BBRI BARU AJA KASIH RIGHT ISSUE UNTUK BELI SAHAM MURAH!

BBRI BARU AJA KASIH RIGHT ISSUE UNTUK BELI SAHAM MURAH!

Right issue merupakan hak untuk memesan saham baru yang akan dikeluarkan oleh emiten. Rights ini diberikan cuma-cuma dan diprioritaskan kepada pemegang saham biasa untuk memesan saham baru.
Istilah yang perlu diketahui seputar rights issue:
  1. Persetujuan pemegang saham. Rights issue dilakukan atas dasar persetujuan rapat umum pemegang saham. Setelah mendapatkan persetujuan, emiten harus menawarkan saham barunya tersebut kepada kepada pemilik saham lama terlebih dahulu, sesuai dengan proporsi kepemilikannya (preemptive rights).

  2. Tujuan. Pada umumnya tujuan rights issue adalah untuk menghimpun dana segar yang akan digunakan untuk ekspansi usaha, membayar pinjaman, atau untuk modal kerja. Beberapa tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan porsi kepemilikan pemegang saham, atau untuk meningkatkan jumlah saham beredar sehingga lebih likuid perdagangannya.

  3. Penjamin emisi, menjamin dana hasil rights issue diterima oleh emiten.

  4. Standby buyer, adalah investor yang siap membeli saham baru yang tidak terjual. Standby buyer bisa berasal dari pemegang saham lama ataupun investor lain.

  5. Harga. Umumnya harga rights issue lebih rendah dari harga pasar, hal ini sebagai insentif bagi pemegang saham lama. Namun sebetulnya, harga per-saham dari total saham yang dimiliki investor, tidak menjadi serendah harga rights issue. Pemilik saham harus melakukan penyesuaian harga dengan menambahkan nilai saham lamanya dengan nilai saham baru, dan kemudian dibagi dengan total jumlah saham. Harga penyesuaian akan menunjukkan harga pasar yang terdilusi. Itulah sebabnya mengapa rights issue ditawarkan kepada pemegang saham lama terlebih dahulu.

  6. Cum dan Ex-date. Rights issue akan ditawarkan kepada investor yang tercatat dalam Daftar Pemegang Saham (DPS) pada waktu yang telah ditentukan. Artinya investor yang membeli saham pada waktu tersebut, berhak untuk membeli saham (cum rights). Sementara itu, investor yang memiliki saham diluar waktu tersebut, tidak akan mendapatkan hak membeli saham (ex-rights), dan hak atas rights menjadi milik penjual.

  7. Bentuk lain rights issue:

    1. Saham bonus, saham yang dibagikan secara cuma-cuma kepada pemilik saham lama.
    2. Stock Dividend. Pembagian keuntungan emiten kepada investor dalam bentuk saham.
    3. Stock split, memecah jumlah saham yang berakibat juga pada pemecahan harga per-saham.
    4. Waran: suatu hak bagi investor yang memilikinya, untuk membeli saham pada harga dan pada waktu yang telah ditentukan, umumnya 3-5 tahun ke depan

     

    Sumber:

    1. https://www.sahammurah.com/2021/07/cara-membeli-saham-right-issue-di-ipot-atau-indopremier.html
    2. https://www.youtube.com/watch?v=vdRlr2TdjTc
    3. http://www.ipotindonesia.com/ipot_new/ipot/manual/index_content.php?url=exercise.htm
    4. https://www.indopremier.com/ipotplan/pages/knowledge/knowledge-01.php?page=right_issue 

     


     

Post a Comment

0 Comments