Teori Porter - jurnal|lembu

#Gilainvest #Gilanonton

Search My Blog?

Post Top Ad

Teori Porter

Dari Bab 7-11
ditambah dengan Bab 6, khusus strategi Porter: Corporate, Business, Functional
1. Strategi Formulasi: Bab 6,7,8
bab 6: Business strategy
Bab 7: Bicara soal Strategi corporate.
Bab 8: Fucntional Strategy: bicara masing-masing divisi dengan strategynya.
follow the leader, losing the hand.
Boston Consulting Group
Harus lihat Bagan Corporate Strategi: Growth, Stability, Retransment: hal 225.
2. Implementasi Strategi: Bab 9 dan 10
Bab 9 bicara soal struktur: follow strategi, PELAJARI STRUKTURNYA, struktur tradisional (dari bab 5), serta struktur lainnya yang modern.
apa kelebihan dan kekurangan dari struktur.
Bab 10 Staaffing dan directing/leading: follow strategi: bagaimana perusahaan menjadlankan kerjasama.
5 perbedaan 5 hal karena budaya, perbedaan budaya. Hofted.

3. Evaluasi dan Kontrol --> bab 11
Kontrol eksekutif.


Bab 6 --- Khusus strategi porter

Porter --> dua "generik" competitive strategies untuk perusahaan yang tidak performa dalam industri tertentu yaitu : lower cost dan differentiation. Disebut generik karena bisa diterapkan oleh jenis perusahaan apa saja, bahkan untuk NPO.

Lower cost strategy : kemampuan perusahaan atau bisnis unit untuk mendesain, produksi, dan memasarkan suatu produk yang bersifat komparabel lebih efisien daripada kompetitor.

Differentiation strategy : kemampuan suatu perusahaan untuk membuat nilai yang unik dan superior terhadap pembeli dalam hal kualitas produk, fitur spesial, atau after sales servicenya.

Kemudian porter mengusulkan bahwa competitive advantage perusahaan pada industri ditentukan oleh competitive scope-nya --> luas target market perusahaan atau bisnis unit.


Cost Leadership : strategi kompetitif yang mengincar pasar yang luas dan bersifat massal dan membutuhkan --> konstruksi agresif dengan fasilitas yang efisien, usaha pengurangan cost yang hebat berdasarkan pengalaman masa lalu, mengencangkan cost dan overhead control, menghindari marginal customer accounts, dan minimalisasi di area seperti R&D, service, sales, sales force, advertising, dll. Perusahaan yang berbasis awalnya cost leadership seperti Wal-Mart, McD, Dell, dll

Differentiation : menargetkan pada pasar masa yang luas serta melibatkan kreasi produk atau service yang di dalam suatu indsutri dianggap sesuatu yang unik. Harga mungkin akan mahal. Contoh perusahaannya adalah Nike, Apple, BMW, dll.

Cost Focus : strategi kompetitif biaya rendah yang memfokuskan pada kelompok pembeli tertentu atau pasar secara geografis tertentu dan mencoba memberi layanan hanya pada niche ini, bersifat exclusive dari lainnya. Cth : Potlach Corp. perusahaan tissue.

Differentiation focus : seperti cost focus, berkonsentrasi pada kelompok pembeli tertentu, product line segment, atau pasar dengan geografis tertentu. Contoh : Nickelodeon (Kabel TV yang memfokuskan pada segemen anak-anak). Hal ini didasari bahwa perusahaan lebih baik tidak ikut berkompetisi dan akan lebih baik melayani pasar tertentu.


buat bahan teori porter aja sebanyak ini......................................................... :D


--
Nothing great was ever achieved without enthusiasm

Post Top Ad