Apakah Pancasila benar-benar dapat diandalkan sebagai sumber pendidikan karakter di Indonesia?

Apakah Pancasila benar-benar dapat diandalkan sebagai sumber pendidikan karakter di Indonesia?

 

Tentu saja bisa. Pancasila merupakan dasar kehidupan negara Indonesia. Sila- sila dalam Pancasila merupakan pokok penting yang dibutuhkan dalam membentuk dan menguatkan karakter bangsa. Seperti misalnya yang sering saya amati di lingkungan saya:

  •  Sila pertama "Ketuhana Yang Maha Esa" mengajarkan tentang bagaimana hidup saling tenggang rasa dan toleransi antar umat beragama.
  • Sila kedua "Kemanusiaan yang adil dan beradab" mengajarkan tentang bagaimana prilaku adil mempengaruhi jalannya kehidupan, bagaimana kita bisa menghargai hak yang dimiliki orang lain.
  • Sila ketiga "Persatuan Indonesia" mengajarkan tentang bagaimana kita dapat bersatu padu didalam perbedaan, bagaimana kehidupan apabila kita selalu menerapkan persatuan tanpa mengenal suku dan ras.
  • Sila keempat, "Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan" mengajarkan tentang bagaimana cara bijaksana dalam menerima perbedaan pendapat, bgaimana menghargai martabat orang lain dengan hati nurani.
  • Sila kelima "Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia" mengajarkan tentang bagaimana berbela rasa terhadap orang lain.

Post a Comment

0 Comments