LATIHAN CB PANCASILA 2017

LATIHAN CB PANCASILA 2017

Question: Jelaskan peran Pancasila khususnya Sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan Permusyawaratan/Perwakilan dalam pengembangan IPTEK di Indonesia!

Question: Sila ke 2 "Kemanusiaan yang Adil dan Beradab" mengarahkan kita untuk memperlakukan sesama manusia dengan adil dan beradab, memanusiakan manusia. Menurut pendapatmu, bagaimana sikap kita dalam menjalin hubungan dengan sesama manusia berdasarkan nilai-nilai sila ke 2 tersebut?

Answer

- Memperlakukan sesama manusia sesuai dengan martabatnya sebagai salah satu ciptaan Tuhan Yang Maha Esa

- Mengakui persamaan derajat, persamaan hak serta HAM dan kewajiban setiap manusia tanpa memandang ras, suku, budaya, agama, jenis kelamin, bahkan kedudukan sosial. 

- Memiliki rasa cinta dan menyayangi sesama manusia

- Menjunjung nilai-nilai kemanusian 

- Memiliki sifat saling menghormati

 

Question: Hak-Hak Asasi Manusia tidak bersifat mutlak (tak terbatas). Jelaskanlah hal-hal yang dapat membatasi hak-hak asasi manusia!

Answer

Hal hal yang dapat membatasi hak-hak asasi manusia salah satunya adalah karena adanya kepentingan/keperluan Nasional. Contohnya adalah seperti pandemi saat ini, pemerintah sedikit membatasi HAM warganya karena adanya pandemi. Membatasi kebebasan berkumpul, membatasi warganya dalam mencari nafkah dll. 

 
 

Question: Jabarkan pengertian multikulturalisme dan perbedaannya dengan monisme dan pluralisme!

Answer

Multikulturalisme adalah sebuah pandangan tentang keberagaman budaya kehidupan di dunia dan menekankan pada penerimaan/pengakuan terhadap keberagaman budaya. Multikulturalisme disini hanya mengakui saja bahwa keberagaman budaya itu ada dan itu baik, tapi tidak mempelajari budaya lain

Perbedaannya dengan monoisme dan pluralisme
Monoisme adalah suatu pandangan bahwa hanya ada 1 budaya yang paling benar, serta tidak menganggap multikulturalisme bahkan mempelajari budaya lain seperti pluralisme

Pluralisme adalah sebuah pandangan yang juga mengakui bahwa perbedaan budaya itu adalah baik dan menerimanya, tapi pluralisme dimaksudkan juga bahwa budaya lain tersebut juga dipelajari. Budaya lain ini dipelajari/didalami salah satu gunanya adalah untuk menghindari konflik yang dikhawatirkan bisa timbul.

 
 

Question: Bagaimana cara Anda untuk mengatasi hoaks dan ujaran kebencian SARA yang dapat merusak interaksi antar budaya di Indonesia?

Answer

Hoaks dan ujaran kebencian SARA semakin marak di era sistem informasi yang saat ini sudah sangat berkembang, tentu ini dapat merusak interaksi antar budaya di Indonesia. Cara saya untuk mengatasinya setidaknya untuk pribadi dan keluarga terdekat adalah membudayakan literasi untuk memilah berita/informasi bukan hanya dari satu sumber saja serta memerika apakah sumber ini memang terpercaya atau tidak. Serta untuk mengatasi ujaran kebencian SARA adalah menanamkan sikap/sifat saling menghargai dan menghormati orang lain, salah satunya adalah privasi. Apa yang menjadi urusan privasi seseorang haruslah diberi kebebasan untuk tidak dicampuri oleh orang lain atau bahkan dikomentari orang lain. Ujaran kebencian SARA ini bisa sangat menyakiti dan membebani orang lain yang membaca/mendengarnya dan dampaknya bisa sampai ke mental orang tersebut. Jadi dengan rasa menghargai dan menghormati orang lain diharapkan ujaran kebencian SARA ini dapat diatasi

 

Question: Menurut Anda mengapa ideologi Pancasila dianggap cocok bagi bangsa Indonesia?

Answer

Ideologi Pancasila dianggap cocok bagi bangsa Indonesia karena bangsa Indonesia adalah bangsa yang terdiri dari berbagai suku, ras, bahasa dan agama. Perlu adanya dasar negara yang kuat untuk ini, dasar negara itu tertuang dalam 5 sila Pancasila. Dalam Pancasila terdapat harmoni tentang kehidupan beragama dan berbudaya yang menjadi kekuatan bangsa. Terdapat juga tentang bagaimana masyarakat sebagai manusia haruslah bersifat adil dan beradab. Menjelaskan bagaimana sistem di Indonesia yang demokrasi, bersatu dan tidak terpecah belah. Karena ideologi Pancasila inilah kita diharapkan oleh pendiri bangsa ini akan menjadi bangsa yang kuat dan hebat suatu saat nanti. 

 

Question: Jelaskan tantangan interaksi antarbudaya di Indonesia!

Answer

seperti yang kita ketahui indonesia merupakan negara multikulturalisme yang mempunyai banyak ragam budaya dari setiap daerah dan suku. tentunya adanya tantangan dari beraneka ragam kebudayaannya dari mulai pemahaman setiap budaya atau perlunya beradaptasi dengan budaya budaya baru yang misalnya kita baru pindah rumah dari yang mayoritas orang orangnya suku sunda ke daerah yang mayoritas orang orangnya suku jawa, tentunya adanya perbedaan budaya dan bahasa yang di gunakan, maka dari itu perlu pemahaman dan adaptasi untuk memahami interaksi antar budaya dan untuk berkomunikasi antar budaya.

 Question: Sebutkan nilai-nilai Pancasila sila ke-1 yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan dan dampaknya bagi kehidupan jika nilai-nilai tersebut diterapkan?
 

Question: Jelaskanlah pengertian hak-hak asasi manusia dan berikanlah 5 contoh hak-hak asasi manusia yang Anda ketahui!

Answer

hak asasi manusia adalah hak yang menjadi prioritas mutlak dalam masyarakat nasional maupun internasional

yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan manusia bnaik dalam arti material maupun non material

 

contoh hak asasi manusia

- hak asasi politik: hak untuk di akui sebagai warga negara yang sederajat, hak ikut serta dalam pemerintahan, hak memilih dan dipilih dalam pemilu

- hak asasi sosial dan budaya: hak untuk memilih pendidikan, hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan

- hak untuk mendapatkan perlakuan yang sama dimata hukum

- hak asasi ekonomi: hak memiliku sesuatu, hak menjual dan membeli sesuatu

- hak asasi pribadi: hak mengemukakan pendapat, hak bebas memeluk agama yang di percayai

 

Question: Uraikan peran nilai-nilai Pancasila dalam pengembangan Iptek!

Answer

bahwa setiap iptek yang di kembangkan di Indonesia haruslah tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila.

nilai nilai pancasila berperan sebagai rambu normatif bagi pengembangan iptek di Indonesia, artinya mampu mengendalikan iptek agar tidak keluar dari cara berpikir dan cara bertindak bangsa Indonesia.

perkembangan pengetahuan dan teknologi di era globalisasi saat ini menghadirkan banyak tantangan bagi masyarakat Indonesia seperti kapitalisme, pragmatisme, dan konsumerisme. oleh karena itu semua ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang tidak bertentangan dengan nilai nilai pancasila dan mengakar dalam budaya dan ideologi pancasila. ilmu pengetahuan juga bertujuan untuk kemajuan umat manusia dan di pandu oleh nilai nilai etika yang didasarkan pada nilai kemanusiaan. dengan demikian ilmu pengetahauan dan teknologi merupakan elemen yang menyeragamkan budaya, meyatukan masyarakat dan membuat antar manusia saling berkomunikasi.

 

Question: Sila ke 2 "Kemanusiaan yang Adil dan Beradab" mengarahkan kita untuk memperlakukan sesama manusia dengan adil dan beradab, memanusiakan manusia. Menurut pendapatmu, bagaimana sikap kita dalam menjalin hubungan dengan sesama manusia berdasarkan nilai-nilai sila ke 2 tersebut?

Answer

Sikap yang harus kita jalanin dengan sesama berdasarkan nilai sila ke 2 yaitu memperlakukan setiap derajat manusia itu secara adil tanpa membeda bedakan ras, suku, budaya maupun agama itu sendiri pada dasarnya Indonesia ini sendiri merupakan negara kepulauan yang memiliki beraneka ragam budaya sebagaimana mestinya kita memperlakukan budaya yang berbeda dengan kita secara adil tanpa adanya mengolok-olokan budaya yang lain , menghormati dan kagum terhadap semua budaya di Indonesia.

Manusia itu sendiri merupakan derajat yang sama dimata penciptaNya sehingga tidak ada nya perlakukan yang beda terhadap manusia yang memiliki kekuasaan dan tidak memiliki kekuasaan. Contoh dasarnya pemerintah yang memiliki kekuasaan memperlakukan masyarakat atau rakyat kecil secara beradab tanpa adanya pemerasan ataupun perlakukan kasar. Dua kata pada sila kedua yaitu adil dan beradab sangatlah penting kita terapkan ke kehidupan kita setiap manusia di Indonesia ini. Terimakasih

 

Question: Jelaskan makna Keadilan yang dimaksud dalam sila ke 5 "Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia"?

Answer

Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, memiliki makna yang sangat penting terhadap negara kita Indonesia dikarenakan Indonesia itu sendiri merupakan negara kepulauan yang memiliki beraneka ragam budaya, suku dan agama sehingga adanya Mayoritas dan Minioritas. Masyarakat Indonesia tanpa terkecuali harus diperlakukan adil dalam segala aspek kehidupannya sehingga tidak ada nya timbul keretakan dan kecemburuan terhadap masyarakat yang lain. Mayoritas agama di Indonesia ialah agama Islam tentu nya dalam aspek keadilan sangatlah berpengaruh terhadap agama yang minioritas contohnya diperlakukan adil dalam melakukan ibadah tanpa adanya gangguan sehingga terjadi kenyamanan agama minioritas itu sendiri. Keadilan sosial kesemua masyarakat Indonesia sangatlah penting dilakukan sehingga Indonesia tetap utuh dan satu membangun negara ini dan tidak terjadi keretakan dan kehancuran sosial keseluruh penjuru masyarakat dari sabang sampai merauke.

Sila Kelima  memiliki simbol padi dan kapas melambangkan dua kebutuhan utama yang harus dimiliki serta dipenuhi manusia agar bertahan hidup sehingga simbol itu merupakan pedoman buat kita untuk saling menguatkan dan membangun negara kita agar tetap hidup dan maju.

 

Question: Jelaskanlah kelebihan dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika bagi kehidupan bangsa Indonesia!

Answer

Bhinneka Tunggal Ika merupakan arti dari kalimat 'berbeda beda tetapi tetap satu jua'  yang memiliki makna keragaman budaya , suku dan agama terjadi di negara kita Indonesia, kelebihan semboyan kalimat tersebut sangatlah penting untuk seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap satu kesatuan, tidak adanya pemecah bela dan bersama membangun Indonesia untuk lebih maju. Kalimat itu jika seandainya tidak tercipta akan banyak terjadi keretakan dan keributan dikarenakan perbedaan budaya, suku dan agama yang memiliki pendapat dan keyakinan yang berbeda beda sehingga kalimat itu mempunyai kelebihan yang sangat kuat tumbuh lahir didalam tubuh kita seluruh rakyat Indonesia untuk tidak membedakan bedakan dan menghancurkan perbedaan yang ada di Indonesia tetapi saling membangun menjadi negara yang kokoh dan maju. Sesuai perkataan dari Mantan Presiden kita Ir. Soekarno bahwa perjuangan dia dalam melawan penjajah bukanlah apa apa dibandingkan kita seluruh rakyat Indonesia untuk tetap mempertahankan perbedaan di negara kita Indonesia.Terimakasih

 

Question: Menurut Anda mengapa ideologi Pancasila dianggap cocok bagi bangsa Indonesia?

Answer

Ideologi pancasila sebagai dasar filsafat serta ideologi bangsa dan negara Indonesia bukan terbentuk secara dibuat buat atau otoditak serta bukan hanya diciptakan oleh seseorang tetapi pancasila dirumuskan oleh  banyak orang dan sangat bersejarah dalam kemerdekaan Indonesia. Ideologi pancasila tumbuh dan lahir di tubuh kita sebagai rakyat Indonesia agar tetap berpegang teguh atas kelima Sila tercantum pada Pancasila. 

 

Question: Jelaskan ciri-ciri dari Demokrasi Pancasila dan mengapa Demokrasi Pancasila tepat diterapkan di Indonesia?

Answer

Ciri demokrasi pancasila sesuai dengan sila ke-4 pancasila, yaitu :

1. keputusan yang diambil berdasarkan suara rakyat

2. kedaulatan ada ditangan rakyat

3. Adanya kebebasan berdasarkan kepentingan bersama 

4. Permusyawaratan

5. Hikmat kebijaksanaan

Demokrasi Indonesia adalah demokrasi musyawarah mufakat, demokrasi ini sudah ada sejak dulu kala. hal ini sesuai dengan ciri demokrasi pancasila yang memiliki ciri sebagaimana telah disebutkan diatas...

 

Question: Bagaimana cara Anda untuk mengatasi hoaks dan ujaran kebencian SARA yang dapat merusak interaksi antar budaya di Indonesia?

Answer

Cara saya mengatasi hoaks dan ajuran kebencian SARA yaitu dengan menunjukan kualitas diri kita dikehidupan sehari - hari ataupun di dunia maya. Kemudahan yang ditawarkan pada jaman sekarang membuat kita/saya kesusahan untuk mengatasi penyebaran hoaks dan ajuran kebencian SARA, kita tidak bisa mengatur orang dan kita tidak bisa menutup mulut atau telinga bahkan menghentikan tangan tangan orang yang gemar sekali menyebar hoaks dan ujaran kebencian, lebih baik kita menunjukan kualitas diri kita sehingga orang orang disekitar kita ataupun followers kita di Internet menilai kita dan melihat kita. Saya percaya bahwa saya tidak bisa mengubah orang tapi bisa jadi orang berubah karena melihat saya.

Beberapa hal kecil yang bisa lakukan kita yaitu :
1. memposting edukasi tentang perbedaan yang ada
    Hal ini dilakukan agar orang orang bisa lebih open minded, untuk mengerti terkadang kita membutuhkan sudut pandang yang berbeda

2. harus bisa menjadi pendengar yang baik untuk korban - korban SARA
    Hal ini dilakukan setidaknya menciptakan suasana lebih tenang untuk korban karena tidak semuanya kasus hoaks ataupun ajuran kebencian adalah kasus besar adakalanya kasus - kasus kecil seperti ledekan teman, dll. Jika kita bisa menjadi pendengar, kita juga bisa memberi pendapat dan berdiskusi sehingga satu sama lain bisa lebih mengerti dan lebih menghargai.

3. memberi edukasi tentang memastikan keaslian sebuah berita
     Hal ini dilakukan kepada orang tua dan anak - anak kecil. jaman sekarang anak anak kecil sudah memiliki smartphone dan kebebasan akses internet. Mereka masih belum mengerti tentang keaslian atau dampak dari menyebarkan berita yang belum tentu benar, oleh karena itu perlu diedukasi. sedangkan untuk para orang tua, sering kali terlalu keras kepala dan beberapa close minded. Hal ini memberikan prilaku/edukasi yang berbeda antara anak anak dan orang tua. edukasi diberikan dengan tidak melupakan nilai nilai moral yang berlaku.

 

Question: Jelaskan hakikat multikulturalisme!

Answer

Hakikat multikulturisme merupakan menerima dan menghormati adanya perbedaan pada setiap aspek kehidupan. Multikulturisme memiliki konsep pandangan terhadap perbedaan yang ada pada kehidupan ataupun kebijakan yang menekankan terhadap adanya penerimaan keberagaman yang ada pada realitas kehidupan, perbedaan yang ada meliputi nilai nilai sosial, budaya,adat,kebiasaan, politik.

Question:

Masuknya berbagai macam budaya dari luar Indonesia sangat memengaruhi Budaya Bangsa. Apa yang perlu kita sikapi dengan banyaknya budaya luar yang masuk dan meminimalis pemahaman budaya Bangsa sendiri? Berikan penjelasan Anda!

Answer

Yang perlu kita sikapi yaitu tetap  teguh pada sifat dan skiap nasionalisme sesuai dengan ideologi pancasila. Kita sebagai bangsa Indonesia yang sangat banyak unsur kebudayaan dari sabang sampai merauke harus tetap menomor satukan ciri khas budaya kita. Namun kita pun harus selalu belajar dengan kemajuan teknologi untuk menambah wawasan agar masyarakat Indonesia semakin cerdas. Tidak  dipungkiri semakin maju zaman maka ada unsur kebudayaan luar singgah di Indonesia. Kita sebagai warga negara yang baik harus menerima interaksi budaya dengan luar juga karena setiap negara pasti ada kerjasamanya entah bidang maritim, ekonomi, iptek, wawasan kebudayaan dan sebagainya. Tidak bisa acuh dengan hal seperti ini, warga Indonesia memiliki kekayaan budaya yang melimpah harus bangga dengan negeri sendiri bukan berarti kita cuek dengan kemajuan di dunia karena kita harus tetap mengimbangi agar tidak  tertinggal zaman.

Question: Jelaskan peran Pancasila khususnya Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dalam pengembangan IPTEK di Indonesia!

Answer

Peran Pancasila dalam pengembangan IPTEK yaitu memberikan dasar-dasar moralitas bahwa manusia dalam mengembangkan IPTEK haruslah bersifat beradab karena menyebabkan dampak yang signifikan pada setiap aspek kehidupan  manusia. IPTEK tersebar sampai ke Indonesia tentunya mengandung berbagai macam nilai dari negara pengembangnya. Nilai tersebut terkadang mengandung nilai negatif dan kadang berbenturan dengan nilai-nilai bangsa Indonesia maka dari itu peran Pancasila sangat wajib dihadirkan di dalam perkembangan IPTEK di Indonesia. Oleh karena itu pengembangan IPTEK harus didasarkan pada hakikat dengan tujuan kesejahteraan manusia bukan untuk kesombongan dan keserahkahan manusia namun harus diabadikan demi peningkatan harkatd an martabat manusia. Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab ini menekankan bahwa dalam pengembangan IPTEK harus dengan cara-cara berperilaku kemanusiaan dan tidak merugikan manusia individual maupun yang akan datang agar bisa menyejahterakan manusia. Dengan hadirnya IPTEK di Indonesia ini diharapkan juga dapat membuat masyarakat menambah kecerdasan dalam perilaku  maupun  cara berpikirnya agar membuat karakter yg lebih kuat tanpa harus menghilangkan ciri khas unsur kebudayaan, kearifan lokal, maupun hak asasi manusia dan selalu menghargai satu sama lain. Masyarakat harus selalu menanamkan peran pancasila di dalam semua aspek kehidupannya agar tidak terjerumus dari hal yang tidak dinginkan. 

 

Question: Jelaskanlah kelebihan dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika bagi kehidupan bangsa Indonesia!

Answer

Semboyan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara memiliki fungsi mendasar bagi dilaksanakannya kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam suatu kedaulatan NKRI. Bhineka Tunggal Ika adalah bangsa yang tidak memihak pada kebudayaan, suku, ras, agama ataupun bahasa tertentu melainkan mempersatukan semuanya menjadi kekuatan bangsa Indonesia. Keaneka ragaman tersebut bukanlah perbedaan yang bertentangan namun justru keanekaragaman itu bersatu dalam satu sintesa yg pada gilirannya justru memperkaya sifat dan makna persatuan Indonesia. Dalam praktek tumbuh dan berkembangnya persatuan suatu bangsa/nasionalisme . Tidak dipungkiri semboyan Bhineka Tunggal Ika ini muncul dengan adanya sejarah Indonesia yang begitu luas dan kaya akan perbedaan dari sabang sampai merauke untuk selalu mengingatkan kita bahwa kita ini satu saudara, satu tanah air, satu darah ibu pertiwi jadi janganlah kita berkelahi apa lagi sampai ada pertumpahan darah. Bangsa yang kuat adalah bangsa yang mencintai sejarahnya dan m enjaga sikap nasionalisme terhadap negaranya sendiri. 

 

Question: Jelaskan makna dari sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa!

Answer

Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang memiliki 5 butir sila dan setiap sila mengandung nilai-nilai penting dalam  kehidupan. Sila pertama merupakan Ketuhanan Yang Maha Esa. Nilai yang terkandung dalam sila pertama yaitu Indonesia menyatakan kepercayaan dan Ketaqwaan nya terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Memiliki jiwa yang religius, dalam artian meyakini bahwa adanya Tuhan. Negara Indonesia memberikan kebebasan kepada seluruh masyarakat untuk memeluk agamanya masing-masing serta beribadah menurut agama dan kepercayaannya tidak ada unsur paksaan dalam beragama. Saling menghormati dan menghargai  agar terciptanya pola hidup untuk selalu damai dan menjaga lingkungan yang baik antar umat beragama untuk mencegah dan menjauhi sikap ketidakadilan atau membeda-bedakan pada ajaran agama lain meski bertentangan dengan keyakinan yang dimilikinya.

Question: Jelaskan asumsi-asumsi dasar hasil pengkristalan sila ke-2 Pancasila!

Answer

Pengkristalan sila ke-2 Pancasila yaitu "Kemanusiaan yang adil dan beradab" adalah praktek dalam kehidupan sehari-hari dengan bersikap adil terhadap sesama, dan memiliki adab atau etika. Misalnya adab dan etika didalam bermedia sosial, dengan memberi komentar yang sopan, tidak dengan sengaja menghasut untuk membenci seseorang atau tokoh politik, mencemarkan nama baik, adu domba, dan lain sebagainya. Bersikap adil terhadap sesama manusia tidak memandang ras, golongan, dan suku. Contohnya adalah pembagian gaji karyawan sesuai dengan jabatan dan kontribusinya, penerimaan karyawan baru tanpa melihat warna kulit, dan sebagainya.

 

Question: Uraikan makna Tuhan dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa!

Answer

Makna Tuhan adalah meyakini bahwa ada suatu kekuatan yang menempati posisi paling atas, paling tinggi, diatas manusia. Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa berarti percaya bahwa Tuhan hanya ada satu. Tidak ada tuhan pertama, tuhan kedua, dan seterusnya. Percaya bahwa kita selalu dalam pantauan dan perlindungan Nya, setiap perbuatan dan gerak gerik yang kita lakukan tidak luput dari pantauan Nya. Tuhan tau apa yang kita lakukan. Setiap perbuatan baik ataupun buruk akan ada balasan. Semua hal yang terjadi dimuka bumi ini sebenarnya adalah karena kehendakNya dan hal yang kita alami tidak akan pernah terjadi tanpa izin dari Nya.

Question: Uraikan makna demokrasi Pancasila!

Answer

Demokrasi pancasila merupakan sebuah demokrasi yang dilandaskan oleh sila ke-4. Nilai-nilai demokrasi senidir yaitu 

1. Demokrasi ketuhanan yang berkebudayaan

2. Demokrasi yang bersifat kemanusiaan

3. Demokrasi persatuan

4. Demokrasi kemusyawaratan 

5. Demokrais keadilan

Makna demokrasi sendiri ialah sebagai dasar hidup dalam bermasyrakat, berbangsa dan juga bernegara. Dalam arti kehidupan masyarakat sebuah keputusan dan permasalahan dalam kehiduapn nya adalah rakyat sendiri yang menentukannya. Dimana rakyat memegang kekuasaan tertinggi dalam pemerintahan dan mereka juga mempunyai hak-hak yang sama dalam mengatur seluruh kebijakan pemerintahan karena dalam demokrasi sendiri terdapat uatu sistem pemerintahan dimana semua masyrakat mempunyai hak berkonstribusi. 

Question: Hak-Hak Asasi Manusia tidak bersifat mutlak (tak terbatas). Jelaskanlah hal-hal yang dapat membatasi hak-hak asasi manusia!

Answer

Hak asasi manusia tidak ada batasnya, karena hak asasi yang bersifat umum, public dan juga universal dimana hak tersebut dimiliki oleh setiap manusia dan berlaku dimana saja. Ada beberapa hal-hal yangmungkin dapat membatasi hak-hak masnuai diantaranya adalah ;

1. Keterbatasan kemampuan pengetahun masyrakat dalam bentuk pelanggaran hak asasi manusia

2. Masih rendahnya kesadaran dan sebuah keberanian masyarakat untuk melaporkan pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi pada dirinya atau mungkin orang lain. 

3. Ketidakadilan dalam sebuah keputusan pengadilan yang belum tuntas sehingga masih banyak pertanyaan yang masih tidak terjawab dengan jelas oleh hakim itu sendiri. 

Dalam hal membatasi hak-hak manusia sendiri dilakukan untuk kepentingan bersama yaitu dalam menciptakan ketertiban umum sehingga juga dapat berfungsi sebagai keamanan masyarakat dalam melakukan hak berpendapat. 

 

Question: Uraikan makna Tuhan dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa!

Answer

Di Indonesia, kita diberi kebebasan untuk beragama dan menentukan pilihan agama yang ingin kita anut. Setiap agama yang diakui oleh indonesia, mempercayai bahwa Tuhan itu Esa atau satu. Oleh karena nya, makna Tuhan dan berima kepada Tuhan Yang Maha Esa adalah meyakini bahwa setiap warga negara harus mempercayai Tuhan sesuai dengan agama yang ia anut. Karena hal ini dapat menciptakan perimbangan antara yang rasional dan irasional antara rasa dan akal. Hal ini akan menempatkan manusia untuk tetap tidak merasa besar atau sombong. Kita harus tetap mengingat akan sifat luhur dari Tuhan.

Question: Uraikan peran nilai-nilai Pancasila dalam pengembangan Iptek!

Answer

- Pancasila menjadi peran untuk mengembangkan Iptek yang adil dimana semua masyarakat dapat menggunakannya di berbagai daerah.

- Pancasila menjadi peran untuk mengembangkan Iptek yang memiliki manfaat untuk rakyat banyak dan mebantu semua lapisan golongan masyarakat.

- Pancasila menjadi peran untuk mengembangkan Iptek yang tidak mengandung SARA dan dapat dipertanggungjawabkan.

- Pancasila menjadi peran untuk mengembangkan Iptek yang dapat mempersatukan rakyat Indonesia, dimana Iptek tidak boleh menjadi sumber perpecahan rakyat akibat berita Hoax dan sebagainya.

- Pancasila menjadi peran untuk mengembangkan Iptek yang dapat menimbulkan gotong royong di masyarakat. Contohnya: Munculnya aplikasi kitabisa.com

 

Question: Uraikan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai sumber pendidikan karakter!

Answer

Pancasila dirumuskan dari nilai-nilai luhur yang sudah berkembang dan hidup dalam budaya Indonesia. Mengandung nilai-nilai Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Demokrasi dan Keadilan. Tentu nilai-nilai Pancasila penting untuk digunakan sebagai sumber pendidikan karakter di Indonesia sehingga masyarakat Indonesia dapat mempertahankan jati dirinya dan tidak tergurus oleh budaya-budaya asing yang memiliki dampak negatif.

- Nilai Ketuhanan mengajarkan untuk bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan kepercayaan masing-masing, tidak memaksakan kepercayaan agama kepada orang lain dan toleransi antar umat agama. Dengan menghayati, menjalankan dan melestarikan nilai ini karakter kejujuran, hidup rukun antar agaman dalam negara dapat terwujud.

- Nilai Kemanusiaan mengajarkan untuk menjaga hak dan kewajiban setiap manusia, setiap manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan, hak asasi manusia. Dengan nilai kemanusiaan ini akan timbul karakter yang saling menyayangi antar sesama, tidak melakukan diskriminasi dan tidak membedakan budaya-budaya di Indonesia.

- Nilai Persatuan mengajarkan untuk mencintai tanah air, mementingkan kepentingan bersama dibandingkan kepentingan individu. Dengan nilai persatuan ini timbul karakter untuk mencintai produk-produk dalam negeri, menjaga persatuan, tidak melakukan penyebaran Hoax yang menimbulkan perpecahan serta tidak mudah tergerus oleh budaya-budaya asing yang membawa kenegatifan.

- Nilai Demokrasi mengajarkan untuk mengutamakan musyawarah untuk mencapai mufakat, kedaulatan berada ditangan rakyat. Dengan nilai demokrasi ini khusunya untuk Pemerintah menimbulkan rasa tanggung jawab sebagai pemimpin rakyat, yang harus peduli dan mementingkan rakyat. Selain itu akan timbul karakter untuk menghargai pendapat, menggunakan musyawarah untuk menyelesaikan permasalahan kelompok ataupun nasional.

- Nilai Keadilan mengajarkan untuk bersikap adil terhadap sesama manusia dan makhluk ciptaan Tuhan lainnya. Dengan nilai keadilan ini akan terwujud karakter gotong royong, cinta alam, peduli terhadap sesama dengan memberikan bantuan pertolongan dan hidup sederhana.

Question: Bagaimana cara Anda untuk mengatasi hoaks dan ujaran kebencian SARA yang dapat merusak interaksi antar budaya di Indonesia?

Answer

- Mencari tahu terlebih dahulu kebenaran dari berita-berita dari sumber-sumber yang terpecaya.

- Tidak membagikan berita atau informasi yang tidak memiliki sumber yang benar dan terpercaya.

- Menghargai perbedaan dan menjunjung nilai toleransi terhadap keanekaragaman budaya, agama, ras, suku di Indonesia.

- Tidak mengadu domba baik melalui media sosial ataupun ucapan langsung.

- Tidak ikut-ikutan untuk mengutarakan kebencian.

- Mengajak dan menyuarakan akan keanekaragaman budaya, agama, ras, suku di Indonesia bukanlah sesuatu yang negatif justru menjadi ciri khas di Indonesia dan menimbulkan rasa menghormati dan menghargai keanekaragaman tersebut.

 uestion:

Perbedaan yang sangat jelas di Indonesia menunjukkan bahwa kita sangat Multikultur. Apa yang perlu kita lakukan untuk menerima perbedaan tersebut tanpa harus melanggar berbagai macam hal yang terjadi?

Answer

menurut saya, sikap kita dalam menanggapi indonesia yang sangat multiculture adalah selalu memiliki tenggang rasa satu sama lain, menghormati dan toleran atas segala multi culture yang kita miliki. dan yang terpenting adalah memahami bahwasannya nilai agama, budaya dan sosial antara satu tempat dan tempat yang lain itu berbeda, sehingga kita harus senantiasa toleran dan menghargai satu sama lain.

 

Question: Uraikan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai sumber pendidikan karakter!

Answer

Nilai-Nilai Luhur Pancasila sebagai sumber Pendidikan Karakter:

1. Pancasila merupakan nilai dasar pendidikan karakter bangsa Indonesia, baik dalam pendidikan yang dilakukan secara:

  • Formal, seperti Sekolah Dasar, Sekolah Menegah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, dan Perkuliahan.
  • In-formal, Kursus Menjahit, Kursus Salon, Kursus Masak, Bootcamp, dll.
  • Non-formal, seperti Les Sekolah Tambahan, Les Private

2. Pancasila membantu mendidik/membangun karakter/kepribadian/kesadaran setiap anak sekolah siswa-i dan mahasiswa-i,

Karakter atau kepribadian yang dimaksud adalah tingkah laku, tindakan, respon/tanggapan siswa/i dan mahasiswa dalam bertemu/membantu orang yang lebih tua, orangtua, saudara, teman sebaya/sepermainan, usia yang lebih muda, membantu mengajarkan apa yang harus dilakukan saat menghadapi situasi/permasalahan yang ada yang terjadi di lingkungan sekitar

3. Pancasila membantu pola pikir siswa-i dan mahasiswa-i baik dalam pendidikan

Membantu siswa-i dan mahasiswa/i membentuk pola pikir yang matang sesuai dengan usia mereka, jika anak usia sekolah dasar akan diajak/bantu berpikir sesuai dengan usianya dalam mengemban tanggungjawab, bermain, mencari tahu, dan menyelesaikan masalah yang dihadapinya, dan seorang mahasiswa diajak/dibantu berpikir sesuai dengan usianya saat melaksanakan tanggungjawab, menyelesaikan masalah yang dihadapinya

4. Pancasila membantu mengajarkan apa saja nilai-nilai yang harus kita pegang/ kita junjung dalam menjalani kehidupan berkeluarga, bertemena, bermasyarakat

 

Question: Sebutkan nilai-nilai Pancasila sila ke-1 yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan dan dampaknya bagi kehidupan jika nilai-nilai tersebut diterapkan?

Answer

Sila Pertama Pancasila: Ketuhanan Yang Maha Esa

Nilai Ketuhahan Yang Maha Esa merupakan nilai yang sangat luhur dan mulia. Kita meyakini dan mengimani bahwa Tuhan adalah Esa dan Eka yang merupakan pencipta kita dan pencipta alam semesta.

Dalam nilai ketuhanan kita diajarkan moral, kebaikan, kasih, yang dapat kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari,.

Seperti kita tidak melakukan perbuatan yang salah(mencuri barang orang lain), tetapi kita melakukan perbuatan yang benar(menolong yang membutuhkan pertolong), misalnya kita membantu ibu melakukan pekerjaan rumah, membantu adik belajar, membantu ayah, ataupun membantu orang yang memang memerlukan bantuan. 

Kita diajarkan untuk saling mengasihi satu sama lain, apabila ada yang menyetiki hat kita, kita diajarkan untuk mengampuni/memaafkan mereka.

Tidak mengejek/membully teman dan tidak menyiksa binatang juga merupakan contoh perbuatan dari nilai ketuhanan, karena orang lain dan binatang yang ada dibumi merupakan ciptaan Tuhan, yang mana jika kita tidak menghargai ciptaannya sama artinya dengan kita tidak menghargai penciptanya.

Jika kita menerapkan nilai-nilai ini dalam kehidupkan kita kita akan mendapatkan kehidupan yang aman dan damai sejahtera, tidak akan terjadi pertengkaran atau pertikaian karena kesalahan/kesalahpaham antar yang satu dengan yang lain.

Question:

Perbedaan yang sangat jelas di Indonesia menunjukkan bahwa kita sangat Multikultur. Apa yang perlu kita lakukan untuk menerima perbedaan tersebut tanpa harus melanggar berbagai macam hal yang terjadi?

Answer

Multikultur di Indonesia merupakan sebuah anugerah dan rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa. Beberapa hal yang harus kita lakukan dalam menerima perbedaan adalah dengan saling menghargai ditengah perbedaan-perbedaan yang ada di Indonesia. Melihat sebuah perbedaan, keunikan dan ciri khas dalam diri masing-masing sebagai sebuah hal yang baik dan positif. Hidup berdampingan meski berbeda budaya, agama, suku dan ras dengan saling membantu sesama jika ada yang kesulitan tanpa membeda-bedakan. Multikulturalisme perlu dihayati dan dilestarikan agar terciptanya persatuan dan kesatuan di Indonesia kita tercinta.

 

Question: Sila ke 2 "Kemanusiaan yang Adil dan Beradab" mengarahkan kita untuk memperlakukan sesama manusia dengan adil dan beradab, memanusiakan manusia. Menurut pendapatmu, bagaimana sikap kita dalam menjalin hubungan dengan sesama manusia berdasarkan nilai-nilai sila ke 2 tersebut?

Answer

Beberapa prinsip yang dapat kita gunakan dan dilakukan untuk menjalin hubungan dengan sesama manusia berdasarkan nilai-nilai sila ke 2 pada keadilan dan keberadaban :

1. Adil dan beradab dengan sama rata

Yaitu kita dapat menggunakan prinsip membagi sama rata. Contoh sikap dan penerapannya adalah seperti membagi satu potongan kue besar menjadi sama rata ukurannya dengan jumlah dan ukuran yang sama sesuai dengan 

2. Adil dan beradab sesuai dengan hak nya

Yaitu adalah dengan memberikan sesuai dengan haknya. Contohnya adalah dalam memberikan pelayanan kamar sesuai dengan kelas pada Kartu BPJS Kesehatan. Peserta BPJS Kesehatan yang memiliki Kelas I berhak untuk diberikan ruangan/kelas rawat pada Kelas I (yang biasanya terisi dari 1 atau 2 orang pasien dalam satu kamar) namun tetap mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan yang sama dengan peserta Kelas II dan Kelas III.

3. Adil dan beradab sesuai dengan kebutuhannya

Kita dapat memberikan sesuai dengan kebutuhan orang tersebut. Contohnya adalah pemberian porsi makanan, Tentu antara Orang Dewasa, Remaja, dan Anak-anak memiliki prorsi yang berbeda. Orang dewasa dapat diberikan porsi cukup untuk menjaga kesehatan, anak remaja dapat diberikan porsi lebih banyak untuk menunjang masa pertumbuhannya, dan anak kecil dapat diberi porsi lebih sedikit karena kebutuhan energi anak kecil belum sebanyak anak remaja.

Question:

Bagaimana Anda memaknai Tuhan dalam keyakinan Anda masing-masing?

Answer

Sebagai seorang Muslim yang Beragama Islam, saya memaknai Tuhan Allah Subhanahuwata'ala sebagai suatu entitas yang satu dan hanya satu-satunya, tidak beranak dan tidak diperanakan, tidak berupa/tidak sama dengan apapun yang ada di dunia maupun alam semesta, dan tidak makan dan pula tidak tidur.

Tuhan dengan segala ke Maha-an-Nya adalah satu-satunya yang layak untuk disembah, wajib dituruti segala perintahnya, dan wajib dijauhi larangannya yang mana aturan-aturan tersebut disampaikan melalui para utusannya yaitu para Nabi dan Rasul dan disempurnakan melalui kitab suci bernama Al-Quran oleh Muhammad Salallahu 'Alaihi Wasallam.

Semua unsur yang ada di alam semesta ini berasal dari Tuhan sehingga apabila kita dapat merasakan dan meyakini, bahwa sejatinya tuhan lebih dekat dari urat nadi kita. Oleh karena itu setiap tindakan yang akan dilakukan sejatinya adalah tindakan yang baik, bernilai, dan bermoral karena setiap tindakan dilakukan atas nama Tuhan (tindakan dengan niat ibadah).

Oleh karena itu, tidak heran ketika para pendiri bangsa kita menempatkan sila kesatu sebagai Ketuhanan Yang Maha Esa, yang memiliki makna bahwa kita memaknai dan menjalani kehidupan atas nama Tuhan Yang Maha Esa (Satu).

 

Question: Jabarkan apa yang dimaksud dengan budaya dan kebudayaan! Jabarkan pengertian dan manfaat interaksi antarbudaya!

Answer

- Budaya adalah hasil buah pikir manusia dan menjadi bagian dari identitas diri manusia tersebut.

- Kebudayaan adalah ciri khas yang menjadi identitas diri beserta nilai-nilai budayanya dan diakui manusia lain sebagai bentuk keberagaman.

- Interaksi antarbudaya adalah aktivitas dari hubungan antara orang-orang yang memiliki kebudayaan dan tentunya memiliki latar belakang yang beragam bahkan mencapai beda wilayah. Manfaat interaksi antarbudaya, interaksi antar budaya dapat membuat pemilik yang berbudaya bisa saling mengerti adanya perbedaan yang harus dihormati melalui komunikasi dan aktivitas lainnya, membangkitkan rasa empati dan simpati dari hasil interaksi yang baik, dan mengerti bahwa lingkungan yang memiliki beragam kebudayaan sejatinya perlu didasari dengan rasa kepedulian dan mengesampingkan kepentingan pribadi dan golongan serta menjunjung kepentingan bersama.

Question:

Bentuk aplikasi apa yang Anda lakukan terkait nilai-nila Sila Kedua Pancasila yaitu Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab!

Answer

Bentuk aplikasi yang dapat dilakukan terkait nilai-nilai sila kedua pancasila adalah:

1. menjunjung tinggi rasa berprikemanusiaan dalam melakukan aktivitas, contohnya membantu memberikan bantuan tanpa pamrih dan berdasarkan kerendahan hati, bahwa setiap kebaikan yang ditanam, dapat menuai kebaikan pula.

2. berlaku adil kepada semua, menghargai berdasarkan usaha yang telah dilakukan, berlaku adil bukan berarti menyamaratakan tetapi diganjarkan sesuai dengan haknya, contohnya menolong kawan yang juga telah menolong kita saat kesusahan sebagai wujud keadilan, atau memberikan hadiah balas jasa sesuai dengan haknya tanpa dikurang-kurangi.

3. dalam berkomunikasi atau berinteraksi selalu menyertakan adab yang baik, contohnya dalam berperilaku dikehidupan sehari-hari, baik itu kepada orang yang memiliki kedudukan tinggi maupun orang biasa, tua maupun muda, saat ada kepentingan maupun tidak.

 

Question: Uraikan peran nilai-nilai Pancasila dalam pengembangan Iptek!

Answer

Nilai-nilai pancasila dalam pengembangan iptek :

1. Pengembangan Iptek harus bermanfaat bagi masyarakat 

2. Pengembangan Iptek harus memberikan dampak positif bagi perekonomian indonesia dan bisa membuka lapangan pekerjaan sehingga dapat mensejahterakan rakyat indonesia.

3. pengembangan iptek harus dapat mempersatukan bangsa indonesia, misalnya dengan media sosial dan komunikasi seluler seluruh orang dapat berkomunikasi tanpa mengenal jarak dan waktu

4. pengembangan iptek harus memberikan keadilan bagi masyarakat indonesia, misalnya dengan pemerataan internet sehingga seluruh masyarakat indonesia dapat mengakses informasi dengan mudah

 

Question: Jelaskan asumsi-asumsi dasar hasil pengkristalan sila ke-2 Pancasila!

Answer

Sila kedua pancasila berbunyi "kemanusiaan yang adil dan beradab". Dalam kalimat tersebut dapat diartikan bahwa seluruh rakyat Indonesia berhak untuk mendapatkan perlakuan yang adil. Misalnya dalam hukum, tanpa memandang status sosial ekonomi atau hal lain, setiap orang berhak untuk mendapatkan perlakuan yang adil dalam hukum. Selain itu juga terdapat kata beradab yang berarti sesuai dengan norma-norma yang berlaku. Seperti halnya pengadilan yang memberikan putusan hukum sesuai dengan aturan yang ada, bukan berdasarkan subjektifitas. Contoh lain dalam penerapan sila kedua yaitu saat mengantri. Yang datang terlebih dahulu akan dilayani terlebih dahulu sesuai dengan nilai adil dan tidak menyalip antrian sesuai dengan nilai beradab. Contoh lain yaitu pemberian sumbangan dari pemerintah untuk masyarakat miskin dan kurang mampu (sesuai kriteria yang ditentukan), bukan untuk masyarakat yang kaya raya.

 

Post a Comment

0 Comments