Tugas_02PAW

Nama / NIM :       Hary Susanto 1701317774

                                   M. Amru Akbar 1701291005

                                   M imam aulia aziz 1701336893

Kelas :                      02PAW


Soal

5. Jelaskan 3 godaan duniawi ?

         - Godaan Materi
               
Setiap manusia di dunia ini selalu ingin maju dan berkembang secara material dalam hidup ini. Karena salah satu indicator kesejahteraan manusia yakni akumulasi material yang dimilikiny baik itu tanah, rumah, kendaraan ,dll. Oleh karena itu, hal ini menyebabkan  suatu keinginan atau kehausan besar yang tidak pernah merasakan puas akan apa yang telah dimiliki nya.
                contohnya misalnya seorang remaja baru saja membeli hp Samsung Note 3, akan tetapi tidak lama kemudian , Samsung keluarkan hp baru lagi yaitu Galaxy s5. Karena tidak pernahnya kepuasan untuk memiliki material yang sudah ada, si remaja tersebut langsung menggantikan hpnya.

         nah , akan tetapi , materi bukanlah unsur yang negative. Karena materi penting bagi manusia untuk bertahan hidup di dunia fana ini. Letak kesalahannya hanyalah pada keinginan hati atau nasfu liar manusia untuk memiliki banyak barang secara irasional dan akhirnya hanya akan merugikan dirinya sendiri. Andai saja , mereka nyadar dengan kecukupan yang telah dimiliki , hidupnya akan lebih tentram dan damai.

         -Godaan Kuasa

         Memegang kekuasaan adalah suatu kenikmatan yang ingin dimiliki kebanyakan orang. Oleh karena itu , kebanyakan orang bisa menggunakan cara apapun , termasuk jahat, licik , kejam , maupun kotor agar mendapat menjatuhkan orang lain dan menaikan diri ke suatu tingkatan. Orang yang memiliki kuasa atau kekuasaan biasanya akan menggunakan kekuasaannya untuk menindas dan menekan orang lain ,seperti memperlakukan orang lain secara negative, dan tidak manusiawi asalkan si penguasa tercapai . disinilah terjadi penyalahgunaan kekuasaan.
         sebagai contohnya tidak perlu jauh-jauh , misalkan saja di UKM universitas. Ketika diadakan rapat, masih juga ada beberapa mahasiswa yang dijabat sebagai koor divisi yang memperlakukan staff-staffnya secara tidak manusiawi ( menumpukan jobdesc" dengan deadline yang mepet) staffnya jadi sangat kewalahan dan kepanikan ,sedangkan dirinya hanya santai-santai tanpa ada tanggung jawab.

         Memiliki kekuasaan tidak salah. Suatu kekuasaan sangatlah penting untuk mecapai suatu tujuan ataupun kegiatan dapat berjalan dengan baik,  letak kesalahannya pada orang yang menjalankan tugas kekuasaan tersebut. Karena keegoisan pribadi .

-          Godaan seks

               Laki-laki dan wanita memiliki organ atau alat kelamin yang berbeda. Dengan alat kelamin itulah orang mencari kebahagiaan badaniah bagi dirinya sendiri dan juga untuk memuaskan hasyrat seks yang ada oleh setiap orang baik laki-laki maupun wanita. Hal ini bukanlah hal yang negatif , malahan merupakan daya tarik antarsesama, merupakan suatu seni alami dalam tubuh dan  mendapatkan keturunan. Akan tetapi , kebanyakan orang telah menyalahgunakan hal ini untuk kepentingan pribadi. Sebagai contohnya , Prostitusi , seks bebas , perkosaan , pelecehan seks , selingkuh , dll. Menjadikan Seks sebagai suatu sarana untuk mencapai tujuan tertentu ( ekonomi , status , dll)

 

               Contoh nya, saya pernah membaca sebuah artikel , di suatu Negara , seorang wanita ingin mejadi artis ataupun penyanyi , ia perlu terlebih dahulu melakukan hubungan seks dengan contractornya agar mendapatkan pekerjaan tersebut.

 

Seharusnya seks dilakukan dengan sadar, etis , dan tanggung jawab agar tidak berdampak buruk kepada siapapun , baiknya itu setelah sepasang telah menikah .

              

3. Uraikan bentuk bentuk kerjasama antar agama?

         a. Perbaikan Moral

                Tugas utama Agama adalah bagaimana antar Agama dengan berbagai pesan pesan moral yang terkandung didalamnya bisa menjadi sumber semangat dan moralitas bagi umatnya. Di sini peran berbagai institusi keagamaan, termasuk departemen agama sendiri sangat di harapkan, institut yang disebut di sini tidak hanya terpaku pada satu agama saja, melainkan berbagai agama. Semua agama dituntut untuk tampil sebagai sumber pembentukan watak dan akhlak untuk semua orang, tidak hanya dari umat agama sendiri namun juga untuk umat agama lain, karena pada dasarnya pesan pesan moral kebaikan yang terkandung dalam agama yang berguna untuk semua orang.

         b. Penegak Keadilan

         Dapat dikatakan bahwa masyarakat kita sudah cukup lama menderita karena ketidakadilan. Diskriminasi dalam berbagai bentuk dan cara, berlangsung di berbagai sector kehidupan, tanpa ada yang sungguh sungguh peduli dengan itu. Bukan tidak mungkin agama agama dapat secara bersama sama mengambil langkah2 strategis untuk mengurangi bahkan memberantas praktek yang sudah menyengsarakan rakyat dan umat dalam waktu yang cukup lama

         c. perbaikan taraf hidup

         jadi, pada dasarnya setiap agama mengajarkan umatnya untuk memberi dan menyisihkan sebagian dari harta mereka untuk diberikan kepada yang lebih membutuhkan. Secara tidak langsung, dengan memberi kita juga membantu memperbaiki taraf hidup. Contohnya : umat islam diwajibkan berzakat, dan umat Kristen memberi persembahan dan kas gereja ketika beribadah di gereja, umat-umat agama lain kurang lebih sama.

 

6. langkah langkah konkrit kerja sama antar umat beragama

 

1.     memperbaiki paradigma hidup keagamaan

agama-agama, dengan kerja sama yang semakin baik, harus mencari jalan agar pesan pesan keselamatan itu dapat menjadi milik manusia dan menyemangati hidupnya.  Agama-agama harus mengembangkan teologi yang inklusif pluralis kontekstual yang mampu menggugah para pemeluk agama untuk menemukan kehendak tuhan dalam berbagai praksis dan pergumulan dalam hidup mereka.

2.     membela kaum lemah 

kerja sama yang dibangun hendaknya terutama berorientasi untuk memihak yang lemah, dengan memberdayakan mereka. Perbaikan taraf hidup masayakrat sebaiknya di lakukan secara stimulant di berbagai sector penting kehidupan. 

3.     menghadirkan Susana surge di dunia ini

setiap agama harus menunjukan sikap bersahabat yang tulus sebagai yang sama sama memiliki tugas dan tanggung jawab menciptakan pembaharuan di dunia ini. Hal itu bisa terjadi dalam bentuk kententraman keamanan kerukunan kedamaian kesejatraan dan segala wujud kebaikan bersama itulah yang diusahaakan dalam semangat keagamaan dan iman 

4.     menjadi pelopor perbaikan akhlak

kalau watak/karakter atau akhlak tetap tidak berubah atu semakin buruk maka kita akan semakin terperosok ke jurang kehancuran. Dalam hal perbaikan moralitas bangsa ini agama mempunyai peran penting ada tanggung jawab besar yang harus dilakukan, dan tidak bisa hanya dari 1 agama saja tapi semua agama harus ikut berturut serta. 

5.     bekerja sama memberantas kejahatan dan menebar kebaikan

kerjasama antar agama dapat diarahkan juga dengan bijak untuk memberantas kejahatan di berbagai lingkup kehidupan, agam secara bersama sama dapat mencari jalan.

 

 

1.       wahid institute bilang makin banyak kekerasan antar agama. Kenapa sih konflik antar agama makin banyak ?

menurut pendapatan saya dan teman-teman saya , hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain


    1. karena perkembangan zaman sekarang ini. Banyak penganut agama yang tidak begitu mengerti makna sebenarnya dari kitab suci , oleh karena itu , penganut agama hanyalah berpandang secara subjektif , jadi kalau seseorang yang berbeda agama melalukan tindakan criminal , maka yang disalahkan bukanlah orang tersebut , akan tetapi agamanya yang dijelekin. Hal ini dapat mengakibatkan buruk jika tidak diatasi dengan benar. Karena tidak hanya orang tersebut yang menganut agama itu , sedangkan informasi dari mulut ke mulut sangatlah cepat. Dan kemungkinan akan terjadi konflik antar agama.

2.       Dikarenakan permasalahan yang sudah lewat. Hal ini yang paling susah diatasi karena sudah merupakan sebuah sejarah bagi sebagian orang, yang kadang kala si korban akan dendam. Misalnya pada tragedy mei 98 , terjadi pembantaian kaum etnis Tionghua yang kebanyakan merupakan agama Buddha , sedangkan yang melakukan pembantaiannya adalah kebanyakan muslim. Dan effect dari tragedy ini masih sempat berlangsung sampai sekarang , agama Buddha dan Islam masih ada jarak hubungan.

3.       Dikarenakan tradisi setiap agama berbeda-beda sehingga akan terjadi konflik , contoh nya agama Islam tidak makan babi sedangkan agama lain tidak halal , begitu juga dengan agama Kristen dengan Buddha dan kong hu cu . Agama Buddha dan kong hu cu mengajarkan umatnya untuk menghormati dan mengenang leluhur maupun saudara kita yang telah meninggal dunia dengan memberikan persembahan seperti dupa, makanan ringan , kue-kue , dll. Sedangkan agama Kristen tidak diperbolehkan untuk pegang dupa dan juga memakan kue-kue atau makanan yang telah dipersembahkan.

Post a Comment

0 Comments