Keadilan Sosial Dengan Kesadaran Membayar Pajak

Keadilan Sosial Dengan Kesadaran Membayar Pajak

Bagaimana hubungan antara kesadaran membayar pajak dengan perwujudan keadilan sosial?

Keadilan sosial selalu bersifat struktural yakni berkaitan dengan kewajiban negara secara struktural mendistribusikan keadilan kepada seluruh rakyat Indonesia.Namun,kewajiban distributif ini tidak berdiri sendiri.Negara menciptakan sebuah kondisi di mana warga negara dapat membangun dan mengembangkan usaha-usaha ekonominya.Namun tentu saja,tidak semua warga negara memiliki potensi yang sama untuk mengembangkan dirinya.Ada sekelompok warga negara dapat mengembangkan dirinya.Ada sekelompok yang lainnya tidak dapat mengembangkan diri.Tentu dalam hal ini masyarakat yang dapat menikmati kondisi untuk mengembangkan diri membayar pajak lebih kepada negara,lalu kemudian negara mendistribusikan lagi pajak tersebut melalui pembangunan yang dapat dinikmati oleh seluruh warga dan penduduk negara sehingga terwujudlah keadilan sosial karena kesadaran membayar pajak.

 

Bagaimana Pancasila dapat dijadikan sebagai dasar etis dalam menghadapai tantangan persoalan etis dalam kemajuan IPTEK seperti pada kasus pembobolan data masyarakat Indonesia yang saat ini sedang marak menjadi pembicaraan di media sosial?

Kemajuan ilmu dan teknologi (iptek) adalah suatu yang tidak dapat di hindari, karena akan datang dengan sendirinya mengikuti perkembangan jaman seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan. kemajuan iptek yang sangat pesan  menjadikan peradaban manusia pun berkembang dengan cepat. kita sebagai manusia atau warga negara yang baik, harus menjaga, merawat, dan memberdayakan sarana teknologi informasi berbasis pancasila serta menanamkan nilai nilai pancasila itu sendiri, dan memahami dan menghayati nillai nilai pancasila itu agar semua yang kita lakukan khusus nya dalam menggunajakan dan memanfaatkan iptek itu sendiri, tidak melenceng dan merugikan oranng lain. secara khusus hak intelektual seseorang serta privasi masing masing pengguna iptek itu sendiri. karena segala sesuatu yang kita lakukan sekrang akan berdampak di masa yang akan datang.

 



Post a Comment

0 Comments