NILAI LUHUR PANCASILA DALAM 5 SILA

NILAI LUHUR PANCASILA DALAM 5 SILA

Kita lahir di dunia ini tidak bisa dikatakan berkarakter baik atau jahat semua orang adalah sama dilahirkan tanpa dosa atau kesalahan. Yang menetukan karakter kita adalah lingkungan, budaya, agama dan pendidikan. Internalisasi sangat penting dalam perkembangan hidup kita dan bagaimana menjalaninya. Salah satunya adalah Pancasila. nilai luhur Pancasila terkandung dalam 5 sila yang menjadi pedoman kehidupan bagi rakyat Indonesia, sebagai berikut :

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa. Nilai sila pertama adalah kita sebagai manusia ber Tuhan dan menanamkan nilai-nilai kebaikan yang diajarkan agama untuk kita.
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab. Nilai sila kedua adalah kita sebagai manusia harus adil terhadap sesama dan tidak melakukan tindakan diluar norma kemanusiaan.
  3. Persatuan Indonesia. Nilai sila ketiga adalah kita harus bersatu dalam bermasyarakat, tidak mudah di adu domba atau dipecah belah.
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksaan dalam permusyawaratan dan keadilan. Nilai sila ke empat adalah kita diajak untuk berkumpul dan berdiskusi untuk menyelesaikan suatu masalah berdasarkan masukan dari orang banyak dan berprinsip keadilan.
  5. Keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Nilai sila ke lima mengajak kita untuk adil kepada semua orang.

Post a Comment

0 Comments