tugas _02paw - jurnal|lembu

#Gilafilm #Gilainvestasi

Search My Blog?

Post Top Ad

tugas _02paw

Nama kelompok : William Koferi(1701333121), Novita Veronica(1701346345), Adityo Maulana(1701335165)

Kelas : 02PAW

Jurusan : hubungan internasional

Soal :

1.      Jelaskan makna pernyataan "Pengendalian diri" ?  

Makna kata pengendalian diri adalah usaha untuk menahan diri agar kita tidak jatuh lagi kedalam hal-hal yang negatif atau hal-hal yang menyesatkan. Mengendalikan diri artinya juga berusaha untuk menekan dan mengatasi kecendrungan instingif kita yang berpotensi merusak perkembangan diri kita menuju kebaikan sebagai makhluk spiritual. Dalam mengendalikan diri itu merupakan bentuk tanggung jawab etis-spiritual terhadapa tuhan,  dengan berusaha terus menerus kita mau berikhtiar mencapai satu taraf penghayatan kualitas spiritualitas yang lebih tinggi dah lebih baik.

2.      Uraikan bentuk-bentuk kerjasama antar agama ?

-perbaikan moral: dari pemimpin tokoh-tokoh agama negeri ini maupun lembaga atau institusi agama seperti departemen agama dsb dituntut untuk bisa menjadi nabi-nabi, guru dan imam pada zaman ini, yag menyeruakan kehendak Allah, bagi kebaikan, perdamaian, kebahagiaan dan keselamatan umat manusia.

-penegakan keadilan: disini peran dari kerjasama antar agama sangat diperlukan. Di berbagai sektor kehidupan manusia kerap kali diperlakukan sangat lah tidak adil, baik itu individu atau kelompok (suku, etnis, daerah, wilayah, gender, agama, status, dan sebagainya). Diskriminasi dalam dalam berbagai bentuk dan cara, berlangsung di berbagai sektor kehidupan, tanpa ada yang sungguh-sungguh peduli pada hal itu. Disinilah agama-agama terpanggil untuk memainkan peran pembebasannya. Bukan tidak mungkin agama-agama mengambil tindakan strategis untuk mengurangi bahkan memberantas praktek-praktek yang sudah menyengsarakan rakyat dan umat dalam waktu yang cukup lama itu.

-perbaikan taraf hidup: perbaikan taraf hidup warga dan umat sangat mendesak sekali. Ketertinggalan dalam berbagai bidang akan mempengaruhi bidang-bidang lain. Kalau ekonomi lemah aspek-aspek kehidupan akan terbengkalai. Bahkan untuk menjalankan kewajiban agama sekalipun. Seperti agama Islam yang mengharuskan kita mengeluarkan zakat untuk amal, lalu seperti menunaikan rukun Islam yang terakhir yang harus menunaikan ibadah Haji yang mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, sekitar 35-45 juta rupiah yang harus dikeluarkan. Hal seperti itu berdampak bukan hanya dengan seorang yang menganut Agama Islam saja. Tetapi dari Agama lain juga. Seperti Agama Kristen yang harus menunaikan uang nya untuk uang kas gereja, dll. Jadi intinya bekerja lah yang lebih keras agar kita bisa memperbaikin taraf hidup kita dan bisa menunaikan-menunaikan kewajiban-kewajiban agama dalam Hal Beramal.

 

3.      Jelaskan 3 godaan duniawi ?

Ada tiga jenis godaan duniawi yg fenomenal seperti :

1.      Godaan materi

Godaan materi adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari dari kehidupan manusia, apalagi pada masa sekarang ini, hal yang berbau materi sangat mengikat hati setiap orang, seperti yang dapat diketahui bahwa rasa ingin memiliki setiap orang tidak dapat terpuaskan, nafsu dunia seperti ini karena adanya rasa serakah yang tertanam pada diri manusia, contoh materi seperti berupa tanah, rumah besar, mobil mewah, uang dan lain-lain. Gaya hidup manusia pada zaman sekarang ini adalah gaya hidup yang dipenuhi dnegan keinginan membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan tetapi karena inginnya, mengikuti trend masa kini. Keinginan untuk berbelanja di pusat perbelanjaan sering dilakukan oleh masyarakat menengah bawah sampai menengah atas untuk menghabiskan uang mereka, dimana tidak diketahui uang yang mereka dapati itu halal maupun tidak halal. Yang ditakutkan hal ini akan menghipnotis banyak orang dan tanpa disadari akan menodai bening spiritual dimensi jiwa manusia karena orang akan memaksakan kehendaknya dengan melakukan apapun agar dapat memenuhi keinginan untuk membeli barang-barang terbaru yang diinginkannya, bahkan sampai melakukan kejahatan seperti halnya korupsi. Sebenernya materi bukanlah merupakan hal yang buruk ataupun salah namun kesalahannya terletak kepada nafsu liar manusia yang tidak tertahankan yang dapat mengakibatkan kerugian fatal bagi kehidupan manusia dimasa era globalisasi seperti sekarang ini.

 

2.      Godaan kuasa

 

Dari zaman dahulu manusia akan rela melakukan apapun untuk mendapatkan kekuasaan, bahkan melakukan hal yang jahat, licik dan tidak bermatabat hanya untuk memegang dan memiliki kekuasaan itu. Jika orang yang sudah memiliki kekuasaan, biasanya akan menggunakannya untuk menindas orang karena mereka ingin merasa dihormati oleh orang lain. Orang yang diperintahkan oleh orang yang memiliki kekuasaan akan merasa harus tunduk dan taat kepada yang memerintahkannya. Orang yang memerintah dapat memerintah apa saja sesuai kehendak dan sesuka hatinya, terkadang diperlakukan negative atau kasar, bahkan tidak manusiawi lagi, disinilah hal yang disebut dengan penyalahgunaan kekuasaan. Contoh tindakan yang negative adalah korupsi, berperilaku sewenang-wenang, tidak adil, tidak jujur, menghancurkan lawan, menggunakan orang lain sebagai alat pemuas keinginanan. Umumnya kekuasaan didapatkan dengan cara kerja keras, kekayaan, usaha, ataupun pendidikan yang diraih secara kompeten, unsure kecantikan atau kegantengan, penghargaan yang diraih, karena adanya skill dan sebagainya. Kekuasaan sebenarnya tidak salah tetapi kita harus lah pintar dalam menjalankan roda kekusaan dan tidak boleh menyalahgunakannya dengan hal lain, kekuasaan sangat dibutuhkan untuk memimpin sebuah organisasi dan berjalannya suatu perusahaan.

 

3.      Godaan Seks

 

Manusia dibedakan sebagai laki laki dan perempuan, dalam hal ini manusia memiliki organ tubuh kelamin dan genital yang membedakan mereka, dengan adanya keindahan seksual pada tubuh mereka masing-masing, maka dengan adanya pesona ini membuat hubungan laki laki dan wanita selalu menajadi baru dan menjadi daya tarik tersendiri bagi masing-masing individu. Namun hal ini banyak disalahgunakan oleh beberapa orang, sehingga keindahan seks ini akhirnya tercemari. Berbagai tindakan negative yang terjadi akibat penyalahgunaan seks yaitu prostitusi, perzinahan, pemerkosaan, seks bebas, pelecehan seks, bahkan selingkuh yang begitu merusak makna dalam keindahan seks itu sendiri. Seks adalah karunia Tuhan yang harus dihayati dan dalam arena, sadar , etis dan bertanggung jawab.

 

 

 

 

(Bagian bawah)

1.      The wahid institute bilang banyak mankin banyak kekerasaan antar agama. Kenapa sih kasus konflik antar beragama makin banyak ?

 

Jawab: menurut kelompok saya kekerasan beragama semakin banyak karena apa? Karena menurut kami banyak provokator-provokator yang tidak berpendidikan dalam bidang agama. Dalam artian pemikiran-pemikiran provokator ini sangatlah tidak panjang akan dampak-dampak dari memprovokatorkan soal agama. Kelompok kami melihat terjadinya kerusuhan tahun 1998 di Jakarta yang mengikutsertakan agama dan ras. Kami tidak suka akan pemberantasan etnis-etnis Chinese pada saat itu dan orang-orang Kristen sangat dimusuhi juga pada saat itu. Menurut kami itu adalah hal yang tidak logis. Kenapa? Ya karena kerusuhan tersebut bertujuan untuk melengserkan kepemimpinan Soeharto, tetapi mengapa etnis-etnis Chinese harus dihabisi? Dan umat-umat agama Kristen sangat di musuhi pada saat itu? Lalu kami ambil contoh konflik mindanao yang mengatasnamakan Front Pembela Kebenaran Nasional Moro. Kami lupa pasti yang dibantai itu umat Muslim atau umat Kristiani. Yang saya tahu kasus itu sangat lah parah untuk kasus agama. Lalu kasus Ambon, itu umat Muslim dan umat Kristiani sangat berseteru. Sampai ada pembantaian umat Kristiani disana. Pesan moralnya dari kelompok kami carilah pemimpin-pemimpin organisasi agama yang memiliki pendidikan agama yang sangat dalam dan carilah pemimpin yang berpikir panjang untuk melakukan suatu hal.

 

 

 

Post Top Ad