Tugas_02PAW

Nama : Ivan Dharma Koe, Malvis Perdana, Muhammad Dwiki Hermawan
Kelas : 02PAW        
 
Soal
1.     Jelaskan makna pernyataan "Pengendalian diri"
Jawab :
Pengendalian diri adalah merupakan suatu keinginan dan kemampuan dalam mengapai kehidupan yang selaras, serasi dan seimbang pada hak dan kewajibannya sebagai individu dalam kehidupan keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara.
Pengertian serasi, selaras dan seimbang dalam pengendalian diri :
-       Serasi adalah kesesuaian atau kesamaan antar semua unsur pendukung agar menghasilkan keterpaduan yang utuh.
-       Seimbang adalah jumlah yang sama besar antara hak dan kewajiban.
-       Selaras adalah suatu hubungan baik yang dapat menciptakan ketentraman lahir dan batin.
Contoh sikap dan perilaku pengendalian diri :
1.     Dalam keluarga, hidup sederhana dan tidak suka pamer harta, kekayaan dan kelebihannya.
2.     Dalam masyarakat, mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi.
3.     Dalam lingkungan sekolah dan kampus, menghormati dan menghargai teman, guru, karyawan dan lain lain.
 
 
2.     Uraikan bentuk-bentuk kerjasama antar agama?
            Jawab :
Berikut ini ada 3 bentuk kerjasama yang biasanya dapat dilakukan antar      umat beragama yakni :
1.     Perbaikan moral
Tugas utama agama adalah bagaimana agar agama dengan berbagai pesan-pesan moral yang terkandung didalamnya bisa menjadi sumber semangat dan moralitas bagi umatnya. Para pemimpin dan tokoh-tokoh agama dituntut untuk bisa menjadi nabi, guru, imam yang menyuarakan kehendak Tuhan Yang Maha Esa bagi kebaikan, perdamaian, kebahagiaan, dan keselamatan. Selain ada tokoh-tokoh agama ada juga departemen agama yang dituntut untuk tampil sebagai pengayom bagi tumbuh kembangnya keagamaan yang harmonis di muka bumi ini. Lembaga-lembaga keagamaan harus berefleksi kembali apakah sudah memainkan peran yang tepat dalam menumbuhkan keagamaan yang kondusif di Indonesia atau belum.
 
2.     Penegakan keadilan
Diberbagai vektor kehidupan berlangsung perlakuan yang tidak sama baik terhadap individu maupun kelompok. Diskriminasi dalam berbagai bentuk dan cara berlangsung diberbagai vector kehidupan tanpa ada yang sungguh-sungguh peduli dengan itu. Disinilah agama terpanggil untuk memainkan peran pembebasannya.
 
3.     Perbaikan taraf hidup
Ketertinggalan salah satu bidang akan mempengaruhi bidang-bidang lain. Bahkan untuk bisa menjalankan kewajiban agama dengan baik, seseorang dituntut untuk mampu memenuhi persyaratan minimal. Misalnya seorang muslim, dia harus  shalat, harus puasa, zakat, dan pergi haji. Begitu juga seorang Kristen yang baik, harus rajin mengikuti ritual-ritual keagamaan secara teratur. Untuk bisa melakukan itu, seseorang harus berpakain rapi dan bersih, perlu kendaraan dan ongkos untuk menuju gereja. Hal yang kurang lebih sama berlaku juga untuk agama-agama yang lain.

3. Jelaskan 3 godaan duniawi!
Jawab :
Munurut kami godaan duniawi ada tiga yaitu tahta, wanita, dan harta. Seperti biasa, jatuhnya kehormatan manusia yang mengklaim diri sebagai makhluk paling mulia justru tidak jauh dari kasus klasik yang mencakup 3 hal : Harta, tahta dan wanita. Kemuliaan manusia bukan diukur karena punya akal budi. Ukuran kemuliaan adalah perbuatan kita sendiri, terutama perbuatan kepada sesama. Akal budi dapat membawa manusia kepada kemuliaan hidup di dunia maupun di akhirat. Sebaliknya, oleh akal budi pula manusia bisa menjadi makhluk paling hina di planet bumi ini. Akal budi bisa merencanakan memanifestasikan nafsu atau hawa negatif, sebaliknya bisa pula mendukun artikulasi hawa positif.
3 hal itu bagaikan anugrah "permata" dunia, namun bila kita tidak hati-hati akan menjadi salah kelola dan berubah menjadi malapetaka bagi kehidupan manusia. Tetapi 3 hal itu dapat menjadi sesuatu yang sangat berarti bila kita dapat mengelola 3 hal tersebut dengan sebaik-baiknya.
3 hal itu adalah hal yang tidak dapat dipisahkan sebab setiap manusia tidak akan pernah puas jika tidak memiliki ketiga-tiganya.
-       Harta adalah kekayaan yang dimiliki oleh seseorang dimana kekayaa tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
-       Tahta adalah suatu titik pencapaian seseorang disuatu instansi yang mana dapat mempengaruhi harta yang dimiliki.
-       Tetapi wanita adalah suatu sosok yang paling utama dibalik kesuksesan seorang pria, pria tidak akan sempurna hidupnya jika tidak ada wanita yang mendukungnya dengan penuh cinta.
 
4. The Wahid Institute bilang banyak makin banyak kekerasan antar agama. Kenapa sih kasus konflik antar beragama makin banyak?
Jawab :
Menurut kita, makin banyaknya kekerasan antar umat beragama dikarenakan oleh munculnya pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang menyebabkan terjadinya perpecahan antar kelompok beragama. Pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab itu biasanya menebarkan fitnah-fitnah atau berita-berita miring mengenai suatu agama yang seolah-olah dicetuskan oleh kelompok agama yang lain. Sebagian orang berpikir bahwa itu hanyalah perbuatan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Namun sebagian orang yang lain yang biasanya memiliki tingkat kecerdasan yang cenderung lebih rendah dan merasa bahwa agama yang dia anut adalah yang paling benar dan mereka biasanya secara sengaja atau tidak sengaja suka memulai perpepecahan dengan merendahkan agama lain. Penyebab lain yang memiliki pengaruh besar adalah kebudayaan, seperti kebudayaan berpakaian dan kebudayaan berbicara. Kebudayaan di setiap Negara pasti berbeda, sampai pada ke tingkat keluarga, kebudayaan antar keluarga pun pasti berbeda. Apalagi antar keluarga yang berbeda ras dan agama-nya. Ini lah yang bisa menyulut konflik antar umat beragama meskipun mereka berada pada lingkungan yang sama, tidak menutup kemungkinan konflik dalam satu keluarga besar.    

Post a Comment

0 Comments