TATA MEYONG!

TATA MEYONG!

Manusia dinobatkan sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, karena ia dianugerahi akal dan pikiran yang mulia. Selain itu manusia juga diberi harkat dan martabat oleh Yang Maha Kuasa. Oleh karena itu manusia perlu menghargai harkat dan martabat sesamanya. Adapun beberapa sikap yang bisa dilakukan untuk menghargai harkat dan martabat sesama antara lain sebagai berikut

1. Memahami satu sama lain

Kita perlu memahami setiap individu dari berbagai latar belakang. Karena setiap orang memiliki ciri khas dan kepribadian tersendiri. Oleh karena itu kita perlu memahami mereka dan menjaga perilaku kita agar tidak menyakiti atau menyinggung orang lain.

2. Menghormati sesama

Tidak ada alasan untuk membeda-bedakan tiap individu. Siapapun wajib untuk menghormati dan berhak dihormati. Tidak ada pembedaan kasta, kelas sosial, atau jabatan tertentu. 

3. Berperilaku sopan dan bertutur kata yang baik

Dengan berperilaku yang sopan dan bertutur kata yang baik maka secara langsung kita sudah menghormati harkat dan martabat orang lain. Hal ini dilakukan agar kita pun menjaga harkat dan martabat kita sendiri dengan berbuat kebaikan.

Post a Comment

0 Comments