Laporan The Future of Jobs 2020

Laporan The Future of Jobs 2020

Akhirnya, laporan _The Future of Jobs 2020_ keluar juga. Di dalam laporan ini bisa dibaca tentang pekerjaan apa saja yang akan tetap, akan muncul dan akan hilang dalam kurun waktu 5 tahun ke depan. 

Di sini juga bisa dibaca soal keterampilan apa saja yang paling dibutuhkan untuk bisa relevan di dunia kerja kelak. Apa dampak wabah COVID-19 atas dunia kerja juga dibahas (ringkasnya: 83% perusahaan akan meningkatkan pekerjaan yang bersifat remote, 84% memercepat digitalisasi, 50% memercepat automasi.) Soal yang terakhir ini, kalau sekarang 67% pekerjaan masih dilakukan manusia, 5 tahun lagi diperkirakan angkanya susut menjadi 53% saja.

Laporan ini juga menunjukkan bakal hilangnya 85 juta lapangan pekerjaan lama, dan munculnya 97 juta pekerjaan baru. Dalam situasi itu, 50% pekerja bakal membutuhkan _reskilling_ dalam 5 tahun ke depan, dengan 40% _core skills_ bakal berubah.

Selamat membaca laporan penting ini. Mungkin baik juga kalau kita di Indonesia membacanya sambil berpikir apakah OL UU Cipta Kerja sudah mengantisipasi perubahan-perubahan yang pasti terjadi ini. Kalau ternyata OL itu belum mengantisipasinya, apa yang perlu dilakukan agar kebaikan untuk para pekerja benar-benar bisa diwujudkan di Indonesia?
https://www.weforum.org/reports/the-future-of-jobs-report-2020


Post a Comment

0 Comments