau lembaga-lembaga negara, mereka tidak bisa pilih-pilih. Karena selama orang tersebut adalah WNI, mereka perlu mendapatkan hak-hak yang seharusnya sebagai warga negara. 

18.Jelaskan mengapa Pancasila menjadi dasar ideology Negara Indonesia di tengah ideology yang ada dan berkembang di dunia saat ini!

19.Uraikan peran nilai-nilai Pancasila dalam pengembangan Iptek!

20. Jelaskan hakikat HAM di Indonesia! HAM merupakan sebuah alat untuk menjaga keselamatan eksistensi kehidupan bermasyarakat, bersifat seimbang antara perseorangan atau dengan kepentingan umum. HAM menjadi alat dan pengingat kepada setiap orang untuk menjaga setiap perilakunya. Karena HAM ditujukkan untuk semua orang, tanpa memandang bulu. Siapapun harus menghormati setiap hak-hak orang lain, sesuai dengan peraturan yang berlaku. Di Indonesia peraturan HAM tertulis dalam Undang-undang no 39 tahun 1999. Dengan adanya peraturan tersebut diharapkan setiap orang bisa memperhatikan perilakunya, supaya tidak melanggar hak orang lain.

Ada disebutkan bahwa beberapa contoh HAM adalah hak untuk hidup, hak memperoleh keturunan, hak berpendapat, dan lain-lainnya masih banyak lagi yang perlu kita pelajari. Dengan adanya HAM ini dan peraturannya, diharapkan dalam sebuah negara bisa menjujung tinggi kedamaian antar orang.

21. Apa perbedaannya: Budaya dan Kebudayaan?

22. Uraikan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai sumber pendidikan karakter! 

23. Bagaimanakah asumsi dasar dari sila ke 2 : Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dalam menjaga relasi antarmanuisa? Jelaskan!

 

PROGRAM REKRUT BATCH 2 DARI TELKOM!

PODCAST - DETIK FINANCE

Post Top Ad