Himbauan Urgensi dari Pemerintah tentang Virus Ransomware Wannacry - Lembu Tambun

Nge-Blog Film, Karakter & Motivasi

Hot

Post Top Ad

Sunday, May 14, 2017

Himbauan Urgensi dari Pemerintah tentang Virus Ransomware Wannacry

Saya dapatkan berita ini dari Instagram Kemenkominfo langsung. Jadi bukan HOAX yah! Berikut tanya jawab seputar Malware Wannacry.

1. Apakah Ransomware jenis ini juga menyerang gadget? tidak.

2. Sistem Operasi apa saja yang terkena serangan Ransomware ini?

Windows 8, Windows XP SP3, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows Server 2003 + Data Center Edition, Windows 8 x64, Windows XP SP3 Embedded, Windows Server 2003 x64 + Data Center Edition, Windows XP SP2 x64, Windows Vista x64, Windows Server 2008 Itanium, Windows Server 2008 x64, Windows XP Embedded

3.  Apakah memang serangan ini muncul pada hari Senin ini saja?

Tidak. Sebenarnya infeksi ransomware ini sudah terjadi sebelumnya. Hanya saja karena bersamaan dengan long weekend, shingga banyak yang baru beraktifitas pada hari senin. Sehingga sangat mungkin pada saat PC dinyalakan dan terkoneksi ke jaringan akan terinfeksi.

4. Apakah pemutusan akses internet harus dilakukan seterusnya?

Tidak. Pemutusan akses internet tujuannya utk menghindari penyebaran dari PC yang sudah terinfeksi sehingga dapat dilakukan mekanisme backup data dengan aman.

5. Pada saat pemutusan akses internet , apa saja yang harus kita lakukan?

Lakukan backup data ke hdd external secara terpisah kemudian simpan di tempat yang aman. Lakukan update patch pc host sesuai versi windows nya. Lakukan scan dengan AV yang sdh terupdate dan pastikan tidak ada infeksi. Apabila sudah clean, silahkan sambungkan ke jaringan lagi dan bekerja seperti biasa!

6. Apabila belum memiliki Anti Virus, silakan untuk mendownload kaspersky total security versi trial 30 hari free dan full function, atau alternatif lain bisa menggunakan symantec, eset, panda, silahkan dipilih. AV lain mungkin bisa digunakan asalkan sdh dilengkapi fitur anti ransomware

Ini link resminya: http://idsirtii.or.id/halaman/tentang/faq.html
saya sudah cek!
LembuTambunBlog,



A post shared by Kementerian Kominfo (@kemenkominfo) on

No comments:

Post Top Ad