THE LAUNDROMAT (2019) : Skandal Panama Papers

THE LAUNDROMAT (2019) : Skandal Panama Papers

Ellen Martin (Meryl Streep), seorang janda yang tinggal di Panama City, Florida, mengalami kebingungan saat polis asuransi menolak klaimnya atas kecelakaan fatal suaminya. Penolakan ini memicu rasa penasaran Ellen dan mendorongnya untuk menyelidiki lebih lanjut.

Penyelidikan Ellen membawanya ke Jürgen Mossack (Gary Oldman) dan Ramón Fonseca (Antonio Banderas), dua pengacara Panama yang menjalankan firma Mossack Fonseca. Firma ini terkenal karena menyediakan layanan offshore untuk membantu orang kaya dan kuat menyembunyikan kekayaan mereka dan menghindari pajak.

Ellen menemukan bahwa suaminya, tanpa sepengetahuannya, memiliki perusahaan cangkang di Panama yang didirikan oleh Mossack Fonseca. Hal ini membuka tabir tentang jaringan korupsi dan pencucian uang global yang melibatkan politisi, pengusaha, dan selebriti terkenal.

Film ini menggunakan narasi yang dinamis dan humor satir untuk menceritakan kisah yang kompleks tentang skandal Panama Papers. Diiringi oleh karakter fiksi Ellen, film ini memberikan gambaran nyata tentang dampak skandal tersebut terhadap individu dan masyarakat.

Film bertema skandal keuangan yang pertama adalah The Laundromat. Film ini merupakan sebuah film bergenre drama komedi biografi Amerika Serikat tahun 2019 garapan Steven Soderbergh. Film ini didasarkan pada skandal Panama Papers. 

Skandal terkenal ini merupakan skandal dokumen rahasia yang berisi kumpulan 11,5 juta dokumen yang dibuat oleh penyedia jasa perusahaan asal Panama, Mossack Fonseca.  Dokumen ini berisi informasi rinci mengenai lebih dari 214 ribu perusahaan luar negeri, lengkap dengan identitas pemegang saham dan direkturnya. https://www.idxchannel.com/ecotainment/6-film-tentang-skandal-keuangan-tontonan-seru-dan-mencerdaskan

 

Post a Comment

0 Comments