Amartha: Investasi Pada UMKM (Terdaftar & Diawasi OJK)

Amartha: Investasi Pada UMKM (Terdaftar & Diawasi OJK)

Related image

#GerakanIndonesiaCerdasFinansial #GICF
AMARTHA PEER TO PEER LENDING (P2P)

Amartha hadir sebagai perusahaan teknologi finansial (FinTech) yang mengubungkan mitra usaha mikro dan UKM dengan investor. Berbasis teknologi peer-to-peer, kini investor lebih nyaman dalam memilih mitra usaha yang memerlukan pembiayaan, berdasarkan profil risiko dan imbal hasil yang diinginkan.

Cerita tentang kami berawal dari sebuah Lembaga Keuangan Mikro yang bertujuan untuk menjembatani pelaku usaha di pedesaan yang memiliki keterbatasan untuk mendapatkan permodalan

Sekarang melalui FinTech kami memodernisasi pembiayaan mikro dengan membangun platform peer-to-peer lending (P2P) dilengkapi sistem credit scoring untuk menganalisa kelayakan calon peminjam. Melalui P2P, kami menghubungkan pelaku usaha mikro di sektor ekonomi informal langsung dengan pemberi modal.

Kami percaya bahwa setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk memulai dan mengembangkan usaha, termasuk bagi mereka yang memiliki berbagai keterbatasan atau tidak memiliki kelayakan untuk mendapat akses layanan perbankan.


SURAT DARI FOUNDER AMARTHA - Bermula pada 2009, saya bertemu dengan seorang ibu paruh baya yang tinggal di Desa Ciseeng, Bogor. Warung kelontongnya terpaksa tutup karena seluruh uang yang ia miliki habis untuk pengobatan anaknya. Ibu tersebut membutuhkan Rp 500.000 untuk kembali membuka warung kecilnya. Saya meminjamkan dengan kesepakatan bahwa ia akan mengembalikan beserta bagi hasil dari keuntungan usaha. Ia setuju.

Saya memutuskan untuk mengawali proyek di Desa Ciseeng dimana mayoritas penduduk tidak memiliki akses layanan perbankan dan rentan ada praktik rentenir yang membebankan hutang hingga dua kali lipat. Proyek awal tersebut membuat saya semakin yakin bahwa dengan menyediakan modal bagi masyarakat pedesaan dan bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan dapat membuat sebuah perusahaan berkelanjutan bagi kehidupan masyarakat prasejahtera. Berjalan dari pemikiran tersebut, Amartha resmi didirikan April 2010.

Pengalaman berharga dengan melayani lebih dari 20.000 anggota, mengajarkan kami untuk menjembatani kesenjangan sosial seharusnya menjadi sebuah gerakan dimana semua orang dapat berpartisipasi untuk memberdayakan sesama. Pemikiran ini yang mendorong Amartha bertransformasi dari lembaga keuangan mikro menjadi peer-to-peer lending.

Salam ekonomi inklusif,

Yuk mulai berinvestasi di Amartha: 
https://amartha.com/signup-individual-investor