KALAU KITA SUDAH GAJIAN.

KALAU KITA SUDAH GAJIAN.

“Risk comes from not knowing what you're doing”
― Warren Buffett

 

Salam Pendidikan Karakter Keuangan,

Rekan-rekan muda sudah gajian kan? Kalau belum gajian tidak masalah.

Seperti biasa, di area tanggal – tanggal gajian, gw akan memotivasi anda untuk mengatur keuangan anda.

Para karyawan biasa menerima gajian sekitar tanggal 25 hingga 30 setiap bulannya. Nah, pada situasi tersebut sebaiknya kita harus memperhatikan beberapa hal penting agar keuangan kita setiap bulan tidak boncos guys!!!

  1. Jangan suka bikin utang jika tidak diperlukan. Namun, jika memiliki tanggung jawab untuk membantu melunasi hutang, anda wajib melunasinya hingga selesai. Tentunya dengan mempertimbangkan biaya kehidupan anda sehari-hari guys!
  2. Gaji jangan langsung dipakai untuk jajan guys. Wah bahaya. Sebaiknya utk cicilan dan investasi langsung disisihkan dibandingkan langsung dihabiskan untuk happy-happy. Gw biasanya langsung bagi porsinya: 20% langsung investasi, 30% buat sisihkan cadangan dan 50% dipakai untuk kebutuhan sehari-hari. Dari pengalaman pribadi, saya sarankan sebaiknya dimasukkan kedalam reksadana pasar uang setiap bulannya.
  3. Selain menabung, jangan lupa untuk melakukan investasi, tapi sebaiknya selalu lah konsultasi pada orang yang bisa dipercaya. Aku sih ngusulin carilah mentor yang baik. Teliti dalam mencari mentor. Gak semua orang yang ahli soal investasi adalah mentor yang cocok dengan anda. Carilah terus, belajarlah terus.

 

Salam Cerdas Finansial,

Pemerhati Karakter Keuangan

 

 

 

 

Post a Comment

0 Comments