Kasus Intoleransi Agama di Indonesia masih belum sejajar dengan gerak Indonesia yg katanya Bhinneka Tunggal Ika.

Kasus Intoleransi Agama di Indonesia masih belum sejajar dengan gerak Indonesia yg katanya Bhinneka Tunggal Ika. Kasus intoleransi agama di  Indonesia selalu terjadi setiap tahun. Ada sekitar 245 kasus yang terjadi di Indonesia selama tahun 2013. Saya bingung mengapa setiap tahun angka konflik antar umat beragama terus melonjak. Kedamaian dan persaudaraan sejati dalam iklim persaudaraan sepertinya tidak pernah sukses di Indonesia. Saya mungkin terlalu pesimis yah! Eksistensi bangsa kita yang katanya plural,diversitas, menerima keanekaragaman, ternyata terasa tidak sejalan dengan apa yang dihadapi.

Anda harus baca ketiga referensi dari website dibawah ini:

1.      http://www.wahidinstitute.org/wi-id/images/upload/dokumen/laporan_kbb_2013_wi.pdf

2.      http://www.wahidinstitute.org/wi-id/berita-dan-opini/opini/212-pejabat-intoleran.html

3.      http://www.wahidinstitute.org/wi-id/berita-dan-opini/berita/216-pbb-beri-rapor-merah-soal-toleransi-di-indonesia-.html

Pertanyaannya:

1.      Apa garis besar yang bisa kamu petik dari ketiga website itu? Ringkas dan buat pernyataan pendapat anda dalam beberapa kalimat.

2.      Dari ketiga bacaan tersebut, apakah anda bisa menemui alasan-alasan yang menyebabkan banyak masyakarat Indonesia berkonflik?

3.      Menurutmu sebagai bagian dari orang Indonesia, tolong berikan tips tips ke saya apa yang harus dilakukan untuk membekali masyakarat Indonesia agar memiliki kemampuan beradaptasi dalam mengelola perbedaan agama? Apakah harus kuliah character building? Apakah harus dialog? Apakah harus ada oikumene semua agama?

Post a Comment

0 Comments