Relevansi sila kedua Pancasila dalam konteks dengan negara-negara lain.

Relevansi sila kedua Pancasila dalam konteks dengan negara-negara lain.

Relevansi sila kedua Pancasila dalam konteks relasi antara sesama warga negara Indonesia terlihat dari adanya
1. Sikap toleransi pada umat beragama 
seperti yang kita tahu di indonesia telah di akui 6 agama resmi dan tentunya setiap umat beragama harus memiliki sikap toleransi yang tinggi terhadap umat beragama yang lain karena ada nya perbedaan tata cara beribadah. Salah satu sikap toleransi yang terlihat jelas adalah Masjid Istiqlal dengan Gereja Caterdral yang saling bahu membahu dalam setiap kegiatan atau acara peribadahaan nya mereka.
2. Tidak membeda-bedakan suku, agama, ras, antargolongan (SARA)
di Indonesia terdiri dari berbagai macam suku dan budaya dan  sebgai masyarakat Indonesia harus saling menjaga sikap untuk tidak membedakan satu sama lain 
3. Memperlakukan manusia sebagaimana ciptaan Tuhan, sudah bukan rahasia lagi jika Penduduk Indonesia dikenal sebagai penduduk yang ramah hal ini karena sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab sudah di terapkan kepada kita dari sejak kita kecil.

Relevansi sila kedua Pancasila dalam konteks dengan negara-negara lain.
1. Konteks ekonomi
Indoensia telah mengirimkan banyak tenaga kerja ke berbagai negara-negara lain namum tidak jarang indonesia menutup kerjasama untuk mengirimkan tenaga kerja karena ada nya kasus penganiayaan yang terjadi di negara tersebut, tentu hal ini sangat berkaitan pada sila ke dua Pancasila yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Meskipun tenaga kerja ini menjadi pahlawan devisa untuk negara akan tetapi jika sudah melewati batas nya negara bertindak dengan sangat tepat.
2. Politik
Seperti yang di ketahui Indonesia tidak mendukung peperangan dan hal ini terbukti dari kunjungan Presiden Indonesia ke-7 yaitu Bapak Ir. Joko Widodo ke Rusia dan Ukraina. Hal ini di lakukan oleh Indonesia agar peperangan dapat segera berakhir karena dalam situasi perang maka akan banyak sekali korban dan tentunya sangat bertentangan dengan sila ke -2 Pancasila. Dan juga Indonesia menganut politik Non-Block.
3. Sosial
Indonesia merupakan negara yang sangat konsisten dalam hal membela Palestina dan bahkan Indonesia memiliki Rumah Sakit di Palestina untuk korban perang di wilayah tersebut. Tentu Indonesia tidak mendukung adanya peperangan tetapi ini bentuk bantuan sosial yang dapat di berikan Indonesia.
4. Budaya

 Di Indonesia tidak ada budaya negara-negara tertentu yang di larang asalkan budaya tersebut tidak melanggar aturan atau norma-norma yang sudah ada sebelum nya. Hal ini terlihat pada beberapa pekan yang lalu ada nya event-event Halloween yang ada, padahal di Indonesia tidak mengenal budaya seperti itu tetapi juga tidak dilarang karena tidak ada pelanggaran hukum yang terjadi.

Post a Comment

0 Comments