Kualitas hidup seseorang terlihat dari time management nya - jurnal|lembu

#Gilafilm #Gilainvestasi

Search My Blog?

Post Top Ad

Kualitas hidup seseorang terlihat dari time management nya

Masih ingat masa kecil kita? anak kecil sangat begitu bersemangat ketika merayakan ulang tahun. Karena pada saat itu penuh rasa kegembiraan bahwa umurnya bertambah 1 hari lagi. Dimasa kecil, sang anak justru senang untuk menghabiskan waktu mereka.

Namun ketika kita dewasa, hidup kita semakin matang, mulai kuliah dan bekerja, kita justru merasa bertambah tua saat merayakan hari ulang tahun. Hal ini dikarenakan kita sudah mulai bijak dalam menggunakan waktu yang terbatas dalam kehidupan.
Mengapa demikian? seseorang menjadi sadar bahwa waktu tidak bisa diatur, tidak bisa disetir,dan tidak bisa dihentikan. Tapi kita mampu untuk mengatur waktu kita sendiri agar lebih efisien. Waktu tidak bisa dihentikan, tapi waktu bisa kita kontrol. Maka kita perlu sebuah perencanaan untuk diri ktia sendiri.

Seorang motivator, Eloy Zalukhu pernah berkata:"Untuk melihat kualitas hidup seseorang, lihatlah dari cara bagaimana orang tersebut mengatur waktunya secara pribadi."
Oleh karena itu, Time Management begitu penting dalam perjalanan hidup seseorang. Manajemen waktu memampukan seseorang secara sadar untuk membuat skala prioritas dalam hidupnya. Tuhan memampukan setiap orang untuk menata dan mengevaluasi diri.

Maka ada 3 prinsip penting yang membantu seseorang mampu menata time management-nya:
1.Time management merupakan keterampilan dan bukan bawaan dari lahir. Semakin kita latih, semakin kita mahir. Maka sebuah perencanaan dalam time management untuk mengatur waktu memang sangat sulit pada awalnya.
2. Sebelum anda menata waktu, kita perlu mengatur diri sendiri dahulu menjadi dasar. Maksudnya demikian, mengatur waktu sebenarnya hal yang mudah kalau kita bisa mengatur diri terlebih dahulu: Apa prioritasku? Apa Visi-Misi dalam hidupku? Sejauh mana peran-peran kita dalam kehidupan sosial? Hal terpenting apa yang perlu kulakukan agar visi-misinya tercapai! goal-goal apa yang ingin kita capai. Dengan demikian, kita akan tahu mana aktivitas yang efektif dan yang paling penting bagi diri kita sendiri di kehidupan nyata. Contoh: Ketika anda sudah sukses dalam pekerjaan anda, apa yang akan anda kejar? Membangun keluarga atau kuliah lagi? Nah kedua-duanya jawabannya benar, namun kita perlu selektif mana yang sangat efektif dan penting bagi kehidupan kita.
3. Kalau kita bisa mengatur diri kita sendiri, maka kita bisa meningkatkan Self Esteem dan kita memiliki Locus of Control.

Semoga bermanfaat.
Artikel Mini








From Google

Post Top Ad