TUGAS 02PC1 - jurnal|lembu

#Gilafilm #Gilainvestasi

Search My Blog?

Post Top Ad

TUGAS 02PC1

Nama : Cynthia, Florensia, Estella

Kelas : 02PC1


1. Apa artinya "kerja sebagai ibadah"?

Dengan bekerja, manusia turut membangun dan mengembangkan dunia bersama dengan Sang Pencipta. Kerja adalah cara partisipasi manusia dalam seluruh rencana keselamatan dan penciptaan Tuhan. Karena itu perlu diupayakan agar pekerjaan manusia dilakukan secara mendekati sempurna demi menjaga kelangsungan alam dunia ini.

5. Jelaskan 3 godaan duniawi?

a) Godaan Materi : manusia ingin selalu memiliki barang-barang demi kesejahteraan dirinya. Misalnya : HP baru, mobil, laptop baru,dll. Nafsu orang untuk membeli barang membuat manusia menjadi sangat konsumtif dan menghambur-hamburkan uang. Jika tidak diwaspadai, lama kelamaan spiritualisme manusia akan terpolusi. Bisa saja manusia menggunakan cara yang tidak halal demi mendapatkan materi yang ia incar, misalnya korupsi, mencuri uang,dll.

b) Godaan Kuasa : Memegang kekuasaan dapat membuat manusia untuk berkuasa diatas banyak manusia lainnya. Kekuasaan dapat membuat orang yang dibawahnya untuk tunduk, taat dan hormat. Terkadang orang yang telah memperoleh kekuasaan itu dapat menyalahgunakan kekuasaannya dengan cara menindas, memaksakan kehendak, sewenang- wenang. Kekuasaan itu bukanlah sesuatu yang buruk, hanya tergantung sifat orang dalam menggunakan kekuasaannya.

c) Godaan Seks : Manusia dibedakan dalam laki-laki dan perempuan lengkap dengan alat kelamin yang diperlukan untuk reproduksi manusia. Namun manusia seringkali menyalahgunakan keindahan seks, akhirnya keindahan seks tercemari dalam bentuk wadah prostitusi, seks bebas, pemerkosaan,dll. Seksualitas yang dihayati secara salah akan tergerus nilainya. Seks harus dihayati sebagai karunia Tuhan yang indah bagi manusia, ia haru diekspresikan secara sadar, etis, dan tanggung jawab agar tidak mendatangkan efek destruktif bagi diri sendiri dan orang lain.

7. Jelaskan arti spiritualitas dalam kerja?

Pengertian spiritual kerja dapat dilihat dari dua sisi, antara lain;

-     Kehidupan rohani/beriman ; dimana meruk=pakan pandangan yang menganggap pekerjaan adalah sesuatu yang kudus dan suci dari ajaran dan agama masing – masing, sehingga kehidupan rohani / agamanya juga mencakup ruang lingkup kerja.

-     Kehidupan duniawi ; merupakan suatu pola hidup dimana manusia berusaha menegakkan nilai – nilai integritas dan sebagai bentuk pembuktian terhadap kemampuannya ataupun nilai – nilai yang dijunjung.

(SOAL WAJIB)

1.    The Wahid Institute bilang makin banyak kekerasan antar umat agama. Mengapa kasus konflik antar beragama semakin banyak?

PENDAPAT :

Karena kurangnya sikap toleransi antar umat beragama. Toleransi artinya memberi kebebasan, saling mengizinkan saling memudahkan, menghargai, dan menghormati.

Kurangnya komunikasi/ dialog serta pengetahuan dari umat agama sehingga kelompok suatu agama tidak dapat menerima ritual beragama, dll. Misalnya saja kasus penyerangan rumah umat Katolik di Yogyakarta yang sedang berdoa Rosario oleh segerombolan orang yang diduga dari FPI.   

Masih ada umat beragama berpikiran sempit yang menganggap bahwa agama nya lah yang paling benar serta mementingkan egonya sendiri. Sikap seperti itulah yang dapat memicu konflik. Misalnya pada saat pemilihan Gubernur dan wakil gubernur Jakarta, banyak kelompok yang tidak setuju bahwa Basuki menjadi wakil gubernur karena ia adalah orang ras Tionghoa yang non muslim.  Mereka tidak melihat kompeten atau tidak kompeten tetapi hanya melihat agama dan ras saja.

Post Top Ad