Tugas CB 07-06-2014 - jurnal|lembu

#Gilafilm #Gilainvestasi

Search My Blog?

Post Top Ad

Tugas CB 07-06-2014

Nama:   1. Stefanni, 2. Savira, 3. Fina

Kelas:    02PC1

Smilesad2003.input@blogger.com

 

1.       1. Sebutkan langkah konkrit dalam kerjasama natar umat beragama!

·         Memperbaiki paradigma hidup keagamaan

·         Membela kaum lemah

·         Menghadirkan suasana suraga di dunia ini

·         Menjadi pelopor perbaikan akhlak

·         Berkerjasama memberantas kejahatan dan menebar kebaikan

 

2.       2. Apa artinya "kerja sebagia ibadah"?

·         Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan,  dalam hal ini diharapkan manusia menjadi perpanjangan tangan Tuhan di dunia ini untuk melanjutkan karyaNya di dunia. Karena dengan kegiatan ini memampukan manusia untuk melakukan aktivitas kerja sebagai usaha membangun dunia demia kemuliaan Tuhan. Bukan untuk mendominasi alam. Tetapi juga harus dijalankan secara baik, benar, dan bertanggung jawab. Pekerjaan manusia adalah wujud partisipasi manusia dalam penciptaan Tuhan. Jadi segala sesuatu perkerjaan harus di sesuaikan dengan dan tidak bertentangan dengan perintah Tuhan.

·         Pekerjaan merupakan bentuk cinta terhadap Tuhan. Karena menurut kami dengan berkerja kitapun membantu orang lain yang ada di sekitar kea rah yang lebih baik. Contoh; seorang guru, membantu muridnya untuk menimba ilmu, dokter dan suster, membantu orang orang sakit secara fisik. Pada intinya setiap pekerjaan memiliki tujuan masing-masing dan pada dasarnya mempunyai tujuan yang baik.

 

3.       3. Uraikan bentuk- bentuk kerjasama antar agama!

·         Perbaikan moral;

·         Agama-agama yang ada haruslah saling berkoordinasi dalam perbaikan moral yang ada pada jaman sekarang. Setiap para pemimpin atau para tokoh-tokoh agama memiliki peranan penting dalam menyuarakan kehendak Allah kepada manusia. Cotohnya; kebaikan, kedamaian, keselamatan.

·         Penegakan keadilan;

·         Disini agama berperan penting dalam penghapusan dikriminasi antar manusia bukan untuk mengotak-kotakan manusia. Agama berperan penting dalam menhatukan hubungan antar etnis, ras, gender, wilayah, status, dsb, karena menurut semua agama, kita sama-sama ciptaan tuhan dan kita semua sama di mata Tuhan.

·         Perbaikan taraf hidup

·         setiap agama mengajarkan manusia untuk meningkatkan taraf hidup kearah yang lebih baik untuk memajukan peningkatan pendidikan, kesehatan dan sebagainya.  dalam hal ini manusia diharapkan untuk bekerja dan melakukan kewajibannya sebagi manusia bukan hanya meminta kepada Tuhan. Contoh;  agama Islam mereka harus menjalani Sholat,perlu berpakaian bersih dan rapi. Zakat, Puasa,  juga memerlukan modal untuk membeli makan untuk sahur dan buka puasa, juga untuk naik haji dibutuhkan biaya.

 

4.       4. The wahid institut bilang makin banyak kekerasan antar agama. Kenapa sih kasus konflik antar umat beragama makin banyak?  (Pertanyaan wajib)

·         Menurut kami, banyaknya kasus konflik antar umat beragama  karena kurangnya toleransi. Masing-masing  manusia memang pastilah bangga akan agamanya tetapi jika sampai timbul kekerasan/ konflik berarti sudah sampai tahap rasa memiliki yang berlebihan. Di samping itu, setiap agama itu benar dan mengajarkan manusia hal yang benar, terutama mengajarkan cinta kasih kepada sesama dan tidak membeda-bedakan.  Konflik-konflik tersebut terjadi  juga karena tertutupnya pikiran orang terhadap sesuatu yang berbeda dari apa yang telah mereka anuti sehingga ketika ada asedikit perbedaan mereka tidak bisa menerima itu dengan baik.  Dengan kata lain mereka menganggap apa yang mereka anuti dan terapi adalah yang paling benar. 

Contohnya; kasus FPI yang baru-baru ini terjadi; mereka merusak sebuah rumah ketika para jemaat katolik sedang berdoa. Mereka tidak bisa menghargai perbedaan yang ada, dan melakukan tindakan kekerasan untuk membubarkan kegiatan doa agama tsb.

Post Top Ad